Laman

Senin, 31 Oktober 2016

TIMOTHY B. SCHMIT




Dilahirkan dengan nama Timothy Bruce Schmit pada 30 oktober 1947 di Oakland, California, AS. Dia tumbuh di Sacramento, dan mulai bermain di grup folk musik Tim, Tom & Ron pada usia 15 tahun. Grup itu berubah menjadi surf band bernama the Contenders, kemudian merubah namanya menjadi New Breed (kadang-kadang dikenal dengan “the Breed”). Sebagai New Breed, mereka mempunyai sebuah hit di radio: lagu yang terinspirasi binatang “Green Eyed Woman”, yang dirilis di tahun 1965. Merubah namanya sekali lagi menjadi Glad, grup ini merekam album Feelin’ Glad di tahun 1968.

Di tahun 1968, Schmit ikut audisi untuk Poco tapi ditolak karena memilih anggota pendiri Randy Meisner. Saat Meisner keluar dari band di tahun 1970, Schmit menggantikannya pada bass dan vokal. Dia menulis dan menyanyikan lagu “Keep on Tryin’”, single hit terbesar Poco, mencapai No. 50 di Billboard Hot 100 di tahun 1975. Selain Poco,Schmit juga mengisi vokal untuk lagu hit Firefall di tahun 1977, “Just Remember I Love You.”


Schmit juga bermain bass dan menjadi vokal latar di album Steely Dan Pretzel Logic, The Royal Scam dan Aja. Bersama dengan Brock Walsh, JD Souther dan Freddie Mercury yang tak tertulis, Schmit juga menjadi vokalis latar pada “Never Let Her Slip Away”, sebuah hit Top 5 di UK untuk Andrew Gold di tahun 1978.

Di tahun 1977, Schmit ikut the Eagles setelah tur Hotel California, sekali lagi menggantikan Randy Meisner pada bass/vokal setelah Meiner keluar. Walaupun the Eagles adalah band yang terbentuk di California, Schmit adalah satu-satunya anggota yang asli California.


Pada album tahun 1979, The Long Run, Schmit ikut menulis dan menyanyikan vokal utama “I Can’t Tell You Why”. Band kemudian bubar di tahun 1980 dan reuni 14 tahun kemudian di tahun 1994, dengan Schmit menyanyikan vokal utama pada Love Will Keep Us Alive, pada album reuni Hell Freezes Over.

Di tahun 2007, the Eagles merilis sebuah album baru, Long Road Out of Eden. Schmit tetap menjadi bagian lineup the Eagles bersama dengan Glenn Frey, Don Henley dan Joe Walsh.

Setelah the Eagles bubar di tahun 1980,Schmit melakukan karir solo, mennyanyi dan memainka bass sebagai musisi sesi studio. Suaranya dapat didengar pada banyak lagu hit, antara lain Fire Lake (Bob Seger), Look What You’ve Done To Me (Boz Scaggs, masing-masing dengan Frey dan Henley, Heavy Metal (Takin’ A Ride) (Don Felder, dengan Henley), dan Southern Cross (Crosby, Stills and Nash). Dia juga sebagai musisi latar pada 2 buah lagu hit milik Henley, Dirty Laundry dan You Don’t Know Me at All.


Schmit bersatu dengan pendahulunya di Poco dan the Eagles, Randy Meisner, bersama dengan rekan seband di Eagles Joe Walsh, untuk menjadi penyanyi latar untuk lagu hit Richard Marx di tahun 1987, Don’t Mean Nothing. Schmit juga tampil di dingle hit Toto di tahun 1983, I Won’t Hold You Back dan Africa, dan lagu milik Jars of Clay, Everything in Between. Dia juga bermain di album solo Glenn Shorrock di tahun 1983. Di tahun 1991 Schmit membawakan I Only Have Eyes for You untuk soundtrack film Don’t Tell Mom the Babysitter’s Dead. Di tahun 1988 dia menambahkan vokal latar di album Sheena Easton, The Lover in Me dan di tahun 1989, Timothy menambahkan vokal latar di single milik Stacey Q, Heartbeat, yang ada di albumnya Nights Like This.

Album solo Schmit, Expando, yang merupakan album kelima, dirilis pada 20 Oktober 2009.

Schmit memiliki 3 anak: putri Jeddrah, saat ini sebagai artis rekaman professional, dari istri pertamanya: putri Owen dan putra Ben dari istrinya saat ini.

Di awal tahun 2013, Schmit dirawat di rumah sakit selama 3 hari dan melakukan operasi kanker tenggorokan dan leher. Operasi ini sukses, dan dia tidak perlu menjalani kemoterapi atau terapi radio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...