Laman

Sabtu, 01 Oktober 2016

EARL SLICK




Dilahirkan dengan nama Frank Madeloni pada 1 Oktober 1952 di Brooklyn, New York, AS. Dia adalah seorang gitaris yang terkenal akan kolaborasinya dengan David Bowie, John Lennon, Yoko Ono, dan Robert Smith, walaupin dia juga bekerja dengan artis-artis lain seperti John Waite, Tim Curry dan David Coverdale, juga merilis beberapa rekaman solo.

Pada awal 1970-an, Earl Slick mendapatkan reputasinya di skena musik New York sebagai gitaris saat bermain di band bernama Mack Truck dengan penyanyi-penulis lagu Jimmie Mack dan adiknya, dramer Jack Mack. Karyanya dengan penyanyi-penulis lagu asal Skotlandia Jim Diamond sebagai duo Slick Diamond. Mereka melakukan tur dan manggung untuk jangka pendek di akhir 1970-an.

Slick awalnya dipekerjakan oleh David Bowie untuk menggantikan Mick Ronson sebagai gitaris utama untuk tur Diamond Dogs di 1974 (album live David Live adalah hasil dari tur ini). Slick juga bermain gitar di album Bowie, Young Americans dan Station To Station, masing-masing dirilis pada 1975 dan 1976. Itu adalah permainan Slick yang bertenaga yang membuat album itu tetap menjadi favorit penggemar Bowie dan permainan mirip virtuoso. Setelah keluar dari manajemen Bowie, Slick digantikan sebagai gitaris utama untuk Station To Station Tour pada 1976 oleh Stacey Heydon. Slick tetap bekerja di studio dengan mantan frontman Mott the Hoople Ian Hunter, John Lennon, dan Yoko Ono, juga dengan band solo miliknya, merilis Razor Sharp dan Earl Slick band di 1976. Slick tampil di Double Fantasy milik Lennon dan Ono. 
Selama sesi untuk Double Fantasy, materi untuk Milk and Honey 1984 direkam juga. Slick juga ikut dengan Ono di studio untuk album solonya, Season of Glass.

Slick kembali ke Bowie untuk Serious Moonlight Tour pada 1983, yang mendukung album Let’s Dance.


Setelah Serious Moonlight Tour, Slick berkontribusi di album Box of Frogs. Pada saat itu, Slick ikut mendirikan Phantom, Rocker & Slick dengan Slim Jim Phantom dan Lee Rocker. Band ini merilis 2 rekaman, Pahntom, Rocker & Slick dan Cover Girl. Gitaris Rolling Stones Keith Richards berkontribusi di single “My Mistake” – sebuah pengalaman yang disebut Slick sebagai salah satu kenangan hebat dalam karirnya. Antara 2 album Phantom, Rocker & Slick, Slick muncul dengan Carl Perkins dan bergabung dengan para musisi seperti Eric Clapton, George Harrison, Ringo Starr, dan Rosaane Cash untuk Blue Suede Shoes: A Rockabilly Session di 1985.

Pada 1990, Slick berkolaborasi dengan David Glen Eisley di band Dirty White Boy, yang hanya merilis satu album, Bad Reputation (1990), dan manggung di London dan Los Angeles. Dia juga sering bermain di Little Caesar di 1991-92. Bekerja dengan mentor Michael Kamen, Slick berkontribusi untuk beberapa soundtrack di 1990-an, antara lain Hudson Hawk dan Nothing but Trouble. Dia juga merilis rekaman solo lainnya, In Your Face, di 1991.


Awal 2000-an Slick kembali dengan Bowie, muncul di album studio Heathen (2002) dan Reality (2003). Slick melakukan tur dengan Bowie untuk mendukung album-album itu, dan tampil di DVD dan CD ganda Bowie A Reality Tour. Bekerja dengan produser Mark Plati Slick merilis sebuah solo album, Zig Zag, yang menampilkan para tamu oleh David Bowie, Robert Smith, Joe Elliott, Royston Langdon dan Martha David dari The Motels. Slick kemudian meyumbangkan permainan gitarnya untuk remix Mark Plati dari A Forest milik The Cure, yang muncul di Join the Dots: B-Sides and Rarities di 2004.

Mulai 2006 dia adalah anggota The Eons dengan penyanyi-penulis lagu Jeff Saphin dan Slinky Vagabond. Slinky Vagabond adalah Glen Matlock, Clem Burke, dan Keanan Duffty. Slinky Vagabond (namanya dari lirik lagu David Bowie “Young Americans”) memainkan konser debut mereka di ulang tahun Joey Ramone di Mei 2007.


Pada 11 Februari 2011, Noble PR asal UK mengumumkan Slick telah ikut dengan New York Dolls untuk tur UK mereka di Maret. Gitaris ritem New York Dolls Sylvain Sylvain menkonfirmasi laporan itu.

Pada Januari 2013 dia berkontribusi gitar untuk album baru David Bowie, The Next Day.

Pada Mei 2015, Slick ikut dengan Yardbirds, menggantikan gitaris Top Tophan. Pada Agustus 2015 diumumkan bahwa Slick telah meninggalkan band dan digantikan oleh Johnny A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...