Laman

Senin, 03 Oktober 2016

JIM ROOT




Dilahirkan pada 2 Oktober 1971 dengan nama James Donald Root di Las Vegas, Nevada, juga dikenal dengan angkanya #4, dia terkenal sebagai gitaris band metal Slipknot, dan mantan gitaris untuk band alternative metal Stone Sour.

Root mulai tampil dengan band thrash metal Atomic Opera dari Iowa pada awal 90-an, jangan bingung dengan band hard rock Atomic Opera dari Houston, Texas. Tak lama setelah mereka bubar dia tampil dengan band-band seperti DeadFront dan Stone Sour; dimana dia bergabung di 1995, dan kembali dengan vokalis Corey Taylor, selama pembentukannya kembali di 2002. Sebelum bergabung dengan Slipknot, dia bekerja sebagai screenprinter, waiter, dan busboy.


Dia bergabung dengan Slipknot pada Januari 1999, menggantikan gitaris orisinil mereka, Josh Brainard, yang meninggalkan band selama rekaman album self-title mereka, setelah menyelesaikan tugas rekamannya. Nyatanya, hanya 2 lagu yang Root rekam selama sesi rekaman itu adalah “Purity” dan “Me Inside”, yang ditampilkan di cetaka edisi ulang tahun Slipknot yang ke 10, dan kemduian menjadi penggantinya. Karena hal ini, lagunya menjadi andalan band saat manggung. Vokalis Slipknot Corey Taylor mengundang Root untuk ikut dalam band berdasarkan pengalaman terdahulu Taylor bekerja dengannya di Stone Sour.


Walaupun mengisi posisi gitar ritem pada 1999, Root dianggap sebagai salah satu penulis lagu utama bagi band dan menulis bagian gitar utama untuk album-album Slipknot berikutnya terutama di All Hope is Gone. Sebagai salah satu dari 9 lineup anggota Slipknot yang bertahan antara 1999 hingga 2010, Root adalah yang terakhir bergabung dengan Slipknot. Root biasanya memainkan gitar utama di Stone Sour, walaupun kadang-kadang dia bermain ritem. Dia berkata bahwa dia berperan sebagai gitar kembar di kedua band. Di Slipknot dia bertandem dengan Mick Thomson dan di Stone Sour dia bekerja sama dengan Josh Rand. Selama sesi rekaman album Stone Sour Audio Secrecy, dia dan Rand merekama gitar mereka secara simultan.


Di luar Slipknot dan Stone Sour, Root muncul si album The New Leader milik pemain turntable Slipknot Sid Wilson’s DJ Starscream dan The Devil Knows My Name milik John 5, untuk lagu “Black Widow of La Porte”, juga munculdi proyek Roadrunner United, bermain gitar solo dan harmoni di “Tired ‘N Lonely” dari album proyek The All-Star Sessions. Dia juga muncul di cover “Got Money” milik Lil Wayney yang dibawakan oleh Jonathan Davis and the SFA.


Pada 17 Mei 2014, Stone Sour merilis sebuah pernyataan resmi yang mengatakan bahwa Root tidak lagi menjadi anggota band. Root menyatakan dia merasa bahwa inilah saat yang tepat baginya untuk meninggalkan band.

Root dikenal sebagai orang yang kidal tapi memainkan gitarnya dengan tangan kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...