Laman

Minggu, 23 Oktober 2016

LESLIE WEST




Dilahirkan dengan nama Leslie Weinstein pada 22 Oktober 1945 di New York City, AS, di sebuah keluarga Yahudi. Dia dikenal sebagai anggota pendiri dan gitaris serta vokalis band hard rock dan heavy metal, Mountain.

Dia tumbuh di Hackensack, New Jersey, dan di East Meadow, New York, Forest Hills, New York dan Lawrence, New York. Setelah orangtuanya bercerai, dia merubah nama belakangnya menjadi West. Karir musiknya dimulai dengan The Vagrants, sebuah band R&B/Blue-eye soul rock yang terpengaruh oleh The Rascals yang merupakan salah satu band garage rock remaja yang datang dari wilayah metropolitan New York (sebagai tandingan dari skena Bohemian Greenwich Village, yang tergabung dengan Beat Generation, yang menghasilkan band-band seperti The Fugs dan The Velvet Underground). The vagrants memili 2 buah hit di Eastern US: tahun 1966 dengan “I Can’t Make a Friend” dan sebuah lagu milik Otis Redding “Respect”, setahun berikutnya.


Beberapa rekaman The Vagrants diproduseri oleh Felix Pappalardi, yang juga bekerja dengan Cream di album mereka Disraeli Gears. Di tahun 1969, West dan Papppalardi membentuk band pelopor hard rock Mountain, yang juga merupakan judul album debut milik West. Rolling Stones menganggapnya sebagai “louder version of Cream”. Dengan Steve Knight pada kibord dan drummer orisinil N.D. Smart, band ini muncul di hari kedua Woodstock Festival di hari sabtu 16 Agustus 1969 membawakan 11 buah lagu mulai pukul 9 pagi.

Anggota orisinil band adalah West dan Pappalardi sebagai vokalis dan gitaris dan bassis. Drumer baru Corky Laing masuk ke band setelah Woodstock. Mereka sukses dengan “Mississippi Queen”, yang mencapai No. 21 di Billboard dan No. 4 di Kanada. Diikuti oleh lagu ciptaan Jack Bruce “Theme For an Imaginary Western”. Mountain dianggap sebagai salah satu peletak dasar dari musik heavy metal.


Setelah Pappalardi meninggalkan Mountain untuk berkonsentrasi pada proyek produser yang beragam, West dan Laing menghasilkan 2 buah album studio dan sebuah rilisan live dengan bassis Cream Jack Bruce dibawah nama West, Bruce and Laing. Mountain terbentuk kembali di tahun 1973 dan bubar lagu di akhir 1974. Tapi sejak tahun 1981 terbentuk lagi, melakukan tur dan rekaman seperti biasa.


West, bersama dengan pemain kibord Al Kooper dari Blood, Sweat & Tears, merekam dengan The Who selama bulan Maret 1971, Who’s Next. Lagu-lagunya antara lain lagu milik Marvin Gaye “Baby Don’t You Do It”, dan versi awal dari “Love Ain’t For Keepin’ dan trek khas The Who “Won’t Get Fooled Again”. Walaupun lagu-lagu itu tidak dimasukkan dalam album (rekaman dimulai lagi di Inggris beberapa bulan kemudian tanpa West dan Kooper), merekamuncul sebagai lagu bonus di rilisan ulang tahun 1995 dan 2003 dari Who’s Next dan rilisan ulang Odds & Sods tahun 1998.

West juga bermain gitar untuk trek “Bo Diddley Jam” di album 20th Anniversary of Rock ‘n Roll milik Bo Diddley tahun 1976.

Leslie West bersatu dengan Ian Gillan dari Deep Purple, untuk ikut menulis dan bermain gitar di lagu “Hang Me Out To Dry” dari album Gillan “ToolBox” yang dirilis di Eropa di tahun 1991.

Leslie West dan Joe Bonamassa merekam lagu milik Warren Haynes “If Heartaches Were Nickels” bersama. West merilisnya di albumGuitarded (2005), dan Bonamassa di album A New Day Yesterday (2000).

West berkontribusi musik da ikut menulis lirik bagi lagu “Immortal” di album Pure Rock Fury milik Clutch di tahun 2001, yang merupakan rekaman ulang dari lagu “Baby I’m Down” di album pertama West.

Di tahun 2005 dia berkontribusi untul album Under Cover milik Ozzy Osbourne, memainkan gitar pada rekaman ulang lagu “Mississippi Queen”.

Selain memimpin Mountain, West juga melakukan rekaman dan manggung sebagai artis solo. Album solo teranyarnya, berjudul Blue Me, dirilis di tahun 2006 oleh label Blues Bureau International. Di tahun 2007 Mountain merilis album Masters of War melalui Big rack Records, sebuah album yang berisi 12 lagu milik Bob Dylan yang juga menampilkan Ozzy Osbourne sebagai vokalis tamu di lagu yang menjadi judul album.

West dilantik ke dalam Long island Music Hall of Fame pada 15 Oktober 2006. 

West menikahi tunangannya Jenni Maurer di panggung setelah penampilan Mountain di konser ulang tahun Woodstock yang ke 40 di Bethel, New York pada 15 Agustus 2009. Lebih dari 15.000 orang hadir dan pasangan itu berjalan melalui jembatan gitar yang dipegang oleh Levon Helm, Larry Taylor dan Corky Laing dan lain-lain. West kini tinggal di New Jersey.

Johnny Ramone, seorang penggemar West, memanggilnya, “one of the top five guitar players of his era”.

Pada 20 Juni 2011, West menjalani amputasi kaki kanannya bagian bawah sebagai akibat dari komplikasi diabetes. Leslie muncul pertama kali setelah operasinya pada 13 Agustus 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...