Laman

Senin, 24 Oktober 2016

WURZEL




Dilahirkan dengan nama Michael Burston pada 23Oktober 1949 di Cheltenham, Gloucestershire.

Sebelum bergabung dengan Motörhead di tahun 1984, dia sudah menjadi kopral dalam ketentaraan, bertugas di Jerman dan Irlandia Utara dengan battalion pertama resimen Gloucestershire, dan telah bermain di band Bastard dan Warfare. Bergabung dengan gitaris yang juga kurang terkenal Phil Campbell di audisi Motörhead, keduanya disewa. Kini dengan lineup berempat mereka merekam trek latar untuk The Young Ones pada 14 Februari 1984.


Burston mendapatkan nama julukan Würzel saat masih dengan AB, disamakan dengan karakter Worzel Gummidge karena gaya rambutnya yang mirip dengan orang-orangan sawah. Penyanyi Motörhead Lemmy mendorong Würzel menambahkan umlaut pada huruf ‘U’ di namanya, untuk efek heavy metal.


Würzel ikut menyaksikan beberapa kali perubahan lineup dalam band, terutama di bagian drum, hingga dia pergi di tahun 1995. Walaupun dia bermain di album Sacrifice, dia meninggalkan band sebelum tur. Dia tidak digantikan dan Motörhead bertahan dengan formasi 3 orang. Dia beberapa kali menjadi bintang tamu dengan band: di Download Festival 2008 dan Guilfest 2009, juga beberapa kali saat tur band di UK.


Di tahun 1987 Würzel merekam EP solo pertamanya, “Bess”, yang tidak berbeda jauh dengan sound Motörhead, tapi juga memiliki ide yang berbeda. EP ini berisi trek instrumental “Bess”, dua buah lagu, ‘Midnight in London’ dan ‘ People Say I’m Crazy’, dan sebuah trek instrumental rock yang terinspirasi jazz, ‘E.S.P.’.

Di tahun 1998, terinspirasi dengan sebuah pengalaman di Ghent, Belgia, Würzel merekam dan merilis sebuah album ambient Chill Out Or Die.

Pada 9 Juli 2011, Tim Butcher – teknisi bass terlama dari pimpinan Motörhead Lemmy – melaporkan bahwa Würzel telah meninggal. Sebab kematian adalah pembengkakan urat darah yang dipicu oleh cardiomyopathy. Sebelum dia meninggal, Würzel tengah mengerjakan materi baru dengan band barunya, Leader of Down, yang sebelumnya mengumumkan perilisan single debut mereka di awal tahun 2010. Hari berikutnya, Lemmy mendedikasikan penampilan Motörhead di Sonisphere Festival di Knebworth untuk mengenangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...