Laman

Sabtu, 29 Oktober 2016

HANK MARVIN




Dilahirkan dengan nama Brian Robson Rankin pada 28 Oktober 1941 di Newcastle upon Tyne, Inggris, juga dikenal sebagai Hank B. Marvin. Dia terkenal sebagai gitaris utama dari The Shadows, sebuah grup instrumental dan band pendukung bagi Cliff Richard. Saat masih kanak-kanak, dia memainkan banjo dan piano. Setelah mendengarkan Buddy Holly, dia memutuskan untuk belajar gitar.

Dia memilih nama Hank Marvin saat mulai berkarir. Nama itu juga merupakan gabungan nama masa kecilnya, Hank, yang dia gunakan untuk membedakan dirinya dari teman-temannya yang juga memiliki nama Brian, dan Marvin Rainwater, seorang penyanyi country dan western.


Marvin yang berusia 16 tahun dan temannya di Rutherford Grammar School, Bruce Welch, bertemu dengan Johnny Foster, manajer Cliff Richard, di The 2i’s Coffee Bar di Soho London. Foster sedang mencari gitaris untuk tur UK Cliff Richard dan menyarankan Tony Sheridan dibandingkan menawarkan Marvin untuk posisi itu. Marvin ikut The Drifters, saat grup Cliff Richard terkenal.

Marvin bertemu dengan Richard untuk kali pertama di dekat toko penjahit Soho, dimana Richard tengah mengepas jaket panggung berwarna pink. The Drifters melakukanb latihan pertama mereka di rumah keluarga Webb (orang tua Cliff) di Cheshunt, Hertfordshire.

Marvin banyak mempengaruhi gitaris rock Inggris, antara lain George Harison, Eric Clapton, David Gilmour, Brian May, Mark Knopfler, Peter Frampton, Steve Howe, Roy Wood, Tony Iommi, Pete Townshend, Ritchie Blackmore dan Jeff Beck.

Di Kanada, Cliff Richard dan the Shadows memiliki hit top 10, terutama dari tahun 1961 hingga 1965. Gitaris Kanada Randy Bachman dan Neil Young mengaku terpengaruh oleh Hank Marvin.

Marvin juga memiliki karir solo saat The Shadows bubar. Di tahun 1970, Marvin dan Welch membentuk Marvin, Welch dan Farrar, sebuah trio yang gagal untuk menarik perhatian para penggemar musik. Mereka kemudian menjadi Marvin & Farrar dan kemudian menjadi The Shadows.

Di tahun 1969 dan 1970 dia bersatu dengan Richard untuk dua single hit ‘Cliff & Hank’. Di tahun 1977, Marvin memainkan gitar utama di album solo ketiga Roger Daltrey, One of the Boys, pada trek Parade dan Leon. Dia ikut menulis hit tahun 1977 milik Olivie Newton-John ‘Sam’ dengan John Farrar dan Don Black, dan memproduseri album untuk artis Inggris Des O’Connor.

Di tahun 1988, Marvin berkolaborasi dengan kibordis dan komposer Perancis Jean Michel Jarre di trek “London Kid” dia labum Jarre, Revolutions dan menjadi tamu di konser Jarre Destination Docklands di Royal Victoria Dock, London. Jarre mengatakan kesuksesan The Shadows telah mempengaruhinya dan membawanya untuk memutuskan karirnya dalam musik instrumental.

Di tahun 1992, Duane Eddy menjadi tamu di album Into the Light milik Marvin pada lagu “Pipeline”.

Marvin dan The Shadows terbentuk kembali untuk Final Tour di tahun 2004, dan tur Eropa di tahun 2005 juga ditetapkan.

Marvin berduet untuk yang kedua kalinya dengan gitaris Perancis Jean-Pierre Danel – pada albumnya di tahun 2007 dan 2010, keduanya menjadi hit top 10 dan disertifikasi emas. Dua buah single hit mereka masuk di chart Perancis, Norwegia, Finlandia dan Jerman, dan kemudian di Irlandia, UK, Polandia, AS, Afsel dan Thailand.

Saat Welch dan Bennett menjadi/mendapatkan anugerah the Officers of the Order of the British Empire (OBE) di Queen’s Birthday Honours di tahun 2004 karena jasa mereka dalam musik, Marvin menolak karena “alasan pribadi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...