Laman

Kamis, 13 Oktober 2016

RICK PARFITT


Dilahirkan dengan nama Richard John Parfitt pada 12 Oktober 1948 di Woking, Surrey, Inggris adalah seorang musisi Inggris, paling dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu dan gitaris ritem dengan band rock Status Quo.
 
Ayahnya adalah seorang salesman asuransi "yang adalah seorang peminum dan seorang penjudi", dan ibunya bekerja di toko kue. Dia menggambarkan didikannya sebagai "luar biasa", dan menggambarkan masa kecilnya sebagai "bocah nakal yang tipikal". Parfitt pertama mulai belajar bermain gitar pada usia 11 tahun.

Pada tahun 1963 Parfitt bermain gitar dan bernyanyi di The Prince of Wales Feathers, sebuah pub di Warren Street di Camden, London, ketika ayahnya didekati oleh seorang agen dari Sunshine Holiday Camp di Hayling Island, yang memberi Parfitt pekerjaan untuk tampil. Di tempat itu Parfitt bergabung dengan Jean dan Gloria Harrison - tampil sebagai aksi ganda The Harrison Twins - untuk membentuk trio kabaret yang diberi nama The Highlights. Setelah musim itu, manajer dari Harrison Twins Joe Cohen - yang telah menjadi salah satu dari Keystone Cops - mengatur The Highlight untuk tampil di Butlins di Minehead. Di sini, Parfitt bertemu calon rekan Status Quo Francis Rossi, yang bermain dengan Alan Lancaster dan John Coghlan dalam sebuah band bernama The Specters (segera berganti nama Traffic Jam) - pelopor untuk Status Quo. "Saya ingat berkeliaran di sana pada suatu sore untuk pertama kalinya dan menonton mereka berlatih," Parfitt mengenang. "Aku mungkin masih mengenakan setelan warna perak, yang biasa kupakai sepanjang waktu. Mereka memainkan [Chuck Berry] 'Bye Bye Johnny' dan kedengarannya benar-benar fantastis."

Setelah Parfitt berteman dengan band, manajer mereka Pat Barlow mengundangnya untuk bergabung, saat mereka membutuhkan penyanyi lain.

Pada 1967, Traffic Jam mengubah nama mereka menjadi The Status Quo (mereka segera mengisi artikel yang pasti dan belakangan masih sering dikenal sebagai 'Quo'), memulai karir hampir 50 tahun milik Parfitt di band. Keberhasilan awal datang dengan hit yang ditulis Rossi "Pictures of Matchstick Men". Single ini menjadi satu-satunya hit Top 40 di Amerika Serikat, mencapai nomor dua belas di Billboard Hot 100. Meskipun tindak lanjutnya adalah single yang gagal, "Black Veils of Melancholy", mereka memiliki sebuah hit lagi pada tahun yang sama dengan lagu Marty Wilde dan Ronnie Scott , "Ice in the Sun", yang naik ke nomor delapan. Album milik band 1972 Piledriver, yang mencapai nomor 5, menghabiskan total 37 minggu di UK Albums Charts. 
 

Lagu-lagu band yang lebih populer selama awal 1970-an meliputi "Paper Plane" (No. 42 di chart musik Jerman) (1972), "Caroline" (No. 36 di chart musik Jerman) (1973), "Down Down" (No. 14 di chart musik Austria) (1975), "Rain" (No. 27 di chart musik Jerman) (1976), "Rockin' All Over the World" (No. 29 di chart musik Selandia Baru) (1977) dan "Whatever You Want" (No. 24 di Australian Music Chart) (1979). "Down Down" menduduki UK Singles Chart pada bulan Januari 1975, menjadi satu-satunya nomor satu Inggris mereka saat hingga ini. Pada tahun 1976, mereka menandatangani sebuah kesepakatan sponsor pelopor dengan Levi's.

Hit 1976 "Mystery Song", ditulis bersama dengan Bob Young, disusun setelah Rossi mencampur teh Parfitt dengan amfetamin sulfat selama sesi untuk album Blue for You. Rossi kemudian berkata: "Dia memainkan riff ketika kami meninggalkan studio, dan dia masih memainkannya ketika kami kembali keesokan harinya!"

Quo sangat sukses di Eropa, Jepang, Australia dan Selandia Baru sepanjang tahun 1980-an dan 90-an, dan merupakan pembuka untuk Live Aid tahun 1985, dan mereka melanjutkan keberhasilan hingga hari ini. Hingga Februari 2015, mereka telah menjual lebih dari 118 juta rekamana di seluruh dunia. Pada tahun 2013 dan 2014, Parfitt dan Rossi bersatu kembali untuk sementara dengan rekan band Quo asli Alan Lancaster dan John Coghlan untuk serangkaian konser reuni yang diberi nama tur "Frantic Four".

Parfitt dan Rossi ditunjuk sebagai Officers of the Order of the British Empire (OBE) di New Year Honours 2010.

Pada saat kematian Parfitt, ia adalah anggota Status Quo yang paling lama bertahan selain Francis Rossi; yang mendirikan band pada tahun 1962. Dia menulis beberapa hit terbesar mereka, juga bekerja sama dengan pemain keyboard grup Andy Bown, di antaranya "Whatever You Want", "Again and Again", dan "Rain”.

Pada tahun 1984, tahun sebelum Quo akan membuka Live Aid, Parfitt dan Rossi muncul di single amal Band Aid, "Do They Know It’s Christmas?". Bob Geldof meminta Parfitt dan Rossi untuk mengambil bagian, mengetahui bahwa meskipun grup tersebut berasal dari era musik dan latar belakang yang sepenuhnya berbeda, keberhasilan dan ketenaran tangga lagu yang konsisten akan membawa kredibilitas dalam jumlah tertentu ke proyek dari persaudaraan rock dan memastikan bahwa pengikut setia penggemar dari grup ini ("Quo Army") akan mendukung acara ini dan membeli rekaman dalam jumlah besar.

Parfitt memainkan gitar pada lagu "It's an Illusion" yang direkam untuk album tahun 1984 Strange Frontier oleh Roger Taylor.

Parfitt menulis dan merekam sebuah album solo Recorded Delivery pada tahun 1985, tetapi tidak pernah dirilis. Di antara para musisi yang ada di rekaman ini adalah bassis John "Rhino" Edwards dan drummer Jeff Rich, sebelumnya dengan Climax Blues Band dan Judie Tzuke. Edwards dan Rich kemudian diundang oleh Parfitt untuk bergabung dengan Status Quo.

Pada tahun 2006 Parfitt merilis gitarnya untuk mendahului penemuan overlay, "guitar facelift", yang dilisensikan oleh pabrikan gitar Fender.

Pada bulan Desember 2009, Parfitt bekerja sama dengan Rolf Harris untuk single "Christmas in the Sun", mengikuti dari hit Status Quo 2008 "It’s Christmas Time" yang ditulis Parfitt dengan mitra penulisan lagu saat ini Wayne Morris.

Pada 2013, Parfitt dan Rossi membintangi diri mereka sendiri di Bula Quo!, sebuah film komedi di mana duo ini menemukan diri mereka secara tidak sengaja terlibat dengan operasi mafia di Fiji. Film ini umumnya kurang diterima oleh para kritikus. Sebuah album dirilis bersamaan dengan film.

Pada April 2015, dalam kemitraan dengan Julian Hall dan istrinya Lyndsay, Parfitt mendirikan "Status Homes", sebuah perusahaan real estat yang berbasis di Marbella, Spanyol.

Pada 1 Desember 2017, siaran pers dari label rekaman earMusic di situs Status Quo mengumumkan bahwa Over and Out, sebuah album solo yang direncanakan oleh Parfitt, akan dirilis secara anumerta pada 23 Maret 2018. Parfitt telah mengerjakan album selama hiatusnya dari band setelah serangan jantung pada tahun 2016, menyelesaikan trek vokal dan gitar, tetapi meninggal sebelum ia memiliki kesempatan untuk memproduksinya. Musisi tamu yang membantu menyelesaikan album meliputi Brian May dari Queen, Chris Wolstenholme dari Muse, mantan bassis Status Quo Alan Lancaster dan bassis saat ini John "Rhino" Edwards dan ikut diproduksi oleh putra Parfitt Rick Parfitt Jnr. Album ini memasuki tangga lagu Inggris di minggu pertama perilisannya di nomor 3 dan tangga album Jerman di nomor 10.

Salah satu gitar Parfitt, yang identik dengan citra legendarisnya adalah Fender Telecaster 1965 putih. Selain itu ia juga memainkan Gibson SG Junior, Zemaitis 1981 yang disetel ke B, Schecter Telecaster, Fender Esquire, Fender Telecaster Thinline buatan khusus, Gibson Melody Maker, dan gitar akustik Chet Atkins. Dia juga menggunakan gitar Status Slipstream dalam konfigurasi yang berbeda. Untuk amplifikasi, Parfitt menggunakan Marshall JCM800kk (Kerry King signature) atau amplifier JCM900 dengan kabinet 4x12, dikombinasikan dengan amplifier VOX AC30 dan prosesor sinyal Roland GP8 dan Boss CE-7 sebagai pedal dorongan bersihnya.

Setelah serangan jantung, Parfitt menjalani bypass jantung empat kali lipat pada tahun 1997, ketika dia diberitahu oleh dokter bahwa dia bisa mati "kapan saja" kecuali dia mengubah gaya hidup dari obat-obatan, merokok dan minum berat. Pada puncak ketenaran band, Parfitt dan mantan partner Status Quo-nya Francis Rossi terkenal karena minum dan penggunaan narkoba, dengan Parfitt mengklaim telah menghabiskan hingga £1.000 per minggu untuk kokain, dan hingga £500 seminggu dengan vodka. Dalam kehidupan selanjutnya, setelah beberapa masalah kesehatan, Parfitt menjalani kehidupan yang lebih tenang, menyatakan dalam sebuah wawancara tahun 2014 bahwa dia tidak merokok ganja selama 27 tahun dan tidak menggunakan kokain selama 10 tahun.

Dia memiliki sebuah ketakutan kanker tenggorokan pada Desember 2005. Dia menderita serangan jantung pada Desember 2011 dan menjalani operasi pada hari berikutnya.

Pada tanggal 1 Agustus 2014, saat tur Eropa dengan Status Quo, Parfitt dirawat di rumah sakit di Pula, Kroasia, memaksa pembatalan enam pertunjukan di tur. Ia menderita serangan jantung saat berada di bus tur setelah melakukan konser di Austria, dan memasang stent. Dia kemudian mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia senang telah menderita serangan jantung lain karena itu telah memaksanya untuk berhenti merokok dan minum alkohol setelah 50 tahun.

Pada 14 Juni 2016, setelah bermain dengan band di Antalya, Turki, dia menderita serangan jantung dan dirawat di rumah sakit lagi. Manajemennya menggambarkan kondisinya sebagai serius. Parfitt secara klinis mati selama beberapa menit, mengakibatkan gangguan kognitif ringan dari mana ia sepenuhnya pulih. Band ini mengumumkan bahwa tur yang sedang berlangsung akan berlanjut dengan Freddie Edwards, putra dari bassis John "Rhino" Edwards, sebagai pengganti sementara. Pada 22 Juni diumumkan bahwa Parfitt telah diterbangkan pulang ke Inggris dan digambarkan sebagai "nyaman" di rumah sakit di London, di mana ia menjalani lebih banyak tes. Ia memasang defibrillator di dadanya. Pada bulan September 2016 diumumkan bahwa dia tidak akan cukup baik untuk tur di musim gugur, dan dia tidak berniat untuk tur dengan band untuk masa mendatang.

Pada tahun 1973, Parfitt menikahi istri pertamanya, Marietta Boeker, dan pada tahun 1974 mereka memiliki putra pertama mereka, Richard, yang lebih dikenal sebagai Rick Parfitt Jnr, seorang pembalap mobil sport dan musisi. Pasangan ini juga memiliki seorang putri, Heidi, yang tenggelam di kolam renang keluarga pada usia 2 tahun.

Tragedi ini, dikombinasikan dengan penyalahgunaan alkohol dan kebiasaan kokain, menyebabkan pasangan itu bercerai, dan Parfitt melanjutkan untuk menikahi istri keduanya dan mantan pacarnya, Patty Beedon, pada tahun 1988. Mereka memiliki seorang putra, Harry, pada tahun 1989. Mereka bercerai 8 tahun kemudian pada tahun 1996 ketika Rick Parfitt berselingkuh dengan Marietta Boeker. Patty menulis sebuah buku tentang kehidupan mereka bersama pada tahun 1998.

Parfitt kemudian bertunangan dengan instruktur kebugaran Lyndsay Whitburn, yang dinikahinya pada 2006 setelah pacaran tiga bulan. Pasangan ini tetap menikah untuk sisa hidup Parfitt, dan memiliki anak kembar Tommy dan Lily pada tahun 2008, meskipun pada saat kematian Parfitt, pasangan itu telah berpisah selama beberapa bulan.

Parfitt meninggal di rumah sakit Marbella saat makan siang pada 24 Desember 2016 disebabkan sepsis, setelah dirawat pada Kamis malam, 22 Desember, setelah infeksi cedera bahu yang sudah ada. Pemakamannya diadakan di Woking Crematorium pada 19 Januari 2017.

Mengikuti berita kematiannya, teman-teman dan rekan-rekan dari band itu membawa ke media sosial untuk menyampaikan belasungkawa mereka. Di antaranya adalah Brian May dari Queen, The Who, Peter Frampton dan penyiar Chris Tarrant, yang pertunjukannya - Tiswas - Status Quo muncul. Rekan dulu dan saat ini meliputi drummer Jeff Rich juga memberikan belasungkawa. Sebuah halaman penghormatan yang didedikasikan untuk Parfitt muncul di situs resmi band termasuk pesan dari Francis Rossi dan manajer Simon Porter, serta di situs mantan drummer Quo John Coghlan. Coghlan secara pribadi memberikan penghormatan kepada Parfitt di konser dengan band spin-offnya, John Coghlan's Quo, di The Half Moon, Putney pada 30 Desember 2016, di mana ia membacakan puisi karya penggemar Wilbert Soetens berjudul The Rhythm King, yang didedikasikan untuk Parfitt.

Pada bulan Juni 2017, plakat biru Parfitt diresmikan di Jubilee Square, di tempat kelahirannya di Woking. Di antara para hadirin adalah Coghlan, dan putra dari Parfitt, Rick Parfitt Jnr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...