Laman

Kamis, 20 Oktober 2016

KEITH REID




Dilahirkan dengan nama Keith Stuart Brian Reid pada 19 Oktober 1946 di Welwyn Garden City, Hertfordshire, Inggris, adalah seorang penulis lagu yang menulis lirik dari setiap lagu Procol Harum yang bukan instrumental atau cover.

Reid menempuh pendidikan di London. Dia meningalkan sekolah pada usia muda untuj menjalani karir penulisan lagu. Dia bertemu Gary Brooker, dengan siapa dia ikut menulis sebagian besar lagu milik band (beberapa musik ditulis oleh organis Matthew Fisher dan oleh gitaris Robin Trower), pada 1966. Mereka kemudian memulai kolaborasi, dan komposisi mereka “A Whiter Shade of Pale”, single pertama milik Procol Harum, yang dirilis pada 1967. Lagu itu mencapai puncak UK Singles chart dan terjual lebih dari enam juta buah di seluruh dunia. Reid menerruskan untuk menulis lirik untuk band hingga mereka dibubarkan pada 1977.


Dia juga menulis lirik untuk dua lagu oleh penyanyi Perancis Michael Polnareff pada 1966 (“You’ll Be On My Mind” dan “Time Will Tell”), dan ikut menulis untuk hit milik John Farnham “You’re the Voice” (1986).


Reid pindah ke New York dan mendirikan perusahaan manajemen pada 1986. Dia melakukan reuni dengan Brooker dan Procol Harum untuk album The Prodigal Stranger, dirilis pada 1991 dan “The Wells of Fire” (2003).


Pada Agustus 2008 sebuah album baru, The Common Thread, diedarkan dibawah bendera The Keith Reid Project. Reid menulis lirik untuk lagu-lagunya, yang dibawakan oleh beragam musisi, termasuk Southside Johnny, Chris Thompson, John Waite dan Michael Saxell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...