Laman

Rabu, 12 Oktober 2016

DAMIAN WILSON



Dilahirkan pada 11 Oktober 1969 di Woking, Surrey, Inggris, adalah musisi, penulis lagu, dan vokalis Inggris yang telah muncul di lebih dari 70 rilisan album terpisah. Damian sebagian besar dikenal dalam genre progressive metal, sebagai vokalis dari Headspace dan (sebelumnya) Threshold. Dia juga bernyanyi dan melakukan tur dengan band dan proyek seperti untuk Star One, Ayreon, Landmarq, Praying Mantis dan dengan English Rock Ensemble milik Rick Wakeman. Sebagai artis solo ia telah merilis 5 album solo, sebuah DVD dan sebuah album kompilasi retrospektif.

Damian mulai merekam musik pada tahun 1991 dengan band Landmarq. Dia tampil di album debut mereka, Solitary Witness yang dirilis pada tahun 1992, diikuti oleh album kedua, Infinity Parade (1993) dan The Vision Pit (1995). 


Damian bernyanyi di album debut band prog metal Threshold, Wounded Land (1993). Pada tahun 1996, Damian bergabung dengan Threshold lagi untuk merekam album ketiga mereka Extinct Instinct. Tur Eropa lain yang sukses mengikuti, setelah itu Damian meninggalkan grup. Selama waktu itu Iron Maiden mendekati Damian untuk mengikuti audisi dan menganggapnya sebagai seorang pengganti Bruce Dickinson yang pergi.

Pada tahun 1997, album solo pertama milik Damian, Cosmas dirilis. Album ini adalah sebuah perubahan dari suara heavy/progressive rock yang biasanya diberikan untuk penggemarnya. 


Pada tahun 1998 Damian adalah salah satu vokalis utama di album Ayreon milik Arjen Lucassen, Into The Electric Castle.

Dari tahun 1998 hingga 2000 ia memainkan peran utama Jean Valjean dalam tur produksi dari Les Misérables milik Cameron Mackintosh. Dia diminta untuk mengikuti audisi untuk peran itu setelah dia tersandung seekor anjing yang dimiliki oleh seorang aktor yang tahu karyanya, saat berlari sepanjang Sungai Thames.

Setelah tur Les Misérables Damian bernyanyi di tiga album Ayreon berikutnya The Dream Sequencer, Flight of the Migrator dan Ayreonauts Only. Kolaborasinya dengan Arjen Lucassen akan menghasilkan tiga album Star One lagi; Space Metal (2002), Live on Earth (2003) dan Victims of the Modern Age (2010). Pada tahun 2000 dan 2001, Damian melakukan tur Eropa dan Amerika Selatan dengan Rick Wakeman sebagai bagian dari English Rock Ensemble. Ini menghasilkan Live DVD dan album Out There.

Setelah tur bersama Rick Wakeman, Damian merilis album solo keduanya Disciple (2001) yang sebagian direkam di Abbey Road Studios di London. Sesi rekaman di Abbey Road difilmkan dan disiarkan oleh BBC.

Damian melakukan tur materi solonya dengan band penuh dengan nama Damian Wilson Band . Sebuah tur kedua direncanakan, tetapi Damian dirawat di rumah sakit dan tur dibatalkan. Rekaman sesi studio dari latihan untuk tur dirilis pada CD pada tahun 2002, Live in Rehearsal. Pada tahun 2003, album resmi ketiga milik Damian, Let's Start A Commune dirilis. 


Bersama dengan Adam Wakeman Damian membentuk band progressive rock Headspace. Terutama untuk tetap berhubungan satu sama lain antara jadwal tur sibuk mereka. Sebuah EP I Am dirilis pada 2007 dan mereka mendukung Ozzy Osbourne dalam tur Black Rain pada 2007.

Tepat sebelum dimulainya dari tur Dead Reckoning mereka, penyanyi Threshold, Andrew McDermott meninggalkan band. Setelah hanya beberapa hari untuk mempelajari materi Threshold baru, Damian melangkah sebagai vokalis utama untuk tur. Dipulihkan sebagai vokalis utama, untuk pertama kalinya sejak 1997, Damian melanjutkan tur dengan band. Di tahun 2009 Damian berkeliling Eropa dengan Damian Wilson Band miliknya. Kali ini dia membawakan lagu-lagu dari band dan proyek yang telah dia ikuti serta materi solo. Tur difilmkan dan dirilis pada tahun 2011 sebagai set 3DVD termasuk konser langsung dan dokumenter tur Cheers Lads; 20 Years of Avoiding A Job. 


Gitaris Within Temptation, Ruud Jolie, yang juga bermain gitar selama tur DWB 2009, meminta Damian bernyanyi untuk proyek sampingannya Maiden uniteD; sebuah kolektif dari musisi yang memainkan ulang versi akustik dari lagu Iron Maiden. Damian dan Anneke van Giersbergen bernyanyi di album pertama mereka Mind The Acoustic Pieces (2010). Setelah tur klub kecil, proyek ini dimulai dan Damian menemukan dirinya bermain di tempat dan festival besar di seluruh Eropa. Ia merekam dua album lagi dengan proyek ini, Across The Seventh Sea (2012) dan Remembrance (2015).

Pada tahun yang sama saat live DVD set Damian Wilson Band dirilis, Damian juga merilis album ganda retrospektif 31 lagu, I Thought The World Was Listening 1997 - 2011. Album ini menampilkan lagu remaster dari seluruh karir solo Damian, versi lagu yang direkam ulang dan materi baru yang belum pernah dirilis sebelumnya. Perilisan album ini juga menandai kembalinya ke panggung sebagai artis solo. Damian telah memainkan pertunjukan solo terpilih, terutama akustik, menempuh Eropa sejak 2011.

Album solo milik Damian, Cosmas dirilis ulang sebagai edisi remaster pada tahun 2012. Pada akhir dari serangkaian pertunjukan solo ia memainkan album secara keseluruhan.

Headspace menandatangani kontrak 3 rekaman dengan Inside Out Music dan album debut mereka I Am Anonymous dirilis pada tahun 2012. Ini adalah album konsep di mana lirik dari Damian diarahkan pendengarnya. “Ini tentang Anda dan hubungan Anda dengan manusia, pada akhirnya pertempuran terjadi di dalam pikiran dari anak ke manusia dewasa. Melalui model milik Kubler Ross tentang kematian yang akan datang, dengan mengacu pada perang, kekacauan membawa kita pada kedamaian dan penerimaan ... hanya kemudian berayun kembali ke kekacauan.” Album kedua dirilis pada tahun 2016; All That You Fear Is Gone.

2012 juga merupakan tahun di mana Threshold merilis album pertamanya sejak 1996 dengan Damian sebagai vokalis utama, March Of Progress, diikuti oleh tur klub dan tur festival Eropa yang luas. Album kedua, For The Journey, mengikuti pada tahun 2014. Tur berikut ini direkam dan dirilis sebagai album live ganda European Journey pada tahun 2015. Threshold dan Damian berpisah pada tahun 2017.

Pada Oktober 2015 Damian mengumumkan dua album baru untuk 2016. Weir Keeper Tale; sebuah album akustik dengan Adam Wakeman, yang dirilis pada Januari 2016, dan album solo baru, yang pertama dalam lebih dari satu dekade. “Saya tidak pernah berhenti menulis lagu sehingga saya telah mengumpulkan banyak lagu sejak album solo terakhir saya. Pada bulan Juni kami telah mulai merekam di Dublin dengan beberapa musisi luar biasa dari seluruh Eropa. Kami senang mengatakan bahwa kami telah melalui beberapa bulan terakhir ini dan album ini mulai terbentuk. Saya percaya kami menciptakan sesuatu yang layak untuk harapan Anda. Lagu-lagu tersebut mencerminkan bagaimana hubungan pribadi kita relevan dengan gambaran yang lebih besar, bahkan di tingkat dunia.”

Album baru Built for Fighting dirilis pada 9 September 2016. Album ini berisi 11 lagu orisinal baru dan cover dari Somebody milik Depeche Mode. Built for Fighting dicampur dan pembuatan master di Swedia oleh duo Fascination Street Jens Bogren dan Tony Lindgren, yang telah bekerja dengan band-band seperti Opeth, Devin Townsend, dan Headspace.

Lagu Thrill Me dirilis sebagai sebuah single pada 9 Agustus dan masuk ke daftar putar BBC Radio 2. Pada 4 Agustus 2017 versi baru dari lagu Impossible dirilis. Lagu itu di-remix oleh Dave Bascombe.

Sebuah album baru dengan Adam Wakeman, ditemani dengan tur akustik 22 jadwal, diumumkan untuk Februari 2018; The Sun Will Dance In Its Twilight Hour.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...