Laman

Sabtu, 08 Oktober 2016

THOM YORKE




Dilahirkan dengan nama lengkap Thomas Edward Yorke pada 7 Oktober 1968 di Wellingborough, Northamptonshire, Inggris.. Dia terlahir dengan mata kiri mengalami cacat, dan menjalani operasi mata pada usia 6 tahun. Keluarga Yorke sering berpindah-pindah. Ayahnya adalah seorang fisikawan nuklir dan kemudian menjadi penjual perlengkapan kimia, disewa oleh sebuah firma di Skotlandia tak lama setelah putranya lahir; keluarga itu tinggal disana hingga Thom berumur 7 tahun, dan dia pidah dari sekolah satu ke sekolah lainnya. Keluarga itu akhirnya berdomisili di Oxfordshire pada 1978.

Thom menerima gitar pertamanya saat berusia 7 tahun; inspirasi musik awalnya adalah gitaris Brian May dari Queen. Pada usia 10 tahun, dia membuat gitarnya sendiri, terinspirasi oleh Red Special milik May. Pada usia 11 tahun, dia ikut band pertamanya dan menulis lagu pertamanya. Di Oxford dia bersekolah di sekolah umum khusus anak laki-laki Abingdon, dimana dia bertemu Ed O’Brien, Phil Selway, dan 2 bersaudara Colin dan Jonny Greenwood dan membentuk On a Friday, nama yang diambil dari hari dimanan mereka dapat berlatih. Setelah meninggalkan sekolah, Thom menghambil tahun cuti belajar, selama waktu ini dia bekerja dan terlibat dalam kecelakaan mobil yang mempengaruhi lirik dari lagu-lagu Radiohead, antara lain sisi B dari Bends “Killer Cars” dan “Airbag” dari OK Computer.


Artis favorit Thom, saat remaja, antara lain Queen, Joey Division, R.E.M., Siouxsie and the Banshees dan Bob Dylan. Seiring berjalannya waktu dia juga menyebut Mark Mulcahy dari Miracle Legion, Neil Young, Pixies, Bjork dan PJ Harvey. Di 2013, dia menyatakan bahwa artis elektronik Aphex Twin sebagai pengaruh terbesarnya.

Di akhir 1988, Thom meninggalkan Oxford untuk belajar di University of Exeter, yang membuat On a Friday hiatus tapi masih melakukan latihan saat libur. Di Exeter, dia bekerja sebagai DJ di Guild nights di Lemon Grove, membawakan musik eksperimental dengan campuran klasik, dan bermain dengan band Headless Chickens, membawakan lagu-lagu antara lain calon materi lagu Radiohead. Dia juga bertemu dengan artis Stanley Donwood, dengan dia Thom berkolaborasi untuk memproduksi tatasampul untuk album-album Radiohead, dan printmaker Rachel Owen, yang berhubungan dengan Thom selama lebih dari 2 dekade.


On A Friday menghentikan aktifitasnya di 1991 saat para anggotanya menyelesaikan gelar sarjana mereka. Mereka teken kontrak dengan Parlophone dan merubah nama mereka menjadi Radiohead. Radiohead akhirnya dikenal oleh khalayak dengan single hit “Creep”, yang kemudian muncul di album debut band di 1993, Pablo Honey.

Pada saat album kedua Radiohead, The Bends (1995), Radiohead menarik basis penggemar yang besar dan mulai menerima pengakuan secara kritik. Setelah perilisan album ini, band rock asal Amerika R.E.M., pengaruh besar bagi Radiohead, memilih mereak sebagai aksi pendukung mereka untuk tur Eropa mereka. Thom dan penyanyi R.E.M. Michael Stipe akhirnya berteman; Stipe memberinya nasehat cara untuk mengatur keterkenalan.

Selama memproduksi album ketiga band, OK Computer (1997), kelima anggota Radiohead memiliki opini yang berbeda dan peran produksi yang sama. OK Computer menerima pengakuan kritisi dan penjualan yang besar, memantapkan Radiohead sebagai salah satu aksi rock alternative terdepan 1990-an, tapi Thom mengalami kebingungan dengan kesuksesan ini. Setelah tur OK Computer, Thom mengalami gangguan mental. Dia mulai mendengarkan sebagian besar musik elektronik dari artis-artis Warp seperti Aphex Twin dan Autechre.

Thom dan Radiohead mengambil pengaruh-pengaruh itu untuk album-album mereka Kid A dan Amnesiac pada 2001, memproses vocal, menulis lirik, dan meninggalkan rock untuk gaya yang baru dengan menggabungkan elektronik, jazz dan pengaruh avant-garde klasik. Album-album ini memecah penggemar dan kritikus, tapi merupakan sukses secara komersil dan kemudian menarik perhatian kritikus secara luas; pada saat pergantian decade, Kid A menjadi salah satu album terbaik di era 2000 oleh majalah Rolling Stones dan Pitchfork.

Pada 2003, Radiohead merilis album keenam mereka, Hail to the Thief, sebuah campuran dari musik rock dan elektronik yang diartikan oleh Thom sebagai reaksi untuk peristiwa yang terjadi di awal 2000-an dan ketakutan orang tua baru untuk masa depan anak-anak mereka. Di 2005 mereka melakukan sesi rekaman untuk album ketujuh, In Rainbows, dirilis sebagai unduhan digital gratis DRM di Oktober 2007. Di 2011, Radiohead merilis album ke 8 mereka, The King of Limbs.

Thom merilis album solo debutnya The Eraser di 2006 melalui label independen XL Recordings. Terdiri dari musik elektronik yang direkam Thom selama Radiohead hiatus di 2004, album ini diproduseri oleh produser Radiohead Nigel Godrich dan tata sampul oleh Donwood. Dia menekankan bahwa radiohead tidak akan pecah dan album ini dibuat atas restu mereka. The Eraser menerima tanggapan positif dan mencapai No. 3 di UK pada minggu pertamanya, No. 2 di AS, Kanada dan Australia, dan No. 9 di Irlandia. Album ini dinominasikan untuk Mercury Prize di 2006 dan Grammy Award for Best Alternative Music Album di 2007.

Pada September 2014, Thom merilsi album solo keduanya, Tomorrow’s Modern Boxes, via BitTorrent. Album ini menerima tanggapan yang positif dan menjadi album paling disuka di torrent pada 2014 (termasuk pembajakan), dengan pengunduhan lebih dari 1 juta pada 6 hari pertamanya. Pada 26 Desember 2014, Thom merilis album itu via Bandcamp bersama dengan single bary, “Youwouldn’tlikemewhenI’mangry”. Di 2015, Thom tampil dengan Godrich di Latitude Festival dan di Jepang.


Pada 2009, Thom menampilkan Atoms for Peace untuk membawakan lagu-lagu dari album solo pertamanya The Eraser. Disamping Thom pada vocal, gitar dan kibord, band ini berisi bassis Fleadari Red Hot Chili Peppers, drummer Joey Waronker dari Beck dan R.E.M., perkusionis Mauro Refosco dari Forro in the Dark dan Godrich pada kibord dan gitar.  Di Februari 2013, Atoms for Peace merilis sebuah album, Amok, melalui XL Recordings.

Thom juga melakukan kolaborasi dengan artis ataupun musisi lain, antara lain: UNKLE, Isabel Monteiro dari Drugstore, PJ Harvey, Bjork, Band Aid 20, Flying Lotus, Burial dan Four Tet.

Thom ikut mengisi beberapa soundtrack filem antara lain: Velvet Goldmine (1998), The UK Gold (2013), Subterranea (2015), dan pentas Old Times karya Harold Pinter di 1971 yang dimainkan oleh Roundabout Theater Company.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...