Laman

Sabtu, 29 Oktober 2016

ROLLAND BAND : Perjalanan Singkat Sang Juara




Tidak hanya di Jakarta, grup musik cadas berada. Rolland Band merupakan salah satu grup musik rock yang bermarkas di Yogyakarta. Saat itu grup ini beralamat di Jln. Wakhid Hasyim No.119 Yogyakarta. Dari gayanya bisa dibilang grup ini Judas Priest-nya Indonesia. Tidak kalah dengan gayanya, lagu-lagunyapun bernuansa ala Judas Priest seperti lagu yang berjudul "Teror".

Mungkin banyak orang tidak mengenal grup ini. Padahal saat itu grup ini sangat menjanjikan. Dengan suara lengkingan vokalisnya seperti dalam lagu “Roda Kehidupan” sungguh ngerock banget band ini.

Rolland Band dengan mengusung musik Heavy metal pernah menjadi juara pertama sekaligus berpenampilan terbaik dalam festival heavy Metal yang diselenggrakan oleh sebuah majalah musik ibukota (majalah Vista), Jakarta 1986. Satu-satunya band daerah yang dengan gemilang sanggup berbicara banyak disetiap jelajah panggungnya.

Ketika itu mereka mengungguli Slank (Jakarta) yang hanya berhasil merebut juara harapan III. Kini, Kaka dkk (Slank) sudah menjadi salah satu legenda industri musik rock Indonesia. 

Rolland terdiri dari: Petrus S. – Vokal, Ivan S. - gitar, Bento Jepang – gitar, Lugudz Nugroho – Bass/Vocal dan Yoyok – Drum. 

Di tahun 1987 Rolland untuk pertamakali masuk bilik rekaman dan menghasilkan album debut berjudul “Gigolo”. Album ini dirilis oleh Billboard Indonesia. Rolland Band bahkan sempat tampil dalam Aneka Ria Safari TVRI dengan ramuan rocknya.

Tahun selanjutnya melalui label Bursa Musik Rolland Band merilis album “Roda Kehidupan” serta album “Merdeka Rock”.

Beberapa lagu seperti "Gigolo", "Teror", dan "Percakapan Satu Kamar", bisa diterima publik karena familier di telinga, bahkan bagi kalangan awam sekalipun. Sayang, karena masalah internal, Rolland Band pun bubar pada pertengahan 1989. Kenyataan pahit itu, memaksa para personelnya harus mencari jalan hidup sendiri-sendiri. Salah satunya dengan terbentuknya band Rollander.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...