Laman

Sabtu, 22 Oktober 2016

MANFRED MANN




Dilahirkan dengan nama Manfred Sepse Lubowitz pada 21 Oktober 1940 di Johannesburg, Transvaal, Afrika Selatan, seorang kibordis berkebangsaan Afsel-Inggris yang terkenal sebagai anggota pendiri band-band seperti Manfred Mann, Manfred Mann Chapter Three dan Manfred Mann’s Earth Band.

Dia dibesarkan dalam sebuah kelurga Yahudi di Johannesburg, Afrika Selatan, putra dari David Lubowitz dan Alma Cohen. Dia belajar musik di University of the Witwatersrand, dan bekerja sebagai pinais jazz di sejumlah klub di Johannesburg. Antara tahun 1959 dan 1961 dia dan teman masa kecilnya Saul Ozynski merekam 2 buah album sebagai the Vikings – band rock and roll Afrika Selatan pertama.


Tertekan dengan system apartheid di negara asalnya Afrika Selatan, dia pindah ke UK di tahun 1961 dan mulai menulis “Jazz News” dibawah nama alias Manfred Manne (dari nama drummer jazz Shelly Manne), yang kemudian diperpendek menjadi Manfred Mann. Pada tahun berikutnya dia bersua drummer dan pemain kibord Mike Hugg di Clacton Butlins Holiday Camp dan bersama mereka membentuk sebuah band blues-jazz bernama Mann-Hugg Blues Brothers. Akhirnya band ini berisi grup berjumlah 5 orang dan mereka teken kontrak dengan EMI di tahun 1963, dibawah label HMV.


Mereka mengubah nama mereka menjadi Manfred Mann atas saran dari produser rekaman label tersebut, dari tahun 1964 hingga 1969 meeka mencetak rekaman hit: “Do Wah Diddy Diddy”, “Sha La La”, “Pretty Flamingo”, “Mighty Quinn”. Grup ini bubar di tahun 1969, dan Mann segera membentuk band lainnya dengan Mike Hugg, Manfred Mann Chapter Three, sebuah band experimental jazz rock. Mereka bubar setelah 2 buah album, tapi Mann membentuk band lain di tahun 1971, Manfred Mann’s Earth Band, yang masih rekaman dan manggung hingga kini. Hit terkenal mereka antara lain hit No. 1 “Blinded by the Light”, “Runner”, yang mencapai No. 22 dan “Davy’s On The Road Again” dan “Joybringer”, yang mencapai No. 9 di tahun 1973.


Mann juga merilis proyek solo dengan nama “Manfred Mann’s Plain Music” dan “Manfred Mann ‘06”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...