Laman

Selasa, 01 November 2016

MIKKEY DEE




Dilahirkan dengan nama Micael Kiriakos Delaoglou pada 31 Oktober 1963 di Gothenburg, Swedia. Hingga tahun 2005, Dee sudah menjadi anggota Motorhead selama 23 tahun, membuatnya menjadi anggota ketiga terlama di belakang gitaris Phil Campbell dan pendiri Lemmy. Dia telah muncul di 13 album studio milik band dan juga 3 album live.

Dee memulai karir musiknya dengan band-band lokal Nadir dan Geisha. Drumer favoritnya adalah Ian Paice. Pengaruh lainnya antara lain Brian Downey, Neil Peart dan Steve Smith. Dee juga menyebut nama Buddy Rich.


Setelah pindah ke Copenhagen untuk bermain dengan Geisha, di tahun 1985, Dee bergabung dengan King Diamond, yang sedang mencari anggota tambahan untuk melengkapi lineup mereka. Setelah merilis album Conspiracy (1989), Dee memutuskan untuk meninggalkan band, saat dia merasa hanya lebih sekedar musisi pendukung, dibandingkan penulis lagu band. King Diamond sendiri menjadi terkenal dan musisi yang mendukungnya menjadi pemeran kedua dalam penulisan lagu dan pengambilan keputusan, seringkali Diamond adalah satu-satunya orang yang menjawab untuk seluruh band dalam sebuah wawancara majalah dll. Dee bermain di rekaman-rekaman King Diamond Fatal Portrait (1986), Abigail (1987), dan “THEM” (1988), dan berlanjut bermain sebagai musisi sesi untuk sesi rekaman album Conspiracy (1989), setelah itu dia digantikan oleh Snowy Shaw.


Dia bergabung dengan Don Dokken untuk album solonya, Up from the Ashes (1990), dengan video musik untuk lagu “Stay” dan “Mirror Mirror” menerima penayangan di Headbanger’s Ball milik MTV. Band ini menjadi penampil utama bagi tur mereka, juga menjadi pembuka untuk Judas Priest. Pada masa ini, Dee juga mengisi secara singkat untuk World War Three (WWIII).


Lemmy telah berulang kali memintanya untuk bregabung dengan Motorhead sejak tahun 1985, dan di tahun 1992, dia diminta sekali lagi, Dee menerima tawaran itu, menggantikan Phil “Philthy Animal” Taylor. Debutnya dengan Motorhead adalah di album March or Die tahun 1992.


Dia juga bermain di album Helloween di tahun 2003 Rabbit Don’t Come Easy, menggantikan Mark Cross.

Di bulan April 2006 King Diamond reuni dengan teman lama Mikkey Dee di sebuah pertunjukan yang laris di Karen, Gothenburg, Swedia. Dia tahun 2001 King  menganggap Dee sebagai “salah satu drummer terbaik sepanjang masa dan itu adalah sesuatu yang mengganggu kami sejak dia pergi.”


Dee juga bermain drum untuk Martin “E-Type” Eriksson di pra kualifikasi Swedia untuk Eurovision song contest 2004, juga di tur E-Type, Euromertal, di tahun 2003.


Dee adalah penggila hoki es dan pendukung tim Frolunda HC dari Gothenburg. Sebuah desas desus bahwa Dee pernah di tim hoki muda nasional Swedia dan telah dibantah oleh Dee, dengan mengklaim bahwa “di akhir 80an dan awal 90an aku bermain untuk sebuah tim bernama Team Sweden di Califronia Selatan” yang menyebabkan desas desus itu. Dee adalah seorang selebriti kontestan di seri Kandisdjungeln di TV4. Dia tereliminasi di episode ke 15. Pada 29 Desember 2015, menyusul kematian Lemmy tiga hari sebelumnya, Dee mengumumkan bahwa Motorhead dibubarkan.


Pada Januari 2016, Dee bergabung dengan Thin Lizzy untuk bermain di pertunjukan ulang tahun mereka. Namun, pada 19 April diumumkan bahwa Dee tidak akan berpartisipasi. Pada 28 April 2016, diumumkan bahwa Dee akan mengisi tempat James Kottak dengan Scorpions di 12 jadwal penampilan utama Amerika Utara, termasuk sebuah pertunjukan di Hard Rock Hotel di Las Vegas dengan judul "Scorpions blacked out In Las Vegas". Pada 12 September 2016, Dee bergabung dengan band secara permanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...