Laman

Jumat, 07 Oktober 2016

KEVIN CRONIN




Dilahirkan dengan nama lengkap Kevin Patrick Cronin pada 6 Oktober 1951 di Evanston, Illinois, AS. Dia tumbuh di pinggiran kota Oak Lawn, disitu juga dia belajar bermain gitar. Dia lulus dari Brother Rice High School di Chicago. Adiknya adalah politikus Sean Cronin. 

Dia merupakan vokalis utama, gitaris ritem untuk band rock asal Amerika, REO Speedwagon. REO Speedwagon memilik beberapa lagu hit di Billboard Hot 100 selama 1980-an, antara lain lagu tertinggi di chart yang ditulis oleh Cronin: “Keep on Loving You” (1981) dan “Can’t Fight This Feelig” (1985).


REO Speedwagon mengganti vokalis utama sebanyak 3 kali untuk 3 album pertama mereka. Terry Luttrell meninggalkan band tak lama setelah grup merekam album debut mereka pada 1971, dan digantikan oleh Cronin. Cronin merekam album dengan band pada 1972 R.E.O./T.W.O., tapi meninggalkan band setelah itu, karena perbedaan kreatif. Ridin’ the Storm Out adalah rilisan ketiga band dengan banyak penyanyi; saat ini Mike Murphy menjadi vokalis. Murphy bertahan untuk 2 album lagi, sebelum Cronin kembali ke dalam band pada 1976.

Cronin kembali setelah Greg X. Volz meninggalkan posisi vokal utama karena peralihannya ke agama Kristen. Kesuksesan band mencapai puncaknya di akhir 1970-an dan awal 1980-an, tapi masih merilis rekaman seperti Find Your own Way Home pada 2007. Album paling terkenal mereka, Hi Infidelity, terjual lebih dari 10 juta kopi. Kevin mengatakan di berbagai wawancara bahwa mereka “play for free but get paid for the traveling”. Dia telah menulis atau ikut menulis banyak lagu hit band seperti “Keep on Loving You”, “Can’t Fight This Feeling”, “The Key”, “Keep Pushin’”, “Roll With the Changes”, “Time for Me to Fly”, “Movin’”, “Here With Me”, “In My Dreams”, Tough Guys”, “Don’t Let Him Go” dan “Music Man”.

Cronin adalah kontestan selebriti di Don’t Forget the Lyrics pada 27 Maret 2008. Dia mencapai $350.000 sebelum lupa dengan lirik dari “Last Dance” oleh Donna Summer.

Dia muncul di iklan informasi Ultimate Rock Ballads milik TimeLife, yang menampilkan lagu-lagu oleh REO Speedwagon, sebagian besar dari 1980an, saat band menikmati kesuksesan besar mereka.

Istri Cronin bernama Lisa. Putra tertuanya bernama Paris. Dia juga mempunyai seorang putrid, Holly; anaknya yang terakhir adalah kembar Josh dan Shane.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...