Laman

Sabtu, 22 Oktober 2016

STEVE LUKATHER


Dilahirkan dengan nama Steven Lee Lukather pada 21 Oktober 1957, di San Fernando Valley, California. Dia pertama kali bermain keyboard dan drum, dan kemudian belajar sendiri cara bermain gitar mulai pada usia tujuh tahun, ketika ayahnya membelikannya sebuah gitar akustik Kay dan salinan dari album the Beatles, Meet the Beatles. Lukather mengatakan bahwa album itu "mengubah hidupnya" dan bahwa dia sangat dipengaruhi oleh permainan gitar George Harrison pada khususnya.
 
Di sekolah menengah, Lukather bertemu David Paich dan Porcaro bersaudara (Jeff, Steve, dan Mike), semuanya akhirnya menjadi anggota Toto. Lukather, yang telah menjadi musisi otodidak, mulai mengambil pelajaran gitar dari Jimmy Wyble. Dengan Wyble, Lukather memperluas pengetahuannya tentang aspek-aspek musik yang lebih luas, termasuk orkestrasi. Selama periode ini di awal 1970-an dimana Lukather menjadi tertarik pada gagasan menjadi musisi sesi, sebuah panggilan yang memberikan kesempatan untuk bermain dengan berbagai musisi terkenal. 
 

Jeff Porcaro, yang telah bermain drum dengan Steely Dan sejak 1973, menjadi mentor untuk Lukather dan memajukan minatnya dalam kerja sesi. Pekerjaan pertama Lukather di industri musik adalah kerja studio dengan Boz Scaggs, setelah itu Paich dan Jeff Porcaro — yang telah menjadi musisi sesi terkemuka dengan nama mereka sendiri —meminta Lukather untuk bergabung dengan mereka dalam membentuk Toto pada tahun 1976 bersama dengan Bobby Kimball, David Hungate, dan Steve Porcaro. 
 

Lukather adalah gitaris utama untuk Toto, melayani dalam kapasitas untuk seluruh sejarah band, serta vokalis dan komposer dan vokalis pendukung. Lukather memenangkan tiga dari lima Grammy Awards untuk bekerja dengan Toto, dua kali sebagai seorang artis dan sekali sebagai seorang produser. David Paich memimpin upaya penulisan lagu band selama pengembangan dari Toto rilisan 1978 - ia menulis semua kecuali dua dari lagu-lagu album, termasuk keempat single-nya. Lukather juga memuji Jeff Porcaro untuk kepemimpinannya di dalam band selama periode itu. Namun, peran Lukather di Toto berevolusi dari waktu ke waktu karena perubahan kebutuhan band. Pada bulan Agustus 1992, Jeff Porcaro pingsan saat melakukan pekerjaan halaman di rumah dan kemudian meninggal karena gagal jantung. Kematian ini sangat mempengaruhi Toto dan Lukather khususnya, yang merasa bahwa dia perlu melangkah dan memastikan band terus berjalan. Dengan demikian, dia mulai mengambil lebih banyak peran kepemimpinan. 
 

Toto memiliki beberapa vokalis utama selama bertahun-tahun, meliputi Bobby Kimball, Fergie Frederiksen, dan Joseph Williams. Setelah pemecatan 1990 dari vokalis keempat mereka, Jean-Michel Byron, Toto tanpa vokalis sampai sekitar tahun 1997; Lukather menjalankan sebagian besar tugas vokal untuk band selama waktu itu. Dia menampilkan vokal utama untuk setiap lagu pada Kingdom of Desire rilisan 1992 dan Tambu rilisan 1995 kecuali dua lagu instrumental. Single Tambu "I Will Remember", ditulis bersama oleh Lukather dan Stan Lynch, mencapai nomor 64 di tangga lagu Inggris. Beberapa pengulas Tambu mengkontraskan vokal Lukather dengan mantan vokalis Kimball dan Williams (dan memang, mengkritik keras seluruh album), beberapa pengulas konser mencatat bahwa ia berjuang secara vokal pada lagu-lagu tertentu, dan sejumlah penyanyi cadangan dan vokalis tamu menemani pertunjukan langsung band selama periode tersebut. Hingga Toto membawa kembali Williams dan Kimball untuk berkolaborasi pada Toto XX tahun 1998, Lukather kembali ke peran vokalis cadangan. 
 

Kontribusi penulisan lagu Lukather tumbuh dari segelintir trek pada album Toto awal untuk menulis bersama hampir setiap lagu dimulai pada akhir 1980-an. Lukather mengakui bahwa alasan mengapa dia tidak memiliki kontribusi penulisan lagu pada dua album Toto pertama adalah bahwa dia tidak menulis banyak lagu pada saat itu, karena dia diintimidasi oleh bakat penulis lagu utama band, David Paich. Dia memuji Paich sendiri dengan mendorongnya untuk menyumbang lebih banyak lagu ke band. Dia menulis sangat sedikit lagu-lagu Toto sendiri, pengecualian yang menjadi hit single "I Won't Hold You Back" dari Toto IV. Lukather mengatakan bahwa menulis lirik bukanlah salah satu kekuatannya. Dengan demikian, ia berkolaborasi dengan anggota band lain untuk menyelesaikan ide lagu dan menjadikannya sebagai lagu album yang layak. Situs resmi Lukather mengklaim bahwa ia berkontribusi untuk menulis semua lagu di album Toto rilisan 2006 Falling in Between, meskipun "Spiritual Man" secara resmi meemberi kredit Paich sebagai penulis tunggal. 
 

Pada tahun 2008, Lukather adalah satu-satunya anggota Toto asli yang masih tampil dengan band: Bobby Kimball juga di band pada saat itu, tetapi sebelumnya telah absen dari band untuk beberapa waktu - sedangkan Lukather telah dengan Toto sejak pembentukannya. Namun, pada bulan Juni tahun yang sama, Lukather memutuskan untuk meninggalkan Toto. Keputusan ini secara langsung menyebabkan pembubaran resmi band. Dalam sebuah wawancara 2011 yang membahas karirnya dengan Toto, Lukather menunjukkan bahwa band tersebut telah berevolusi terlalu jauh dari inkarnasi aslinya dan bahwa dia berurusan dengan fisik dan mental dari rekaman dan pertunjukan. Pada bulan Februari 2010, band ini mengumumkan bahwa mereka akan bersatu kembali untuk mendukung bassis Toto Mike Porcaro, yang didiagnosis dengan penyakit Lou Gehrig. Mereka melanjutkan tur secara terbatas pada tahun 2011 dan 2012. 
 

Meskipun Lukather mengindikasikan pada bulan April 2011 bahwa band ini tidak akan merekam materi lebih lanjut, Toto mengumumkan jadwal tur internasional yang berat dan album studio baru pada Maret 2014. Pada Maret 2015 Toto XIV dirilis.

Lukather mencapai puncaknya pada 1970-an dan 1980-an sebagai salah satu gitaris sesi paling dicari di Los Angeles, bermain dengan berbagai seniman dari Aretha Franklin ke Warren Zevon. Ia telah tampil di lebih dari 1.500 rekaman selama 36 tahun. Jurnalis musik, Jude Gold, mencatat, "Sulit menyebut nama seorang gitaris yang memiliki karier yang lebih produktif dan memuaskan daripada Steve Lukather." Lukather memberi kredit kepada sesama anggota Toto David Paich dan Jeff Porcaro karena membuatnya terpapar di industri ini — meskipun ia menyesalkan dalam wawancara April 2011 bahwa kesempatan bagi musisi sesi telah membatasi dalam beberapa tahun terakhir: "Tidak ada hal 'musisi sesi' apa pun lagi — tidak seperti itu. Ini tidak seperti dulu ketika saya melakukan 25 sesi seminggu. Semua studio hilang. Anggaran hilang. Perusahaan rekaman semuanya hilang." Hasilnya sendiri sebagai musisi sesi telah melambat bersama dengan sisa industri -seperti tahun 2009, Lukather menyatakan dia hanya melakukan beberapa sesi setahun. 
 

Dinamakan oleh Gibson Guitar Corporation sebagai salah satu dari gitaris sesi Top 10 sepanjang masa, Lukather telah tampil di banyak lagu terkenal. Dia melakukan solo gitar untuk single 1981 terkenal milik Olivia Newton-John "Physical", yang merupakan single nomor satu Billboard tahun 1980-an. Penampilan sesi penting lainnya termasuk album Faces milik Earth, Wind & Fire mengisi solo di lagu "Back on the Road" dan "You Went Away", dua lagu dari album Lionel Richie Can't Slow Down, dan album Repeat Offender milik Richard Marx. Lukather dan Jeff Porcaro sangat terlibat dalam rekaman secara virtual hampir semua Thriller milik Michael Jackson. Selain merekam trek gitar, Lukather juga menulis atau memproduksi musik untuk Lionel Richie, Richard Marx, Chicago, Donna Summer, dan The Tubes. Ia memenangkan sebuah penghargaan Grammy pada tahun 1982 untuk lagu George Benson "Turn Your Love Around".

Lukather telah merilis tujuh album studio solo: Lukather (1989), Candyman (1994), Luke (1997), Santamental (2003), Ever Changing Times (2008), All's Well That Ends Well (2010), dan Transition (2013). 
 

Album tahun 1989, Lukather muncul setelah Toto merekam dan bermain selama 11 tahun, dan konsensus di antara para anggota band adalah untuk beristirahat. Karena Lukather telah menulis sejumlah lagu yang tidak muncul di album Toto, ia memutuskan untuk mengerjakan sebuah album solo, dengan maksud menyajikan dimensi musiknya yang tidak dikenal oleh para penggemar. Dia berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal, termasuk Eddie Van Halen, Richard Marx, Jan Hammer, Steve Stevens, dan sesama anggota Toto Jeff Porcaro dan David Paich. Lukather mengatakan bahwa album itu diproduksi dengan sangat sederhana, dan bahwa banyak suara studio ambient — diletakkan di berbagai trek, misalnya — terdengar jelas di atasnya. Dia juga menyebut band-band Pink Floyd, Cream, Led Zeppelin, dan gitaris Jimi Hendrix, David Gilmour, Jeff Beck, dan Eric Clapton sebagai pengaruhnya di album ini. Single "Swear Your Love" berasal dari album. 
 

Candyman, direkam dan dibuat master-nya dari Maret 1993 hingga November 1993, adalah kolaborasi musisi yang sebagian besar juga di band milik Lukather Los Lobotomys. Rekan band Toto Simon Phillips dan David Paich berpartisipasi serta David Garfield, John Peña, Chris Trujillo, Lenny Castro, Larry Klimas, Fee Waybill, Richard Page, dan Paul Rodgers. Lukather merekam album di sebagian besar pertunjukan langsung dengan sedikit overdubbing. Beberapa penggemar internasional bingung tentang apakah Candyman adalah album Steve Lukather atau album Los Lobotomys. Rilisan Candyman di Jepang dan AS berada di bawah nama Los Lobotomys dan bukan milik Lukather; Rilisan Jepang juga menampilkan sebuah versi lagu Hendrix "Red House". Perilisan dari Candyman Eropa dikreditkan ke Lukather sendiri. Selain itu, band tur untuk album ini kadang-kadang diperkenalkan sebagai "Steve Lukather and Los Lobotomys" dan kadang-kadang hanya "Los Lobotomys". Lagu "Borrowed Time" dirilis sebagai single di Eropa dan menyertakan "Red House" sebagai B-side. 
 

Lukather menggambarkan Luke tahun 1997 sebagai album yang jauh berbeda dan lebih "introspektif" dari dua usaha solo sebelumnya. Album ini adalah koleksi terkonsentrasi dari banyak pengaruh musik milik Lukather, dan ia sengaja membiarkan pengaruh itu muncul di album. Luke adalah album eksperimental, dan seperti Candyman, rekamannya sebagian besar dalam sesi langsung dengan sedikit overdubbing dan pemrosesan sesudahnya. Luke juga memiliki instrumentasi yang tidak terdengar pada album Lukather sebelumnya: pedal steel, Harmonica, Mellotron, dan gitar , bass, dan suara drum eksperimental. Versi AS dari Luke memasukkan sebuah versi dari lagu Jeff Beck "The Pump". Lagu "Hate Everything About U" dirilis sebagai single. 
 

Santamental, dirilis pada Oktober 2003, adalah proyek kolaborasi yang menampilkan beberapa musisi terkemuka seperti gitaris Eddie Van Halen, Slash, Steve Vai, dan drummer Gregg Bissonette. Ketika perusahaan rekaman Lukather, Bop City Records, mendekati dia tentang merekam album Natal, dia menjawab dengan gurauan tentang kesesuaiannya untuk proyek tersebut. Perusahaan ingin dia melakukan rekaman itu karena mengetahui dia akan mendekati proyek dengan sudut yang unik dan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari album Natal yang khas. Lukather merekrut keyboardist Jeff Babko dan gitaris Larry Carlton, yang telah bekerja dengan Lukather sebelumnya, untuk membantu mengaransemen lagu-lagu. Proyek ini merupakan tantangan bagi Lukather, yang harus kreatif untuk mengubah lagu-lagu tradisional sederhana menjadi sesuatu yang menarik bagi pendengar tanpa mengubah struktur fundamental. Dia mengatakan tentang album ini, "Tapi saya tidak pernah bermimpi dalam sejuta tahun bahwa saya akan mengerjakan rekaman Natal." 
 

Para musisi yang dipilih Lukather untuk Santamental, yang sebagian besar terlibat dalam genre hard rock, memberikan nuansa berat pada album. Van Halen merekam suara gitar untuk "Joy to the World" setelah tidak berada di studio untuk beberapa waktu tetapi segera membuat kesan pada Lukather dengan level permainannya. Vai memberikan karya gitar untuk "Carol of the Bells" bersama dengan putra Lukather, Trevor, yang saat itu berusia 14 tahun. Slash, yang merekam bagiannya dalam satu pengambilan, bermain di komposisi Lukather/Stan Lynch "Broken Heart for Christmas". Lukather sangat memuji Slash setelah proyek ini, menyebutnya "Keith Richards of our generation". Gitaris sesi terkenal Michael Landau bermain di lagu "Look Out For Angels", dan ada versi dari "Jingle Bells" menampilkan sebuah big band dan dinyanyikan oleh Sammy Davis, Jr. Santamental direkam dalam enam hari, setelah itu Lukather memproklamirkannya "his first and last Christmas album". 
 

Ever Changing Times, dirilis pada 22 Februari 2008, adalah kumpulan lagu yang direkam oleh Lukather pada tahun 2007 diantara tur Toto. Album ini berisi kontribusi dari sesama musisi sesi Bill Champlin, Abe Laboriel, Jr., Leland Sklar, Steve Porcaro, dan banyak lainnya. Anak Lukather, Trevor juga berkontribusi. Joseph Williams menyediakan vokal latar di lima trek. Lukather menulis lagu untuk album di kamar hotel bersama putranya dan beberapa musisi lain, menggunakan peralatan dasar. Filosofi penulisan lagunya adalah jika sebuah lagu terdengar bagus hanya dengan gitar dan vokal, itu mungkin akan terdengar bagus setelah produksi penuh. Lukather bekerja sama dengan engineer dan produser pemenang Grammy Award, Steve MacMillan dalam proyek ini, dengan tujuan memperkenalkan beberapa metode dan teknik baru ke dalam proses perekaman. Lukather mendeskripsikan trek terakhir sebagai "perfectly imperfect", lebih suka merekam dengan band pendukung lima orang dalam satu ruangan dan dalam satu pengambilan. MacMillan mendorong Lukather untuk menggunakan "nada-nada organik, vintage". Akibatnya, Lukather menghindari efek dan memainkan bagian gitar langsung melalui amplifier tabung yang diproduksi oleh Marshall, Vox, dan beberapa merek butik. Lukather berkomentar bahwa MacMillan menjabat sebagai "telinga kedua" yang berharga di studio, sering kali mendorongnya untuk menyimpan bagian-bagian yang biasanya akan dibuangnya. Saat Toto baru dibubarkan ketika Ever Changing Times dirilis, Lukather melakukan tur solo untuk mempromosikan album. Acara ini menampilkan campuran lagu dari album, lagu yang ditulis untuk proyek sampingan lainnya, dan "beberapa ketidakjelasan Toto".

Album studio keenam milik Lukather, All's Well That Ends Well, dirilis pada 11 Oktober 2010, di Eropa dan Jepang, dan 16 November sebagai unduhan digital di seluruh dunia. Materi yang ditulis sebagian besar dikerjakan bersama dengan rekan lama C.J. Vanston, dan album ini menampilkan musisi pendukung dari band tur milik Lukather. Penulis lagu Randy Goodrum, yang telah bekerja sama dengan Lukather berkali-kali selama bertahun-tahun termasuk pada single Toto 1986 yang berjudul "I'll Be over You", berkontribusi pada lagu "Brody's". All’s Well That Ends Well menarik dari pengalaman pribadi Lukather dalam dua tahun sejak Ever Changing Time. Kritikus Arlene Weiss mencatat bahwa album ini menampilkan tiga rasa musik yang berbeda: satu yang "mengosongkan jiwa dan sakit hati emosional (milik Lukather)", salah satu yang mengangkat elemen budaya populer seperti TMZ.com, dan yang mengekspresikan optimisme dan antusiasme tentang masa depan. Sementara Lukather fokus pada penulisan instrumental dan produksi pada album sebelumnya tetapi berkolaborasi dengan penulis lirik, dia menulis banyak lirik untuk All's Well yang Ends Well sendiri. Lukather menggambarkan album ini sebagai refleksi "nyata" dan "jujur" periode antara 2008 dan 2010, ketika ia mengalami kesulitan dalam kehidupan pribadinya.

Pada Desember 2011, Lukather mengumumkan permulaan pekerjaan dari Transition. Album ini diproduksi dengan penulis lagu dan produser rekaman C.J. Vanston dan melibatkan musisi Chad Smith, Gregg Bissonette, Leland Sklar, Steve Weingart, dan lain-lain. Sepanjang 2012, Lukather merilis catatan dan berita tentang pengembangan album melalui situs webnya. Judul diumumkan pada 12 Oktober 2012. Album ini dirilis 21 Januari 2013.

Ketika tidak bekerja dengan Toto, Lukather berpartisipasi dalam berbagai proyek sampingan termasuk bermain dengan band jazz fusion Los Lobotomys dan dengan musisi sesi lainnya, dan tur bersama Larry Carlton, Joe Satriani, Steve Vai, dan lain-lain.

Lukather adalah anggota lama dari band Los Lobotomys, sebuah kolaborasi dari musisi sesi termasuk jazz dan pemain be-bop David "Creatchy" Garfield dan drummer Toto Jeff Porcaro, diganti setelah kematiannya oleh Simon Phillips, yang juga menggantikan Porcaro di Toto. Los Lobotomys terbentuk pada pertengahan 1980-an dan memainkan pertunjukan reguler di daerah Los Angeles, sering mengundang musisi sesi apa pun yang tersedia dan di daerah tersebut. Mereka merekam sebuah album di bawah nama Los Lobotomys pada tahun 1989, dan band ini sangat terlibat dalam rekaman Candyman milik Lukather. Los Lobotomys merekam sebuah album live pada 2004 yang terdiri dari beberapa lagu dari Candyman dan dari album 1989.

Pada tahun 1998, Lukather menerima undangan untuk tur Jepang dengan sesama gitaris Larry Carlton setelah promotor Jepang meminta agar tur tahunan Carlton masing-masing berbeda dari yang terakhir. Lukather dan Carlton bertukar beberapa materi rekaman dan memutuskan bahwa kolaborasi akan menarik. Lukather merasa tersanjung dengan undangan untuk tur dengan Carlton, mengutip dia sebagai gitaris favoritnya. Lukather sangat memuji upaya panggung mereka, meskipun keduanya diakui di luar wilayah kerja normal mereka. Dia menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa "Anda dapat mendengar kami bersenang-senang dalam rekaman — Anda dapat mendengar senyuman di wajah kami." Setelah beberapa pertunjukan, duo ini menyadari bahwa mereka harus merekam kolaborasi mereka meskipun hanya untuk mereka sendiri. Steve Vai mendengar salah satu rekaman berikutnya dan menyatakan minatnya untuk merilisnya di bawah label Favored Nations miliknya, juga rumah bagi seniman seperti Eric Johnson dan Dweezil Zappa. Vai dan Lukather mencampur dan memproduksi rekaman, yang dikatakan sebagai campuran dari musik jazz, blues, dan fusion. Album yang dihasilkan, No Substitutions: Live in Osaka, memenangkan penghargaan Grammy 2001 untuk Best Pop Instrumental Album. Pengulas album menggambarkan Lukather memiliki gaya yang lebih berat daripada Carlton. Lukather dan Carlton kemudian melakukan tur internasional untuk mendukung album ini.

Pada tahun 2005, Lukather memenangkan pujian kritis untuk membawakan lagu Jimi Hendrix "Little Wing" pada perayaan ulang tahun gala ke-90 untuk gitaris jazz Les Paul. Kembali setelah lima tahun absen, Tur G3 2012 menampilkan Lukather bersama Joe Satriani dan Steve Vai.

Pada musim gugur 2006, Lukather menyumbangkan versi cover-nya dari lagu Michael Landau "I'm Buzzed" (berasal dari album Tales From The Bulge milik Landau) dari rekaman langsung proyek band sampingannya, El Grupo, ke proyek album Artists for Charity - Gitaris 4 the Kids, diproduksi oleh Slang Productions, untuk membantu World Vision Canada dalam membantu anak-anak yang kurang mampu yang membutuhkan.

Pada Februari 2012, Ringo Starr mengumumkan bahwa Lukather akan menjadi gitaris di All Starr Band untuk tur musim panas mereka. Lukather telah melakukan tur dengan ensemble itu sejak saat itu, menampilkan tiga lagu Toto ("Hold the Line," "Rosanna," dan "Africa") setiap malam.

Lukather secara berkala menyumbangkan materi dan keahlian untuk perusahaan-perusahaan instruksional dan pendidikan. Pada 1985, ia merilis video gitar "Star Licks" instruksional yang menampilkan banyak bagian gitar dari lima album studio Toto pertama. Itu dirilis pada DVD pada tahun 2005. Gitaris ini juga telah berpartisipasi dalam proyek Fermatta Master Class Series, sebuah kerjasama pendidikan yang diselenggarakan oleh Fermatta Music Academy di Meksiko.

Selama beberapa tahun terakhir, Lukather juga tampil dengan proyek sampingannya Nerve Bundle di The Baked Potato di Studio City, CA sekitar waktu Natal. Band ini juga menampilkan: Toss Panos pada drum, Jeff Babko pada keyboard dan Jorgen Carlsson pada bass.

Dipengaruhi oleh gitaris blues-rock seperti Eric Clapton, Jeff Beck, Jimi Hendrix dan Jimmy Page, dan pemain fusion jazz seperti John McLaughlin, dan Al Di Meola, Lukather dikenal dengan gaya permainan "melodis dan intens". Dia juga menyebut Steely Dan sebagai pengaruh lama yang utama — salah satu yang muncul dalam kerja solo di kemudian hari seperti All's Well That Ends Well . Jurnalis Jude Gold mencatat bahwa vibratonya sangat terasa dan "bending lebarnya yang berlebihan" adalah khas dan mudah dikenali. Berpengalaman dalam teori musik, Lukather dapat mengikuti grafik chord dan perubahan dalam cara yang khas musisi jazz — kemampuan ini meningkatkan nilainya sebagai musisi sesi. Dalam wawancara, dia telah menjelaskan bagaimana dia berpikir tentang gitar dalam format "chordal cluster", dan bukan format "skala linear" biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...