Laman

Minggu, 30 Oktober 2016

FRANK DELGADO




Pemain kibord dan turntables dari Deftones ini dilahirkan pada 29 Nopember 1970 di Los Angeles, AS.

Frank Delgado tampil di band asal Los Angeles, Socialistics, yang sering menjadi band pembuka bagi Deftones, saat band asal Sacramento itu mulai memintanya untuk menghadirkan suara dan sample tambahan di musik mereka. Dia menjadi musisi tamu di beberapa lagu dari album pertama dan kedua milik grup itu, Adrenalin dan Around the Fur, dan diangkat secara resmi sebagai anggota grup sebelum merekam rilisan ketiga White Pony (2000).


Di akhir 1990an dan awal 2000an, suatu hal yang tidak umum untuk grup hard rock atau heavy metal untuk memiliki seorang DJ. Namun, Frank membuat perbedaan dengan kreatifitasnya; permainannya sangat langka dengan scratching yang tradisional atau beat juggling. Lebih jauh, dia menggunakan turntable sebagai sampler untuk meningkatkan sound dan tekstur ke dalam musik, terutama musik elektronik, ambient atau bahkan musique concrete dari tahun 1940an dan 50an. Contooh yang bagus dari sentuhan khas Frank adalah “MX” (dari Around the Fur) yang berisi tertawa manusian yang terdistorsi dan dan suara aneh dari gelas yang pecah dalam gerak lambat; “Digital Bath” dari White Pony berisi suara air.

Dengan album keempat milik band, Deftones, Frank mulai menekankan pada kibord dan synthesizer sebagai bagian dari repetoirnya. Frank juga berkomentar bahwa dia menciptakan samplenya sendiri, dari pada menggunakan sample yang telah direkam atau meminjam sound dari artis lainnya.

Frank juga seorang DJ kolektif yang dikenal sebagai Decibel Devils bersama dengan DJ Crook, yang juga terlibat dalam Team Sleep, sebuah proyek sampingan dari frontman Deftones Chino Moreno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...