Laman

Rabu, 19 Oktober 2016

BILLY COX




Dilahirkan dengan nama William Cox pada 18 Oktober 1941 di Wheeling, West Virginia, AS, adalah bassis Amerika, dikenal untuk tampil dengan Jimi Hendrix. Cox adalah anggota yang tersisa dari tiga anggota band Jimi Hendrix, termasuk barisan asli Experience (yang tidak menyertakan Cox); dia ada di trio Band of Gypsys dan setelahnya Cry of Love (alias Jimi Hendrix New Experiene). Cox juga ada di band Hendrix yang singkat Gypsy Sun and Rainbows (ada anggota yang masih hidup dari grup ini) yang bermain di Woodstock, sebelum formasi Band of Gypsy. Cox terus memainkan jadwal dengan Band of Gypsys Experience dan Experience Hendrix Tour.

Cox dibesarkan di Pittsburgh, Pennsylvania, dan belajar di Schenley High School. Cox bertemu Jimi Hendrix saat mereka di ketentaraan di Fort Campbell, Kentucky pada 1961. Sementara menggunakan kamar mandai di Service Club #1 selama hujan badai mendadak, dia mendengar gitar dimainkan di dalam. Kagum dengan apa yang dia dengar, dia memperkenalkan dirinya, berkata pada Hendrix dia bermain bass, dan mereka bermain bersama tidak lama kemudian. Mereka menjadi, dan tetap, berteman secara cepat. Mereka meninggalkan militer di waktu bersamaan dan mereka bermain di klub sekitar Clarksville, Tennessee, akhirnya pindah ke Nashville. Mereka membentuk sebuah grup bernama the King Kasuals. Mereka bermain di klub-klub Nashville, terutama Del Morocco, dan terkadang mengadakan pertunjukan kecil di wilyaha tenggara, pernah hingga ke Indianapolis memainkan apa yang disebut “Chitlin’ Circuit”. Cox dan Hendrix bermain di band pendukung untuk Marion James sekitar waktu ini. Hendrix akhirnya meninggalkan Nashville, bermain di seluruh AS di grup pendukung dari beberapa artis terkenal, yang paling sering Little Richard dan The Isley Brothers, hingga dia “diketemukan” oleh Chas Chandler di New York. Chandler membawa Hendrix ke Inggris (darimana dimulainya nama besar Hendrix), tapi sebelum Hendrix pergi dia memanggil Cox dan memintanya untuk bergabung dengannya. Cox (dalam istilahnya sendiri) “hanya memiliki tiga senar di bass saya” dan tidak punya uang untuk pergi ke New York, maka dia berterima kasih pada Hendrix dan berharap yang terbaik buat Hendrix. Dari 1962 hingga 1968 Cox mendapatkan pengalaman musik dan membangun keahliannya sendiri. Cox bermain bass di acara tv R&B pelopor, “Night Train” di Nashville dan kemudian “The!!!! Beat” dari Dallas, Texas, bekerja secara dekat dengan Hoss Allen dan John Richbourg dari WLAC Radio. Billy Cox bermain di belakang banyak artis terkenal. Dia sudah menjadi anggota dari band tetap atau tur atau sesi tekaman untuk Sam Cooke, Slim Harpo, Joe Simon, Charlie Daniels, Rufus Thomas, Carla Thomas, Lou Rawls, Etta James, Jackie Wilson dan Little Richard.


Pada 1969, beberapa bulan sebelum bassis Noel Redding meninggalkan Jimi Hendrix Experience, Hendrix memanggil teman lamanya Cox, yang bergabung dengannya di New York sebagai bassis studionya. Menyusul pembubaran the Experience, Cox menjadi anggota dari grup eksperimental Hendrix, sementara bernama Gypsy Sun and Rainbows. Grup ini bermain di Woodstock dan dua pertunjukan biasa di New York sebelum dibubarkan. Hendrix kemudian membentuk grup singkat lainnya dengan Cox dan Buddy Miles, the Band of Gypsys. Mereka merekam LP live untuk membayar hutang pada mantan manajer Ed Chalpin sebagai bagian persetujuan legal. Menyusul pembubaran mereka, Cox memainkan serangkain pertunjukan dengan Hendrix dan Mitch Mitchell di New Experience yang direformasi, bernama The Cry of Love. Selain rilisan Band of Gypsys, permainan bass Cox dapat didengar pada beberapa album rilisan Hendrix seperti South Saturn Delta, Live at Woodstock, Live at the Fillmore East, Nine to the Universe, dan versi rekonstruksi dari First Rays of the New Rising Sun, selain video seperti Live at the Isle of Wight 1970, Live at Woodstock, The Dick Cavett Show, Rainbow Bridge, dan Jimi Hendrix.


Pada 1971, Cox merilis albumnya Nitro Function dengan Char Vinnedge (dari Luv’d Ones) dan Robert Tarrant dan Jim Dant. Cox bermain dengan lainnya, termasuk the Charlie Daniels Band, juga sebagai dalam jadwal sesi dan live. Selama 70an dan 80an, Cox terus sebagai bagian dari rilisan musik Jimi saat rilisan Hendrix masih terus dirilis.

Pada 1995, Cox bersama dengan Mitchell, Redding dan Miles mulai berpartisipasi dalam penghormatan Hendrix dan tur. Pada 1999, Cox muncul di album milik Bruce Cameron, Midnight Daydream, yang meliputi alumni Hendrix lainnya Mitchell dan Miles bersama dengan Jack Bruce dan lainnya. Cox juga menampilkan beberapa jadwal bersama dengan Kitchell dan gitaris Gary Serkin dengan sebuah band penghormatan Hendrix bernama Gypsy Sun Experience.

Cox bekerja pada First Rays of the New Rising Sun, album studio keempat Hendrix, yang dibuat pada saat kematian Hendrix. Cox juga dikenal sebagai pembicara tamu di seminar musik tingkat Universitas. Dalam kapasitas ini dia sangat membantu untuk mengaspirasi musisi dengan meluangkan waktu dengan mereka dalam sesi diskusi dan demonstrasi. Semangat berbagi ini dan membantu musisi lainnya serupa dengan visi mantan pimpinan bandnya Hendrix yang menyiapkan musisi dengan lingkungan rekaman tanpa sebuah tekanan (termasuk pengembalian biaya jika diperlukan) di studio legendaris Electric Lady yang berlokasi di Greenwich Village, NYC.

Pada 2004, Miles bereuni dengan Cox dari Band of Gypsy untuk merekam ulang lagu-lagu dari album live asli dari 1970 dengan gitaris Eric Gales, Kenny Olsen, Sheldon Reynolds, Andy Aledort dan Gary Serkin. Album ini, berjudul The Band of Gypsys Return, dirilis pada 2006.

Pada 8 September 2006, Cox menyebut dalam sebuah wawancara di acara pagi KQRS-FM bahwa dia dapat didengar bermain bass pada lima dari notasi pertama dari Jimi Hendrix yang bermain di Woodstock menampilkan “Star Spangled Banner” yang terkenal. Peampilan ini secara lengkap dibawakan menurut dia. Dia berkata dia berpikir pada diri sendiri pada saat itu, “Saya menyadari kami belum melatih lagu ini, saya seharunsya menyerah.” Dia melakukan tur dengan Hendrix (dengan Mitch Mitchell pada drum), biasanya dengan nama ‘the Jimi Hendrix Experience’, dari 25 April hingga 6 September 1970 di tur Cry of Love. Cox tinggal di Nashville, Tennessee, dimana dia tetap aktif dalam musik, dan bertindak sebagai duta untuk Jimi Hendrix, musik, dan filosofinya.

Hingga 12 Nopember 2008, Cox adalah satu-satunya anngoat yang masih hidup baik dari The Jimi Hendrix Experience dan the Band of Gypsys. Pada 12 Oktober 2009, Cox dilantik ke dalam Musician’s Hall of Fame dalam sebuah seremoni yang diadakan di The Schermerhorn Symphony Center di Nshiville, Tennessee. Dia saat ini bermain dengan the Experience Hendrix, sebuah band penghormatan Hendrix yang melakukan tur semi rutin menampilkan gitaris terkenal dan mantan kolaborator Hendrix. Album solo milik Billy Last Gypsy Standing dirilis pada 2009. Pada 2009, dia juga dilantik ke dalam Musicians Hall of Fame and Museum di Nashville, TN.

Kini, Cox memiliki sebuah perushaaan produksi video. Dia sudah menghasilkan sejumlah acara blues dan gospel. Dia ikut menulis buku, Jimi Hendrix Sessions dan Ultimate Hendrix dengan John McDermott dan Eddie Kramer. Billu menjadi penerima berbagai penghargaan dan penghormatan antara lain: Pada 2009 Cox dilantik ke dalam The Musicians Hall of Fame: Billy menerima The Founders Award pada 2010. Itu diberikan oleh pendiri Microsoft, Paul Allen dan pada 2011 Billy dilantik ke dalam West Virginia Music Hall of Fame. Billy merilis Old School Blue Blues, pada 2011 dan terus melakukan tur dengan “The Experience Hendrix Tour” setiap tahun dan Band of Gypsys Experince milikya. Dia merilis single Run menampilkan penyanyi dan penulis lagu Marlon Alarm pada November 2011 dan rilisan terkininya “Unfiltered” keluar pada akhir 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...