Laman

Minggu, 30 Oktober 2016

KEVIN DUBROW




Dilahirkan dengan nama Kevin Mark DuBrow pada 29 Oktober 1955 di Los Angeles, AS. Dia menjadi vokalis utama Quiet Riot mulai tahun 1975 hingga 1987 dan lagi dari tahun 1990 hingga kematiannya di tahun 2007.

Kevin dibesarkan di Los Angeles, dan kemudian menetap di lingkungan Los Angeles, Van Nuys di usia 13 tahun. Pada saat tertentu, dia belajar memainkan gitar 12 senar. Kevin dibesarkan dalam keluarga Yahudi dan memiliki nama panggilan “Butch”. Band pertamanya terdiri dari dari anak-anak berusia 11 tahun yang hanya manggung sekali, di hadapan warga yang pada umumnya tidak mengenal musik rock. Saat berada di pertengahan usia remaja dia mulai mengenal sejumlah band rock asal Inggris antara lain Small Faces, Queen, Spooky Tooth, Rod Stewart dan Humble Pie. Penyanyi Steve Marriott meninggalkan dampak besar pada diri Kevin dan bertindak sebagai kompas pada karir musiknya. 


Quiet Riot dibentuk oleh Randy Rhoads dan bassis Kelly Garni (yang kemudian digantikan oleh Rudy Sarzo) di tahun 1975, yang merekrut Kevin dan drummer Drew Forsyth. Lineup ini dibubarkan di tahun 1980 saat Rhoads bergabung dengan band Ozzy Osbourne, dengan Rhoads sendiri yang memilij Greg Leon sebagai penggantinya. Untuk beberapa saat nama band berubah menjadi Dubrow, yang memiliki rotasi lineup anggota antara lain Leon, Chuck Wright, Frankie Banali, dengan kakak adik Tony dan Carlos Cavazo, Kevin merubag nama band kembali ke Quiet Riot. Rudy Sarzo meninggalkan band Osbourne dan ikut kembali dengan Quiet Riot sebelum perilisan album Metal Health, yang memuncaki chart, membuat Quiet Riot sebagai band metal pertama yang mencapai status nomor satu di album debut mereka (rilisan AS). Single-single mereka antara lain “Cum on Feel the Noize (aslinya ditulis dan direkam oleh band Inggris, Slade di tahun 1973), dan “Metal Health (Bang Your Head)”.


Di bulan Februari 1987, Kevin dipecat dari Quiet Riot. Tak lama kemudian, dia menandatangani kontrak dengan Kim Richards untuk manajemen pribadi. Dengan bantuan Richards, Kevin membentuk dan merekam dengan band baru bernama Pretty Women. Richards, yang saat itu mengerjakan soundtrack untuk film Switch oleh Blake Edwards, mengatur supaya Kevin menulis “Slam Dunk” untuk dimasukkan dalam soundtrack film tersebut.

Di tahun 1991, Kevin bersatu kembali dengan mantan rekan sebandnya di Quiet Riot Carlos Cavazo dan Kenny Hillarry dan mantan drummer Rainbow Bobby Rondinelli di sebuah band baru bernama Heat (Quiet Riot terus jalan di tahun 1988 dengan penyanyi baru Paul Shortino dari Rough Cutt tapi kemudian dibubarkan). Di tahun 1993, Heat mengganti nama mereka menjadi Quiet Riot dan Banali ikut kembali pada drum.


Quiet Riot tetap berlanjut selama 90an dengan beberapa kali perubahan musisi, antara lain reuni penuh dengan lineup era Metal Health. Mereka merilis album-album Terrified (1993), Down to the Bone (1995), Alive and Well (1999) dan Guilty Pleasures (2001).

Di tahun 2004, setelah Quiet Riot bubar di tahun 2003, Kevin merekam kumpulan cover version untuk album solo pertamanya, In for the Kill. Album ini direkam di rumah Kevin di Las Vegas, Nevada.

Selama tahun 2006, Quiet Riot mengerjakan album studio baru yang diharapkan dapat dirilis di tahun 2006 atau 2007. Band mengatakan bahwa mereka belum bisa memastikan jadwal perilisan album ini, bahwa mereka membiayai proyek ini sendiri, dan akan merilisnya saat waktunya tepat. Albumnya berjudul Rehab, dirilis pada 3 Oktober 2006. Lineup album ini adalah Kevin, Banali, Tony Franklin, dan Neil Citron. Penyanyi Glenn Hughes juga menjadi bintang tamu di album ini.


Kevin mempunyai hobi fotografi dari saat dia remaja, sering mengambil foro di konser rock ‘n roll. Melalui minta itu, dia bersahabat akrab dengan Ron Sobol. Keduanya bertukar foto yang mereka ambil di konser-konser. Sobol akhirnya menjadi fotografer utama dan penata lampu bagi Quiet Riot. Kevin berpacaran dengan radio DJ Las Vegas, Lark Williams, putus tak lama sebelum kematiannya.

Pada 25 Nopember 2007, Kevin ditemukan tewas di rumahnya di Las Vegas. Teman-temannya tidak bisa menghubungi Kevin selama 1 minggu, dan dia tidak hadir di acara Thanksgiving yang dia atur dan juga sebuah pesta yang diadakan oleh temannya Glenn Hughes. Menurut Hughes, Kevin mengatakan padanya beberapa hari sebelum dia tidak bisa dihubungi bahwa dia akan merubah gaya hidupnya.

Sebab kematian diyakini karena overdosis kokain. Juga diperkirakan bahwa dia sudah meninggal sekitar 6 hari sebelum ditemukan, 19 Nopember 2007.

Kevin dimakamkan di Pacific View Cemetary di Corona del Mar, California bersebelahan dengan ayah tirinya Harold Mandell. Seorang rabi memimpin pemakamannya pada 30 Nopember 2007. Bebepara teman Kevin memberikan bela sungkawanya; Frankie Banali, Ron Sobol, Glenn Hughes, dan Carrie. Upacara pemakaman itu dilakukan secara tradisional.

“Dia adalah salah satu penyanyi rock terbaik yang pernah ada,” kata Blackie Lawless, penyanyi-gitaris W.A.S.P, saat dikontak salam perjalanan turnya ke Jerman. “Dia memiliki suara seperti silet yang memotong tubuhmu. Dan kini suara itu sudah diam.”

“Dia salah satu orang yang aku jumpai saat aku datang ke LA,” kata Lawless, menambahkan dia telah berteman selama 40 tahun. “Kevin dan aku memiliki pertemanan yang unik, karena gaya kami mirip, dan kami berdua memiliki usia yang sama. Gig ketiga yang aku mainkan di LA adalah dengannya dan Quiet Riot, saat gitaris Randy Rhoads masih dengan band.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...