Laman

Sabtu, 15 Oktober 2016

JUSTIN HAYWARD


Dilahirkan dengan nama Justin David Hayward 14 Oktober 1946 adalah musisi Inggris yang dikenal sebagai penulis lagu, penyanyi utama, dan gitaris untuk band rock the Moody Blues. Pada 2018, Hayward dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame bersama the Moody Blues.

Hayward dilahirkan di Dean Street, Swindon, Wiltshire, Inggris, dan dididik di Shrivenham School di Berkshire dan Commonweal School di Swindon. Ia bermain di beberapa band sejak usia dini pada 15 tahun ketika ia membeli Gibson 335, sebuah gitar yang muncul di hampir semua rekaman sepanjang kariernya, dan sebuah amplifier Vox AC30. Semua gitar sebelumnya "tidak memuaskan" dan membutuhkan modifikasi. Ia tampil dengan kelompok Swindon lokal di klub dan ruang dansa memainkan sebagian besar lagu Buddy Holly. Salah satu kelompok awal dari Hayward adalah All Things Bright, yang membuka untuk The Hollies dan Brian Poole and the Tremeloes. Pada usia 17, ia menandatangani kontrak penerbitan delapan tahun sebagai penulis lagu dengan artis skiffle dan produser rekaman Lonnie Donegan, sebuah langkah yang kemudian disesalkan oleh Hayward, karena itu berarti hak atas semua lagu yang ditulisnya sebelum 1974 akan selalu dimiliki oleh Tyler Music milik Donegan. Pada tahun 1965 ia menjawab iklan di Melody Maker dan mengikuti audisi sebagai gitaris untuk Marty Wilde dan ia melanjutkan untuk bekerja dengan Wilde dan istrinya di The Wilde Three.

Pada tahun 1966, setelah menjawab iklan lain di Melody Maker, kali ini ditempatkan oleh Eric Burdon dari The Animals, Hayward dihubungi oleh Mike Pinder dari Moody Blues setelah Burdon menyampaikan surat terakhir dan piringan demo Hayward ke Pinder. Dalam beberapa hari, Hayward telah menggantikan vokalis dan gitaris Moody Blues yang pergi Denny Laine. Bassist John Lodge menggantikan wakil sementara Rod Clarke, yang menggantikan bassist Clint Warwick pada saat yang sama. 
 

Setelah memulai dengan menyanyikan repertoar yang terinspirasi blues lama dari era 1964–1965 milik Moody Blues, kontribusi artistik awal Hayward pada Moody Blues adalah lagunya "Fly Me High", yang merupakan single Decca awal tahun 1967. Lagu ini gagal masuk chart, tetapi memberi band revisi sebuah arah baru ke depan dari suara R&B yang selama ini mereka hasilkan hingga saat itu.

Lagu Hayward yang bercorak rock "Leave This Man Alone" kemudian digunakan sebagai sisi-B dari single mereka berikutnya di Decca, mendukung "Love and Beauty" milik Pinder (1967), rekaman Moody Blues pertama yang menampilkan Mellotron.

Integrasi Hayward dan Lodge ke dalam Moody Blues bersama dengan penggunaan Pinder dari Mellotron memicu kesuksesan dan pengakuan komersial yang lebih besar untuk band, mengubah mereka menjadi salah satu band musik pop dengan penjualan terbesar. Hayward berkata tentang Pinder: "Mike dan Mellotron membuat lagu saya berfungsi."

Album 1967 Days of Future Passed, salah satu album rock simfoni pertama dan paling berpengaruh, memunculkan single yang ditulis Hayward "Tuesday Afternoon" dan "Nights in White Satin". Rekaman terakhir kemudian terjual lebih dari dua juta kopi, masuk chart tiga kali di Inggris (1967, 1972, dan 1979), dan telah direkam oleh banyak artis rekaman lainnya. Lagu B-side Hayward "Cities" adalah sebuah lagu bertema ekologi awal.

Hayward menjadi gitaris/vokalis utama dari grup selama periode 1967-1974, dan penulis lagu dan komposer paling produktif dari beberapa single hit besar untuk band. Selama waktu ini, ia menulis lagu-lagu album yang mengesankan, termasuk: "Tuesday Afternoon" (awalnya bagian pertama, dengan (Evening) Time to Get Away milik Lodge, dari "'Forever Afternoon (Tuesday?)"), "The Actor", "Lovely to See You", "Never Comes the Day", I Never Thought I’d Live to Be a Hundred, "Gypsy (Of a Strange and Distant Time)", "It’s Up to You", "Dawning is the Day", "The Story in Your Eyes" (hit chart AS), "You Can Never Go Home", "New Horizons", "The Land of Make-Believe", dan "Island".

Hayward menulis hit nomor dua UK milik band "Question" serta "Voices in the Sky", "Driftwood", "The Voice", "Blue World", "Your Wildest Dreams", "I Know You're Out There Somewhere", "English Sunset", dan "December Snow"—semuanya, menulis 20 dari 27 single paska 1967 milik grup.

Selain membawakan vokal utama pada komposisinya sendiri, Hayward mengambil vokal utama atau vokalis utama bersama pada lagu anggota band lain, termasuk "Dawn is a Feeling" (Pinder), "Gimmie A Little Somethin'", "Is'nt Life Strange”, "Candle of Life" (Lodge), "After You Came", "I'll Be Level With You", "The Spirit", dan "Nothing Changes" (Edge).

Upaya The Moody Blues untuk datang dengan single hit lain selama 1967-68 telah merekam tiga komposisi Hayward lainnya; "Long Summer Days", "King and Queen", dan "What Am I Doing Here?", Yang semuanya kemudian dibiarkan tanpa pernah dirilis, tetapi bersama dengan lagu-lagu yang tidak dirilis oleh Pinder and Lodge mereka kemudian membentuk 'studio side four' dari rilisan 1977 dari Decca Caught Live Plus Five yang sebagian besar terdiri dari rekaman live konser Desember 1969 di Royal Albert Hall (dikeluarkan bertentangan dengan keinginan kelompok ini).

Hayward juga ikut menulis dengan Ray Thomas lagu-lagu album "Visions of Paradise", "Are You Sitting Comfortably", "Watching and Waiting", dan, lama kemudian, "Don’t Blame the Rainbows for the Rain", plus dia kemudian ikut menulis banyak lagu dengan John Lodge untuk Moody Blues, terutama antara lain "Gemini Dream" (sebuah hit chart AS), "Meet Me Halfway", "Talkin' Talkin'", "Want to Be with You", "Once is Enough", "Strange Times", dan "Sooner or Later (Walkin' on Air)”.

Lagu-lagu Hayward telah membuka setiap album Moody Blues di era 'pasca-Mike Pinder' sejak Long Distance Voyager pada tahun 1981, dan lagu-lagunya, baik komposisi solo maupun yang ditulis bersama engan Lodge, ditambah vokal utama, suara harmoni, dan permainan gitarnya, telah menjadi faktor penggerak utama dalam kerja dan kesuksesan berkelanjutan dari band sejak tahun 1981.

Penjualan album mereka dari tahun 1978 hingga sekarang total lebih dari 60 juta. Ini adalah perkiraan penjualan album mereka secara teratur, karena total penjualan album mereka sebelum 1978 diperdebatkan karena kurangnya data perusahaan rekaman resmi. Namun, periode 1967 hingga 1974 adalah ketika album mereka (dan single) masuk chart tertinggi di Inggris dan AS plus di seluruh dunia (lagu album "Melancholy Man" menjadi nomor satu di Perancis sebagai single pada tahun 1970) - Days of Future Passed menduduki puncak tangga lagu album AS pada rilisan ulang pada tahun 1972, kemudian diikuti ke dalam tangga album oleh album studio baru Seventh Sojourn.

Pada tahun 1974, Moody Blues memutuskan untuk mengambil apa yang akhirnya menjadi jeda selama empat tahun dari pertunjukan dan rekaman. Hayward terus bekerja dengan Lodge dan produser Tony Clarke, menggunakan musisi dari label milik Moody Blues, Threshold, dan terdengar sangat mirip dengan kelompok induk. Bersama-sama, mereka memiliki sebuah hit pada tahun 1975 dengan "Blue Guitar" (sebuah rekaman Hayward dengan band 10cc) dan merilis album berjudul Blue Jays .

Pada tahun 1977, Hayward merekam album solo pertamanya, Songwriter. Dia menikmati kesuksesan solo internasional pada tahun 1978 ketika ia muncul di album konsep Jeff Wayne’s Musical Version of the War of the Worlds, yang menghasilkan hitnya "Forever Autumn" dan "The Eve of the War". Wayne kemudian berkontribusi ke album 1980 milik Hayward, Night Flight.

Hayward mengeluarkan sebuah single non-album langka "Marie" yang didukung oleh "Heart of Steel" (Decca F13834) pada bulan April 1979, kedua sisi disusun olehnya, sisi 'A' yang didedikasikan untuk istrinya. Lagu-lagu ini kemudian dimasukkan di antara bonus trek di CD terbitan ulang dari album solonya Songwriter pada tahun 2004.

Selama tahun 1980-an, Hayward menyusun dan tampil untuk film dan televisi, termasuk lagu tema "It Won't Be Easy" untuk seri sains-fiksi BBC2 1987 Star Cops, "Something Evil, Something Dangerous" untuk film Howling IV: The Original Nightmare, "Eternal Woman" untuk film She, dan musik untuk serial televisi animasi The Shoe People.

Pada tahun 1989, dengan produser-arranger Mike Batt, Hayward merilis Classic Blue sebuah album standar pop yang ditulis oleh komposer lain yang diatur untuk orkestrasi yang diatur oleh Batt. Classic Blue memasukkan versi cover dari hit milik Led Zeppelin "Stairway to Heaven". Album solo milik Hayward The View from the Hill dirilis pada tahun 1996, dan sebuah rekaman langsung, Live in San Juan Capistrano, mengikuti pada tahun 1998.

Pada 10 Maret 1997, Hayward tampil dalam program milik BBC One, This Is Your Life with Michael Aspel.

Hayward berkontribusi vokal untuk sebuah lagu di album 1999 milik Rick Wakeman, Return to the Centre of the Earth.

Pada Juni 2003, ia memberikan beberapa penampilan di Rock and Roll Hall of Fame. Belakangan tahun itu, ia bernyanyi bersama penyanyi rock lainnya di album orkestra lain, yang terdiri atas lagu-lagu Moody Blues dengan Frankfurt Rock Orchestra, berjudul Justin Hayward and Friends Perform the Hits of the Moody Blues (atau dengan judul alternatif Justin Hayward and Friends Sing the Moody Blues Classic Hits). Hayward kemudian terlibat dalam sengketa hukum, yang sudah diselesaikan, dengan alasan dia tidak dibayar untuk partisipasinya di album.

Pada bulan April 2006, Hayward mengambil bagian dalam tur panggung dari Jeff Wayne's Musical Version of The War of the Worlds, mengulangi perannya pada musim gugur 2007 di Australia dan di Inggris pada Desember 2007. Dia melakukannya lagi di Inggris pada Juni 2009 dan muncul di tur pada bulan November dan Desember 2010.

The Moody Blues, dengan Hayward, Lodge, dan drummer asli Graeme Edge, terus melakukan tur secara ekstensif, dan dalam wawancara BBC World Service, Hayward dan Lodge menegaskan mereka tidak memiliki rencana untuk berhenti bekerja, menganggapnya sebagai "sebuah hak istimewa" untuk masih bekerja di industri musik. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2005, Edge mengatakan jika dia tetap dalam keadaan sehat, dia bisa bekerja selama 10 tahun lagi.

Pada tahun 2011, Hayward berkontribusi pada album penghargaan bluegrass Moody Blues, Moody Bluegrass TWO ... Much Love bersama dengan rekan band Moody Blues Lodge, Edge, Thomas, dan Pinder. Hayward menyanyikan vokal utama di lagunya "It’s Cold Outside Of Your Heart". Banyak komposisi Hayward lain yang ditampilkan dalam album ini serta Moody Bluegrass: A Nashville Tribute to The Moody Blues pada 2004.

Pada 10 Desember 2011, Hayward, bersama dengan Ian Anderson dari Jethro Tull dan Bruce Dickinson dari Iron Maiden, memainkan konser bersama di Canterbury Cathedral.

Pada Februari 2013, Hayward merilis album solonya, Spirits of the Western Sky pada label Eagle Rock. Dia melakukan tur solo dengan album ini di pantai Timur Amerika Serikat pada Agustus 2013, untuk mendapat banyak pujian, dengan keyboardist Moody Blues Alan Hewitt dan vokalis Julie Ragins. Aksi pembuka dan gitaris yang menyertainya di pertunjukan utama adalah Mike Dawes dari Inggris. Pertunjukan terakhir dari tur solo, di Atlanta, direkam oleh produser/sutradara David Minasian untuk sebuah proyek DVD live dan sebuah CD live. Direkam di Buckhead Theatre pada 17 Agustus, DVD yang dihasilkan, Spirits ... Live (2014), menampilkan konser lengkap bersama dengan dokumenter satu jam di belakang layar berjudul On The Road To Love yang menggambarkan tur Hayward 2013 Amerika, juga diarahkan oleh Minasian. Setelah dirilis oleh Eagle Rock/Universal pada Agustus 2014, DVD segera naik ke posisi #2 di tangga Video Billboard Music dan akan segera disiarkan oleh jaringan PBS. Dua kolaborasi Hayward/Minasian tambahan dengan cepat diikuti: Sebuah DVD konser difilmkan di Clearwater, Florida berjudul Watching and Waiting, dan The Story Behind Nights di White Satin, sebuah film dokumenter pemenang penghargaan yang mencatat asal-usul komposisi klasik 1966 milik Hayward.

Musim Semi 2016 terlihat rilisan lain Hayward dari produser/sutradara David Minasian. Berjudul Live in Concert at the Capitol Theatre, DVD ini berisi beberapa kejutan termasuk penampilan langsung pertama dari "You Can Never Go Home" dari LP 1971 Every Good Boy Deserves Favor. Juga ditampilkan adalah sebuah rekaman studio bonus dari lagu baru berjudul "The Wind of Heaven", sebuah komposisi bersama antara Minasian dan Hayward. Ditujukan sebagai tema utama untuk film yang akan datang, lagu, dengan video musik yang rumit yang disutradarai oleh Minasian, dirilis lebih cepat dari jadwal pada DVD bertepatan dengan tur solo AS milik Hayward pada 2016.

Pada April 2015, Hayward diwawancarai di acara Johnny Walker milik BBC Radio 2.

Pada Mei 2018, saat tur bersama Ragins dan Dawes, ia mengejutkan penonton Hamburg dengan membuka penampilan utama dengan "Out and In" oleh Mike Pinder.

Ditulis pada akhir satu perselingkuhan cinta dan permulaan kisah cinta lainnya, lagu "Nights in White Satin", menurut Hayward, "dalam pemujaan bagi semua wanita". Hayward menikahi model Ann Marie Guirron pada 19 Desember 1970. Putrinya Doremi, yang menyanyi di lagu "Raised on Love" pada album tahun 1977 milik Hayward, Songwriter, lahir pada 3 Desember 1972.

Pada 2013, Hayward berbicara tentang pembelajarannya Transcendental Meditation pada tahun 1967, bersama dengan anggota lain dari Moody Blues.

Hayward dianugerahi pertama dari berbagai penghargaannya dari American Society of Composers, Authors and Publishers (ASCAP) untuk penulisan lagu pada tahun 1974. Pada tahun 1985, Moody Blues meraih Ivor Novello Award untuk Kontribusi Luar Biasa untuk Musik, dan pada tahun 1988, Hayward menerima Novello, di antara penghargaan lainnya, untuk Composer of the Year (untuk "I Know You're Out There Somewhere"). Pada tahun 2000, ia adalah salah satu dari segelintir seniman Inggris untuk menerima penghargaan "Golden Note" untuk pencapaian seumur hidup oleh ASCAP. Pada tahun 2004, Hayward dianugerahi "Gold Badge" untuk Somgwriters, Composers and Authors. Pada Ivor Novello Award di London pada 16 Mei 2013 Hayward diberi PRS untuk Music Award for Outstanding Achievement (diberikan kepada Hayward oleh Marty Wilde).

1 komentar:

  1. Sayang nya di indonesia tdk banyak yg tau ttg dia dan band moody blues ini.. Lagunya emang kalah ngetop dari lagu2 lain di jalannya
    Saya aja baru mendengar night in white satibs di tahun 1980

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...