Laman

Selasa, 04 Oktober 2016

LINDSEY BUCKINGHAM




Dilahirkan dengan nama Lindsey Adams Buckingham di Palo Alto, California pada 3 Oktober 1949, dia adalah anak ketiga dan terakhir dari Rutheda (Elliott) dan Morris Buckingham. Dia mempunyai 2 orang abang, Jeff dan Greg. Tumbuh di komunitas Atherton di San Fransisco Bay Area, dia dan abang2nya diminta untuk mengikuti lomba renang. Walauoun dia keluar dari atletik untuk bermain musik, abangnya Greg memenangkan medali perak di Olimpiade 1968 di Mexico City. Lindsey bersekolah di San Jose State University tapi tidak lulus.

Keterlibatan pertama Buckingham ke dalam permainan gitar pada sebuah gitar Mickey Mouse mainan, bermain bersama koleksi lagu-lagu 45an milik kakaknya Jeff. Melihat bakatnya, orangtua Buckingham membelikannya sebuah gitar merk Harmony seharga $35.

Buckingham tidak pernah meengambil pelajaran gitar dan tidak membaca musik. Pada usia 13 tahun, dia tertarik dengan musik folk dan terpengaruh dengan metode banjo, mempraktekkan gaya enerjik dari the Kingston Trio. Dari 1966-1971, Buckingham menampilkan psychedelic dan folk rock dengan band Fritz di San Fransisco Bay sebagai bassis dan vokalis. Tidak lama setelah bergabung dengan Fritz, Buckingham mengundang temannya Stevie Nicks untuk masuk Fritz sebagai vokalis kedua. Hubungan romantis mereka dimulai setelah keduanya meninggalkan Fritz lima tahun kemudian.


Buckingham dan Nicks merekam tujuh demo pada 1972, kemudian pergi ke Los Angeles untuk mendapatkan kesepakatan rekaman. Pada 1973, Polydor Records mengontrak pasangan itu. Album mereka, diproduseri oleh Keith Olsen dan penata rekaman kedua Richard Dashut, Buckingham Nicks, dirilis pada September 1973; namun tidak lama setelah dirilis, Polydor mencoret duo itu karena penjualan yang rendah. Untuk membantu untuk mencari biaya hidup, Buckingham melakukan tur dengan band pengiring Don Everly, menyanyikan bagian Phil Everly.

Buckingham dan Nicks memulai sebuah tur singkat untuk mempromosikan album Buckingham Nicks, tidak lama setelah masuk Fleetwood Mac. Band tur menampilkan drumer Bob Aguierre (dari Fritz) dan Gary Hodges bermain secara simultan dan bassis Tom Moncrieff, yang kemudian bermain bass di album 1981 milik Stevie Nicks, Bella Donna. Saat mereka bermain di Alabama, sebuah wilayah dimana mereka melihat penjualan yang bagus, mereka berkata pada penggemar mereka bahwa mereka baru bergabung dengan Fleetwood Mac.

Buckingham Nicks tidak pernah dirilis dalam bentuk CD resmi.


Saat berada di studio rekaman Sound City di California, Mick Fleetwood mendengar lagu "Frozen Love" dari album Buckingham Nicks. Merasa tertarik, dia bertanya siapa gitaris di lagu itu. Kebetulan, Buckingham Nicks juga ada di demo rekaman Sound City, dan Buckingham dan Fleetwood diperkenalkan. Saat Bob Welch meninggalkan Fleetwood Mac pada Desember 1974, Fleetwood segera menghubungi Buckingham dan memberinya penawaran posisi gitaris yang lowong di bandnya. Buckingham mengatakan pada Fleetwood bahwa dia dan Nicks adalah sebuah tim dan bahwa dia tidak ingin bekerja tanpa Nicks. Fleetwood setuju untuk memperkerjakan mereka berdua, tanpa audisi.

Disamping dengan Fleetwood mac, dia juga merilis 6 album solo dan 3 album live. Sebagai anggota Fleetwood Mac, dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame di 1998. Di 2011. Dia ada di No. 100 di daftar “The 100 Greatest Guitarists of All Time” oleh majalah Rolling Stones.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...