Laman

Minggu, 30 Oktober 2016

PETER GREEN




Gitaris blues rock asal Inggris yang dikenal sebagai pendiri band Fleetwood Mac ini dilahirkan dengan nama Peter Allern Greenbaum pada 29 Oktober 1946 di Bethnal Green, London, Inggris. 

Dia pertama kali bermain di band bernama Bobby Dennis dan the Dominoes, yang membawakan lagu-lagu pop dan rock and roll, antara lain The Shadows. Dia kemudian menyatakan bahwa Hank Marvin adalah pahlawan gitarnya dan dia memainkan lagu the Shadows, Midnight di album tribute “Twang” di tahun 1996. Dia ikut dengan band rhythm and vlues the Muskrats, kemudian band bernama The Tridents dimana dia bermain bass. Di tahun 1996, Green memainkan gitar utama di band milik Peter Bardens “Peter B’s Looners”, dimana dia bertemu dengan drummer Mick Fleetwood. Peter B’s Looners jugalah yang membuatnya melakukan debut rekaman dengan single “If You Wanna Be Happy” dengan “Jodrell Blues”. Rekaman “If You Wanna Be Happy” adalah lagu instrumental oleh Jimmy Soul.


Setelah 3 bulan dengan grup Barden, Green memiliki kesempatan untuk mengisi tempat Eric Clapton di John Mayall & the Bluesbreakers untuk 3 konser. Tak lama, saat Clapton meninggalkan the Bluesbreakers, dia menjadi anggota penuh dari band milik John Mayall ini.
Green melakukan debut rekaman dengan the Bluesbreakers di tahun 1966 pada album A Hard Road yang dirilis tahun 1967. Kemudian Green memutuskan untuk membentuk bandnya sendiri dan meninggalkan Bluesbreakers.


Band baru Green, dengan mantan anggota Bluesbreakers Mick Fleetwood pada drum dan Jeremy Spencer pada gitar, awalnya bernama “Peter Green’s Fleetwood Mack featuring Jeremy Spencer”. Bob Brunning untuk sementara menjabat sebagai bassis, karena bassis pilihan pertama Green John McVie belum bergabung dengan band. Pada September 1967 John McVie menggantikan Brunning.

Setelah merilis beberapa album dan single yang sukses, pada 20 Mei 1970, Green meninggalkan Fleetwood Mac dikarenakan para anggota band lainnya tidak suka ketergantungannya akan obat-obatan mengganggu penampilan grup.

Setelah meninggalkan Fleetwood Mac, Green merilis album solo. Hingga kini dia sudah merilis album solo sebanyak 7 buaf. Dia juga menemani mantan teman seband Peter Bardens di album solo Barden, The Answer. Di tahun 1971 dia juga reuni dengan Fleetwood Mac untuk sementara, setelah gitaris Jeremy Spencer meninggalkan band. Dia memakaia nama Peter Blue. Dia juga melakukan rekaman dengan band milik Bobby Tench, Gass, sebuah single dengan Nigel Watson, sesi dengan B.B. Kings di London.


Green membentuk Peter Green Splinter Group di akhir 1990an, dengan bantuan Nigel Watson dan Cozy Powell. The Splinter Group merilis 9 album antara tahun 1997 dan 2004.

Banyak gitaris rock yang mengaku terpengaruh oleh Peter Green, antara lain Gary Moore, Joe Perry, Steve Hackett dan Andy Powell (Wishbone Ash).


Dia berada di rangking 38 dalam daftar milik majalah RollingStone “100 Greatest Guitarists of All Time”. Dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 1998 karena karyanya dengan grup. Di bulan Juni 1996 Green dipilih sebagai the third-best guitarist of all time di majalah Mojo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...