Laman

Senin, 03 Oktober 2016

MIKE RUTHERFORD




Dilahirkan dengan nama Michael John Cleote Crawford Rutherford pada 2 Oktober 1950 di Portsmouth, Hampshire, Inggris. Dia adalah anggota pendiri Genesis dan merupakan salah satu dari 2 orang anggota asli yang tersisa (yang lain adalah kibordis Tony Banks). Dia menggunakan nama lengkap Michael Rutherford di semua album grup dengan Peter Gabriel.

Mike menerima gitar pertamanya pada usia 8 tahun, dan bermain di band pertamanya, the Chesters (dinamakan begitu karena mereka tinggal dekat Chester) pada usia 9 tahun. Ayahnya Crawford Rutherford, adalah Kapten AL kerajaan yang menjadi manajer di sebuah industry setelah pensiun dari tugasnya. Mike bersekolah di Leas Prepatory di Hoylakedan pindah pada usia 13 tahun ke Charterhouse School, dimana dia ikut The Anon dan membentuk rekanan penulisan lagu dengan rekan gitaris Anthony Phillips.



Pada usia 15 tahun, mereka berdua membentuk Genesis dengan Tony Banks dan Peter Gabriel. Namun, Mike tidak suka dengan masa-masa sekolahnya dan kemudian dikeluarkan dari Charterhouse karena tidak mengikuti aturan yang diterapkan oleh sekolah itu.



Awalnya bertindak sebagai bass gitaris Genesis, dia juga memainkan sebagian besar bagian gitar ritem band – biasanya dengan gitar 12 senar – bersama dengan gitaris utama Genesis Anthony Phillips dan Steve Hackett. Menyusul kepergian Hackett dari Genesis di 1977, Mike mengambil alih peran gitaris utama tambahan di album-album studio milik band (dimulai dengan …And Then There Were Three… di 1978). Mike adalah salah satu penulis lagu utama Genesis selama karir mereka dan menulis lirik untuk beberapa hit internasional terbesar band, seperti “Follow You Follow Me”, “Turn It On Again”, “Land of Confusion” dan “Throwing It All Away”. Dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Genesis di 2010.


Selain bekerja dengan Genesis, Mike merilis 2 buah album solo pada awal 1980-an. Di 1985, dia membentuk sebuah band yang sukses Mike + The Mechanics, yang menjadi band dengan pencapaian chart tinggi dan aksi panggung yang signifikan, dan memperoleh Ivor Novello Award untuk single di 1988 “The Living Years”.


Lagu hit terbesar Mike + The Mechanics adalah “All I Need Is a Miracle”, “Word of Mouth”, “The Living Years”, “Silent Running” dan “Over My Shoulder.


Mike juga berkolaborasi dengan artis-artis lainnya, seperti dengan sesame rekan seband Peter Gabriel dan Phil Collins, di soundtrack Against All Odds, dengan lagu “Making A Big Mistake”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...