Laman

Kamis, 27 Oktober 2016

BILL WYMAN




Dilahirkan dengan nama William George Perks, Jr. pada 24 Oktober 1936 di Lewisham, South London, Inggris, putra dari William Perks dan Molly (Jeffery). Anak sulung dari 5 bersaudara, Wyman menghabiskan sebagian besar kehidupan awalnya dengan tinggal di sebuah teras rumah di salah satu jalanan yang padat di Sydenham, London sebelah selatan. Dia mendeskripsikan masa kecilnya sebagai “scarred by poverty”.

Dia bersekolah di Beckenham dan Penge County Grammar Schoold dari tahun 1947 hingga paskah 1953, pergi sebelum ujian GCE setelah ayahnya menemukan sebuah pekerjaan untuknya sebagai bookmaker dan memaksa untuk menerimanya.

Wyman mengambil les piano dari usia 10 hingga 13 tahun. Satu tahun sebelum pernikahannya pada 24 Oktober 1959 dengan Diane Cory, seorang pegawai bank berusia 18 tahun, dia membeli sebuah gitar listrik merk Burns seharga 52 pounds dari uang pinjaman, tapi tidak membuatnya puas dengan perkembangannya. Setelah mendengar sebuah gitar bass di konser Barron Knights, dia jatuh cinta dengan suaranya dan memutuskan untuk memilih alat musik itu. Dia menciptakan sebuah bass gitar listrik fretless dengan menghilangkan fret dari bass gitar murah buatan Jepang yang tengah dia buat ulang dan dia mainkan di band asal London Selatan, the Cliftons, di tahun 1961. Dia menggunakan nama panggung Lee (kemudian Bill) Wyman, mengambil nama dari seorang temannya yang pernah bertugas di AU kerajaan dengannya dari tahun 1955 hingga 1957.


Saat drummer Tony Chapman memberitahunya bahwa sebuah band rhythm and blues bernama the Rolling Stones memerlukan seorang pemain bass, dia ikut audisi dan disewa pada 7 Desember 1962 sebagai penerus dari Dick Taylor. Band itu terkesan dengan alat musik dan amplinya (salah satu yang dirancang oleh Wyman sendiri), tapi karena dia sudah menikah, bekerja, dan lebih tua, Wyman tetap sebagai orang luar. Wyman adalah anggota tertua dari grup itu.


Wyman menyimpan sebuah jurnal selama hidupnya, dimulai saat dia anak-anak, dan menggunakannya dalam menulis otobiografinya di tahun 1990 Stone Alone dan bukunya di tahun 2002 Rolling with the Stones. Di dalam Stone Alone, Wyman mengklaim dia yang membuat komposisi riff “Jumpin’ Jack Flash” dengan Brian Jones dan drummer Charlie Watts. Pada 1970an Wyman lelah dengan monopoli penulisan lagu dan produksi oleh Jagger dan Richards, memulai proyek solo. Di tahun 1970an dan awal 1980an dia membuat 3 buah album solo, semuanya tidak sukses secara komersil tapi semuanya ditanggapi positif oleh kritikus. Di bulan Juli 1981 lagunya “(Si, Si) Je suis un rock star” menjadi hit top 20 di banyak negara.


Wyman juga bermain di The London Howlin’ Wolf Sessions, yang dirilis di tahun 1971, dengan Howlin’ Wolf, Eric Clapton, Charlie Watts dan Stevie Winwood, dan di album Jamming with Edward, yang dirilis di tahun 1972, dengan Ry Cooder, Nicky Hopkins, Jagger dan Watts.

Wyman sangat akrab dengan Brian Jones; dia dan Jones biasanya berbagi kamar bersama saat mereka melakukan tur dan sering pergi ke klub bersama-sama. Dia dan Jones nongkrong bersama bahkan saat Jones menjauhkan dirinya dari band. Wyman sangat terpukul saat mendengar kabar kematian Jones, menjadi satu diantara dua orang disamping Watts yang menghadiri pemakaman Jones di bulan Junli 1969. Wyman juga berteman dengan Mick Taylor. Seperti anggota Rolling Stones lainnya, dia telah bekerja dengan Taylor sejak kepergian Taylor dari band di tahun 1974.

Setelah tur Steel Wheels/Urban Jungle Tours Rolling Stones tahun 1989-1990, Wyman meninggalkan grup; keputusannya diumumkan pada bulan Januari 1993. The Rolling Stones tetap melakukan rekaman dan tur dengan Daryl Jones pada bass.

Pada 24 Oktober 2012, the Stones mengumumkan bahwa Wyman dan Mick Taylor diharapkan ikut mereka di panggung di pertunjukan mendatang di London (25 dan 29 Nopember) dan Newark (13 dan 15 Desember). Richards mengatakan bahwa kedua hanya menjadi tamu, dan Daryl Jones akan melanjutkan bermain bass untuk pertunjukan selanjutnya.

Wyman melanjutkan tur dengan the Rhythm Kings, yang terdiri dari musisi seperti Martin Taylor, Albert Lee, Gary Brooker, Terry Taylor (mantan Tucky Buzzard), Mike Sanchez dan Georgie Fame. Setelah ulang tahunnya yang ke 70 di bulan Oktober 2006, Wyman melakukan tur lainnya di Inggris.

Pada 10 Desember 2007, Wyman dan bandnya muncul disamping dengan Led Zeppelin yang reuni di Ahmet Ertegun Tribute Concert di the O2 di London.

Wyman adalah seorang hakim untuk 5th annual Independent Music Awards untuk mendukung karir para artis independen.

Di tahun 2009, mantan gitaris Rolling Stones Mick Taylor diundang sebagai penampil tamu dengan Wyman’s Ryhthm Kings.

Pada 25 Oktober 2009, Wyman menampilkan pertunjukan reuni dengan Faces, mengisi tempat mendiang Ronnie Lane seperti yang pernah dia lakukan di tahun 1986 dan 1993.

Pada 19 April 2011, pianis Ben Waters merilis sebuah album tribute untuk Ian Stewart berjudul Boogie 4 Stu. Wyman bermain pada 2 buah lagu: “Rooming House Boogie” dan “Watchin’ the River Flow”, yang pernah direkam dengan the Rolling Stones.

Wyman, walaupun sering menggunakan alkohol dan obat bius, mangatakan bahwa dia menjadi “girl mad” sebagai sebuah pelarian psikologis. Majalah Maxim menempatkan Wyman di No. 10 pada daftarnya “Living Sex Legends” karena mempunyai reputasi telah melakukan hubungan seks dengan lebih dari 1.000 wanita.

Wyman menikahi istri pertamanya Diane di tahun 1959 dan putra mereka Stephan Paul Wyman lahir pada 29 Maret 1962. Mereka berpisah tahun 1967 dan bercerai tahun 1969.

Pada 2 Juni 1989, saat berusia 52 tahun, dia menikahi Mandy Smith yang berusia 18 tahun yang sudah dia kencani sejak dia berusia 13 tahun dan Wyman berusia 47 tahun. Menurut Smith, hubungan mereka menjadi hubungan seksual saat dia berusia 14 tahun. Hubungan mereka menjadi subyek perhatian media. Pernikahan itu berakhir di musim semi 1991, walaupun perceraian itu tidak berakhir hingga tahun 1993. Di tahun 1993, saat Wyman masih menikah dengan Smith, Stephan, putranya dari pernikahan pertamanya, menikah dengan ibunya Smith.

Di bulan April 1993 dia menikah dengan Suzanne Accosta. Pasangan itu memiliki 3 orang putri.

Wyman tinggal di sebuah rumah bergaya country di Suffolk dan di St. Paul de Vence di sebelah selatan Perancis; di St. Paul de Vence teman-temannya adalah beberapa artis. Dia merupakan pendukung cricket dan bermain di lomba para selebriti di the Oval melawan mantan anggota England XI yang memenangkan hatrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...