Laman

Sabtu, 15 Oktober 2016

MATTIAS "IA" EKLUNDH




Dilahirkan pada 6 Oktober 1969 di Gothenburg, Swedia adalah gitaris dan vokalis, yang dikenal untuk karyanya dengan Freak Kitchen, Jonas Hellborg Trio dan Art Metal.

Mattias mulai bermain drum pada usia 6 tahun; saat dia berusia 13 tahun, dia mulai bermain gitar. Dia menyebut Frank Zappa dan Ace Frehley dari Kiss sebagai dua pengaruh musik besarnya, tapi koleksi rekamannya antara lain juga meliputi gypsy jazz, Miles Davis, dan Slayer.


Pada pertengahan 80an, Mattis bergabung dengan band Frozen Eyes, beberapa tahun kemudian dia keluar karena manajer mereka membawa uang mereka, dan mereka tidak pernah mendapatkan bagian yang layak, hingga Mattias melakukan penghitungan. Frozen Eyes bubar tidak lama setelah album self-title mereka dirilis pada 1988 dan Mattias akhirnya bergabung dengan band metal Denmark Fate sebagai gitaris utama. Mattias muncul di album 1990 mereka Scratch 'n Sniff. 


Dia kemudian kembali ke Swedia, membentuk bandnya sendiri Freak Kitchen pada 1992 dengan mantan drumer Frozen Eyes Joakim Sjoberg dan pemain bass Christian Grodnlund. Band bermain bersama selama 8 tahun, hingga Sjoberg dan Gronlund pergi pada 2000, yang digantikan oleh Christer Ortefors dan Bjorn Fryklund. Diluar Freak Kitchen, Eklundh sudah merekam beberapa album solo, dan muncul sebagai musisi tamu untuk band heavy metal Swedia seperti Evergrey dan Soilwork. Dua album solo Freak Guitar miliknya dirilis di label Favored Nations milik Steve Vai, dan menampilkan gambar dan tata artistik lainnya oleh teman Anders Nyberg. 


Pada 2005, dia bergabung dengan pemain bass dan komposer Swedia Jonas Hellborg dalam the Jonas Hellborg Trio bersama dengan drumer Niclas Campagnol dan memainkan pertunjukan pertama mereka di Mumbai, India dan disusul dengan sebuah tur India. Albumnya "Freak Guitar - The Road Less Traveled" menampilkan remix rock/metal bukan dari tema judul, tapi tema latar dari film 1985 Fletch.


Pada 2006, lagu milik Eklundh "Zoo Me", dikontribusikan untuk proyek album Artists for Charity - Guitarists 4 the Kids, diproduksi oleh Slang Productions, untuk membantu World Vision Canada dalam menolong anak-anak yang tidak mampu.

Dia juga menjadi pembawa acara dan mengajar setiap tahun di Freak Guitar Camp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...