Laman

Rabu, 05 Oktober 2016

CHRIS McCARVIL




Dilahirkan dengan nama Christopher Lee McCarvill pada 3 Oktober 1971 di Milford, Connecticut, AS, adalah musisi Amerika yang dikenal sebagai pemain bass tur/atau rekaman dengan band Dokken dan House of Lords.

Dia juga tumbuh di Milford. Dia mulai bermain bass pada usia 12 tahun, alat musik pertamanya adalah bass gitar Peavey Patriot.

Setelah lulus dari SMA, Chris belajar dan lulus dari Musician’s Institute’s (MI) bass scholl (BIT) di Hollywood, California. Dia bertemu rekan penulis lagu dan teman dekat Craig Polivka di Hollywood.


Setelah lulus dari MI, McCarvill dan Polivka bertemu penyanyi Jeff Scott Soto (mantan Journey, Yngwie Malmsteen). Chris dan Craig merekam dan memainkan beberapa pertunjukan dengan Jeff dan bandnya Slam di awal 90an. Band ini berumur singkat dan keduanya kembali ke asal mereka Connecticut.


Chris mulai melakukan kerja sesi di Boston sebagai bassis dan juga mendapatkan pekerjaan penuh waktu sebagai artis grafis. Dia bergabung dengan band heavy metal X Factor X, dan terus menulis dengan Polivka. Selama waktu ini, Chris mempelajari sendiri orkestrasi simfoni dan membangun teknik rekamannya, menghasilkan musik bassnya yang terkenal Demon Wheel.


Chris bertemu vokalis Michael Vescera (Obsession, mantan Loudness dan Yngwie Malmsteen), dan mulai merekam bass pada materi solo milik Mike dan juga musik Obsession baru. Dia juga menciptakan sampul album untuk beberapa rilisan Vescera. Musisi lain yang Chris jumpai melalui Vescera adalah: BJ Zampa (drum), Jimi Bell (gitar) dan Robert Marcello (gitar). McCarvill bertemu gitaris Twisted Sister Eddie Ojeda, dan mulai merekam dan bermain secara langsung dengan Band of Steel milik Eddie dengan BJ Zampa dan vokalis X Factor X Andre Vanchot. Chris diminta oleh Rockhouse Instructional Method Company untuk merekam serangkaian DVD instruksi pemula dan DVD “Slap and Pop”. DVD bassnya laris dalam peredarannya. Selain gaya yang lebih berat yang dia mainkan, Chris mulai membangun rasa untuk merekam punk yang terinspirasi musik pop, bersama dengan jenis musik yang lebih progresif.


Chris berkesempatan bertemu dengan Soto di California. Dia kemudian melakukan tur Eropa dan Amerika Selatan dengan band solo milik Soto. Kemudian, McCarvill menjadi anggota dari House of Lords, dan mulai merekam dan tur ke Eropa dengan James Christian, BJ Zampa dan Jimi Bell. Pada 2008, McCarvill diperkenalkan pada Dokken oleh teman lamanya Jim Paidas dari Paidas Management untuk bertindak sebagai bassis tur untuk band pada musim panas dengan Poison dan Sebastian Bach pada tur “Live, Raw and Uncut”. BJ Zampa ditambahkan pada drum separuh jalan pada musim panas. Pada akhir tur ini Chris dan BJ membentuk the Samurai Cab Company, dengan McCarvill pada vokal utama dan bass. Chris juga merekam sebuah “masterwork” dengan BJ Zampa pada drum berjudul “Venus Supercharger”.


McCarvill dan Zampa terus melakukan tur dan/atau rekaman dengan House of Lords. Album terkini, berjudul Big Money, dirilis pada September 2011 dengan diiringi tur Eropa di pertengahan musim gugur.


Obsession telah mulai rekaman dan memainkan pertunjukan lagi, menampilkan Mike Vescera, BJ Zampa, Scott Boland dan gitaris X Factor X John Bruno. Eddie Ojeda telah mulai rekaman materi baru dengan McCarvill, Zampa dan Vanchot pada rilisan mendatang.

Selain menampilkan lagu-lagu cover, The Samurai Cab Company mulai rekaman dan menampilkan musik asli yang menampilkan sebagian besar penulisan lagu milik McCarvill pada beberapa tahun yang lewat. EP self title debut mereka dirilis pada Agustus 2010 dan terjual habis hanya dalam tiga minggu. 4 lagu masih tersedia sebagai unduhan digital melalui jasa online terkenal. Band sudah menulis dan mulai merekam lagu asli baru untuk album penuh mendatang. The Samurai Cab Company terdiri dari Chris McCarvill, BJ Zampa, Chuck Beckman pada gitar, dan kibordis Jeff Baryla.


Pada Mei 2011, McCarvill mulai mengajar bass di Route 1 Guitars di Milford, Conencticut.

Chris menikah dengan Leah, yang dia jumpai saat dia berusia 12 tahun. Mereka memiliki seorang putra, Alexander, lahir pada 2001. Mereka tinggal di Plymouth, Connecticut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...