Laman

Selasa, 11 Oktober 2016

IHSAHN


Dilahirkan pada 10 Oktober 1975 dengan nama Vegard Sverre Tveitan di Notodden, Norwegia adalah seorang komposer, multi-instrumentalis, dan vokalis Norwegia. Dia terkenal karena karyanya dengan band black metal Norwegia Emperor. Dia telah muncul di Thou Shalt Suffer, bermain di Peccatum dengan istrinya Ihriel (nama asli Heidi Solberg Tveitan, adik Einar Solberg, vokalis dan keyboardist dari Leprous), dan sekarang mengabdikan dirinya untuk album solonya.

Tveitan mulai bermain piano pada usia tujuh tahun dan gitar pada usia sepuluh tahun dan mulai merekam lagu segera sesudahnya. Pengaruhnya termasuk heavy metal, klasik, ambient, dan techno. Ia dibesarkan di sebuah peternakan besar di pedesaan Norwegia.

Tveitan pertama kali bertemu mitra musiknya, Tomas Haugen (juga dikenal sebagai Samoth), pada usia tiga belas tahun di sebuah seminar musik. Tveitan mendapatkan perhatian Haugen dengan tambalan Iron Maiden-nya. Pada tahun 1990, Tveitan bergabung dengan band Haugen, Xerasia, sebuah band death metal di mana ia menjabat sebagai gitaris dan keyboardist. Mereka akhirnya mengubah nama mereka menjadi Embryonic pada suatu waktu di tahun itu. Sebuah demo empat lagu berjudul The Land of the Lost Souls dibiayai sendiri dan dirilis pada bulan November. Pada tahun 1991 mereka mengubah nama mereka lagi menjadi Thou Shalt Suffer. Beberapa rilisan di bawah nama ini diproduksi sebelum Haugen meninggalkan band, meninggalkan Tveitan satu-satunya anggota yang tersisa. Dia melanjutkan Thous Shalt Suffer sebagai proyek sampingan hingga hari ini.

Setelah kepergian Haugen dari Thou Shalt Suffer, keduanya membentuk Emperor, di mana Tveitan kembali mengambil peran sebagai gitaris. Emperor memiliki suara black metal yang jauh lebih halus yang memamerkan kemampuan keyboard Tveitan yang sedang berkembang, sebuah tampilan berbeda yang akan muncul dalam banyak rilisannya nanti. Band saat ini menerima banyak dukungan dan dorongan dari pelopor black metal Euronymous dan setelah beberapa demo, Emperor EP dirilis pada tahun 1993 dengan banyak pujian. Tak lama kemudian, rekan band Haugen, Bård Eithun (juga dikenal sebagai Faust) dan Terje Schei (juga dikenal sebagai Tchort) ditangkap dan dipenjara, meninggalkan Tveitan ke perangkatnya sendiri. Dia mundur ke properti milik keluarganya untuk menyusun banyak dari apa yang nantinya akan menjadi Anthems to the Welkin at Dusk, yang direkam setelah pembebasan bersyarat Haugen. 
 

Pada tahun 1995 album kultus Blood Must be Shed, oleh Zyklon-B dirilis yang menampilkan anggota Emperor dan Satyricon; Tveitan sendiri memainkan synth. Tahun 1998 Tveitan membentuk, bersama istrinya Heidi Tveitan (AKA Ihriel), Peccatum. Proyek ini jauh lebih eksperimental dalam musiknya daripada Emperor, dan akan terus untuk beberapa waktu setelah pembubaran Emperor pada tahun 2001. Peccatum datang untuk menampilkan suara synth merek dagang milik Tveitan serta vokal bersih dan hitam, akhirnya menjadi proyek utamanya sampai penghentian pada 4 Maret 2006.

Pada tahun 1999 Emperor merilis IX Equilibrium, album studio ketiga Tveitan dengan grup tersebut. Dua tahun kemudian, pada tahun 2001, Peccatum merilis album studio kedua mereka, Amor Fati. Pada tahun yang sama, Emperor merilis album studio keempat dan terakhir mereka, Prometheus: The Discipline of Fire & Demise. 'Prometheus' sepenuhnya dikarang oleh Tveitan dan menampilkan orkestrasi yang lebih rumit daripada karya-karya sebelumnya; meskipun secara signifikan lebih sedikit synthesizer daripada sebelumnya. Pada saat inilah Emperor memutuskan untuk bubar, meninggalkan Tveitan dan teman-teman bandnya dengan lebih banyak waktu untuk fokus pada berbagai proyek sampingan mereka. 
 

Pada bulan Desember 2002, Ihsahn memenangkan "Notodden Kommunes Kulturpris", hadiah budaya yang diberikan oleh kota kelahirannya, Notodden, yang dihuni sekitar 12.500 jiwa. Ia memenangkan hadiah karena ia dianggap penghuni Notodden yang paling terkenal, seorang musisi hebat, seorang guru musik, dan ia mengatur banyak konser untuk band-band yang tidak dikenal. Fakta bahwa bandnya menjual lebih dari 500.000 eksemplar juga merupakan alasan untuk mendapatkan hadiah. 2002 juga terlihat Tveitan berkontribusi vokal tamu untuk lagu "Radical Cut", dari album The Sham Mirrors milik Arcturus.

2004 terlihat rilisan album studio ketiga dan terakhir milik Peccatum, Lost in Reverie, dengan EP berjudul The Moribund People menyusul tahun berikutnya. Pada 30 September 2005, Emperor membuat kejutan kembali di pesta ulang tahun 15 tahun majalah Scream di Oslo di Rockefeller, sebuah tempat konser rock. Langkah itu dirahasiakan, hanya diketahui oleh segelintir orang, dan mereka hanya memainkan tiga lagu. Ini untuk mengumumkan penyatuan kembali band untuk beberapa pertunjukan di Eropa dan Amerika pada tahun 2006, yaitu di Wacken dan Inferno Festival.

Pada April 2006, Tveitan merilis album solo pertamanya, The Adversary. Album ini sepenuhnya disusun, dilakukan, direkam dan diproduksi oleh dia, dengan pengecualian drum disumbangkan oleh Asgeir Mickelson, dan vokal tamu di lagu "Homecoming" oleh Kristoffer Rygg dari Ulver. Album ini menampilkan pengaruh progresifnya serta musik heavy metal, black metal dan klasik. The Adversary direkam di Symphonique Studios di Norwegia dan dirilis pada labelnya Mnemosyne Productions, yang ia dirikan pada 2003 bersama Ihriel. Sebuah video dibuat untuk lagu pembuka, "Invocation".

Tveitan meminjamkan suaranya pada tahun 2007 ke karakter animasi dari kartun Adult Swim Metalocalypse, Eric von Wiechlinghammer, dalam episode "Dethfashion". Dia merilis album studio keduanya, berjudul angL, tahun berikutnya, menampilkan Lars K. Norberg pada bass, Asgeir Mickelson pada drum, dan vokal tamu dari Mikael Åkerfeldt (dari Opeth) di lagu "Unhealer". 2008 juga terlihat Tveitan memulai kolom di majalah Guitar World, berjudul "Left Hand Path". Pada Maret 2009, Tveitan membawakan beberapa materi solonya secara langsung untuk pertama kalinya, dalam pembukaan satu kali penampilan untuk Opeth di Norwegia. Dia telah membuat banyak penampilan festival, memainkan campuran materi solo dan cover Emperor. Rekan Norwegia Leprous melayani sebagai band pendukungnya.

Tveitan merilis album solo ketiganya, After, pada Januari 2010. Lars K. Nordberg dan Asgeir Mickelson sekali lagi masing-masing menyumbangkan bass dan drum, dengan Jørgen Munkeby (dari Shining) memainkan saksofon di beberapa lagu juga. Belakangan tahun itu, pada bulan Oktober, pembaruan web Mnemosyne menegaskan bahwa Ihsahn sudah mulai menulis untuk album solo keempat, dan juga fokus pada peningkatan studionya di rumah.

2011 adalah tahun yang sibuk bagi Tveitan. Selain melakukan debut solonya di AS pada festival metal tahunan ProgPower USA di Atlanta, Georgia, ia juga menjadi bintang tamu dengan dua rekaman, diproduksi bersama dengan istrinya, dan terus mengerjakan album solo keempatnya. Detail tambahan pada rekaman baru setelah pengumumannya telah langka, tanpa kemungkinan tanggal rilis yang disebutkan. Pada wawancara Agustus 2011 dengan Thrash Hits TV, drum untuk album telah direkam dan proses rekaman dikatakan berjalan dengan baik. Disebutkan kolaborator termasuk Jørgen Munkeby sekali lagi dan Devin Townsend, yang dalam wawancara bulan November 2011 menyebutkan bahwa dia "menyanyikan lagu untuk materi baru milik Ihsahn", tetapi menambahkan bahwa dia tidak dapat menjelaskan lebih lanjut pada saat itu tepat waktu.

Pada tanggal 18 Desember 2015 diumumkan bahwa Arktis akan menjadi judul album studio keenam Ihsahn, dirilis pada tahun 2016.

Ihsahn menikah dengan Heidi Solberg Tveitan, yang dikenal secara profesional sebagai Starofash atau Ihriel. Ia adalah saudara ipar Einar Solberg, vokalis utama band Leprous, dan Lord PZ, yang merupakan bagian dari band Peccatum bersama dengan Ihsahn dan istrinya.

Ihsahn menggambarkan dirinya seorang satanis pada 1990-an. Sebagaimana dijelaskannya pada tahun 1994, ia menganggap Satanisme sulit untuk didefinisikan, karena ada berbagai cara Setanisme, dan lebih merupakan kategori yang harus ditentukan oleh individu itu sendiri. Dia menganggap sebagian besar remaja lain sebagai orang "tak berjiwa", terlalu terlibat dalam hal-hal materialistis. Dia mengatakan pemenjaraan anggota Emperor lainnya memiliki efek positif dan negatif; itu berarti masa yang sulit bagi band, tetapi pemenjaraan juga memberi mereka publisitas dan karena itu lebih banyak kemungkinan untuk menyebarkan ide-ide mereka. Ihsahn juga mengatakan dia tidak melihat alasan untuk secara fisik merusak dan tidak memiliki hubungan pribadi dengan kasus pembakaran gereja yang mengguncang Norwegia. Dalam sebuah wawancara 1994, Ihsahn menggambarkan pengaruh Darwinis sosial pada Satanismenya, menyebut dirinya anti-Kristen dan mengatakan itu "bukan untuk orang yang lemah", sementara juga mengekspresikan rasa hormat terhadap paganisme Eropa, meditasi dan penatagunaan lingkungan. Dia juga mengecam tindakan kriminalitas dan bentuk-bentuk intoleransi agama lain seperti kasus-kasus pembakaran yang disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...