Laman

Selasa, 04 Oktober 2016

TOMMY LEE




Dilahirkan dengan nama Thomas Lee Bass pada 3 Oktober 1962 di Athena, Yunani dari ayah David Oliver Bass, seorang tentara Amerika, dan ibu Vassiliki Papadimitrious, seorang kontestan Miss Yunani di 1957. Keluarganya pindah ke California setahun setelah kelahirannya. Dia menerima dram pertamanya saat berusia 4 tahun dan perangkat dramnya saat remaja. Sebagai seorang remaja, Lee mendengarkan Led Zeppelin, Van Halen, Cheap Trick, Kiss, AC/DC dan Sweet. Pengaruh permainan dramnya adalah John Bonham, Tommy Aldridge, Alex Van Halen dan Terry Bozzio. Setelah ditransfer dari South Hills High School; dia ikut dengan marching band di Royal Oak High School (kini Royal Oak Middle School) di Covina, California.

Band sukses pertamanya Suite 19 bermain di Sunset Strip di Los Angeles selama akhir 1970-an. Pada saat ini dia bertemu dengan Nikki Sixx. Saat itu, Sixx tampil dengan band teater yang mengkhususkan dalam lagu-lagu heavy metal, dan terkesan dengan permainan dram Lee. Pada saat ini, dia merubag namanya menjadi Tommy Lee dan mendapatkan panggilan “T-bone” karena mempunyai tinggi 6’2,5 dan fisiknya yang kurus. Tak lama setelah itu, gitaris Mick Mars masuk band. Tommy merekomendasikan seorang penyanyi yang dia temui saat di SMA, Vince Neil, yang kemudian ikut dengan grup, dan Motley akhirnya terbentuk.


Motley Crue dengan cepat membangun basis penggemar dan mereka merilis album debut mereka Too Fast for Love di 1981, pada label independen milik mereka (Leathur Records). Elektra Records memutuskan untuk mengontrak band tak lama kemudian, merilis ulang debut mereka di 1982. Band ini kemudian memulai serangkaian rilisan hit selama beberapa decade – Shout at the Devil (1983), Theatre of Pain (1985), Girls Girls Girls (1987), dan Dr. Feelgood (1989) – memantapkan kuartet ini sebagai salah satu band hard rock/metal 1980-an terbesar.


Lee menggunakan beberapa gimik yang mudah diingat selama solo dramnya di konser-konser, seperti menerbangkan dan memutar seluruh perangkat dramnya, atau membuat perangkat dramnya terbang di atas penonton saat dia tetap bermain. Dia dalah seorang legenda untuk membuat penonton bersorak pada setiap pertunjukan. Band ini dikenal dengan kebiasaan yang tak pantas, baik diluar atau di atas panggung, sering mengkonsumsi sejumlah obat-obatan, seperti kokain, heroin, pil dan alkohol.

Pada 2004, Lee melakukan reuni dengan lineup Motley Crue orisinil untuk merilis sebuah album hits ganda berjudul Red, White & Crue, yang mendapatkankan 4x platinum dan meluncurkan tur reuni monumental untuk mendukungnya, The Red, White, Crue Tour 2005: Better Live Than Dead, yang pertama bagi band selama 6 tahun. Mereka menyelesaikan tahun itu dengan menempati No. 8 sebagai pelaku konser yang menghasilkan uang. Mereka memainkan 81 show dan menghasilkan US$33 juta menurut Billboard Boxscore.


Dengan popularitas rap metal, Lee membentuk sebuah band bernama Methods of Mayhem. Band ini merilis album self-title pada tahun yang sama dan melakukan tur untuk mendukungnya. Walaupun Lee menjauhkan dirinya dari Motley Crue setelah berpisah, dia setuju untuk ambil bagian dari otobiografi mereka pada 2001, The Dirt. Selain dengan Motley Crue dan Methods of Mayhem, Lee juga menjadi bintang tamu pada album artis-artis lain, seperti Stuart Hamm, Nine Inch Nails dan Rob Zombie. Dia juga berkontribusi sebuah lagu, “Planet Boom” (aslinya di EP Motley Crue Quaternary) untuk soundtrack filem calon istrinya Pamela Anderson Barb Wire di 1996, dan memproduseri sebuah album pra-proyek Goldfinger dari John Feldman dan Simon Williams, the Electric Love Hogs. Lee berpisah dengan rekan Method of Mayhem Tilo dan mulai merekam dengan anggota Incubus. Dia kemudian merilis album solo pertamanya. Album Never a Dull Moment di 2002, mempunyai lagu-lagu rap metal dan electronic. Di 2006, dia membentuk sebuah band bernama Rock Star Supernova dengan Jason Newsted (Voivod, mantan Metallica) dan Gilby Clarke (mantan Guns N’ Roses).


Musim 2006 dari Rock Star memilih Lukas Rossi sebagai penyanyi utama untuk Supernova. Dilana, Magni Asgeirsson, dan Toby Rand dengan bandnya Juke Kartel adalah 3 runner-up dan menerima tawaran untuk tur dengan Supernova.Album sel-title Rock Star Supernova dirilis pada 21 November 2006.

Lee merilis otobiografinya, Tommyland dan album solo keduanya, Tommyland: The Ride di 2005. Lee juga merekam trek drasm untuk band alternative rock Jack’s Mannequin, yang merilis album Everything in Transit.

Selain itu, Tommy Lee juga mengisi acara-acara televisi (NBC, Discovery Channel) dan seorang pendukung hak-hak binatang dan PETA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...