Laman

Sabtu, 15 Oktober 2016

NATALIE MAINES




Dilahirkan dengan nama Natalie Louise Maines di Lubbock, Texas, AS pada 14 Oktober 1974. Dia adalah penyanyi/penulis lagu yang dikenal sebagai vokalis utama untuk the Dixie Chicks, tapi sudah memantapkan dirinya sebagai seorang penampil solo. Dia menggantikan penyanyi asli Laura Lynch pada 1991. Grup ini memenangkan penghargaan 13 Grammy dan 10 Country Music Association sebelum melakukan hiatus pada 2007.

Maines adalah putri dari produser, mulri-instrumentalis, dan musisi, Lloyd Maines, salah satu arsitek sejati musik Amerika. Setelah SMA dia belajar di beberapa kampus, terutama the Berklee School of Music, dimana dia mendapatkan beasiswa untuk menjalani Voice Studies; dia pergi sebelum menyelesaikan gelarnya, malahan memilih karir profesional. Vokalnya sudah muncul di rekaman dari para penulis lagu Texas Pat Green dan Charlie Robison, juga artis pop dan rock termasuk Stevie Nicks, Sheryl Crow, Neil Diamond, Pete Yorn, dan Yellowcard.


Maines berada dalam pertikaian umum dengan Toby Keith pada 2002 pada lagu yang ditulis Keith berjudul "Courtesy of the Red, White, & Blue," yang diklaim Maines sangat tidak peduli dan membuat Amerika menjadi seperti itu. Setelah beberapa saling bertukar komentar pedas di tabloid, hal itu berpuncak pada Maines mengenakan t-shirt di atas panggung dengan huruf F.U.T.K. dalam sebuah penampilan Dixie Chicks di Academy of Country Music Awards. Dilaporakn, Keith belum menyebut nama Maines sejak itu.

Selalu berbicara lantang pada masalah politik dan keadilan sosial termasuk perang Irak, Maines membuat komentar pada 2003 di sebuah konser Dixie Chicks di Inggris tentang presiden George W. Bush. Sebagai sebuah protes terhadap perang, dia mengklaim grup malu bahwa Bush dari Texas. Sikapnya menyebabkan sejumlah kontroversi, dan Dixie Chicks masuk daftar hitam di radio country. Namun, mereka menjulang saat album 2006 mereka, Taking the Long Way, melakukan debut di nomor satu di Billboard Top 200, dan terjual lebih dari 2 juta kopi - sebuah album dimana Maines menulis semua lagunya.

Album solo debutnya, Mother, dirilis pada Mei 2013. Album ini sebagian besar adalah koleksi dari cover dan ikut diproduseri dengan Ben Harper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...