Laman

Jumat, 07 Oktober 2016

TOMMY STINSON




Dilahirkan dengan nama lengkap Thomas Eugene Stinson pada 6 Oktober 1966 di Minneapolis, Minnesota, AS. 

Setelah mulai belajar bass pada usia 11 tahun, Stinson mulai memainkan dan meng-cover lagu-lagu dengan kakaknya, Bob Stinson, dan drummer Chris Mars dibawah nama “Dogbreath” tanpa seorang penyanyi. Setelah merekrut penyanyi Paul Westerberg, Dogbreath merubah nama mereka menjadi The Impediments dan memainkan penampilan mabuk, tanpa Tommy, di sebuah pagelaran di aula gereja pada Juni 1980. Setelah dikeluarkan dari gedung karena tingkah laku yang tidak layak, mereka merubah nama mereka menjadi The Replacements.


Setelah teken kontrak dengan Twin/Tone Records, oleh pemilik label Peter Jesperson yang juga menjadi manajer grup, mereka merilis album debut debut mereka, Sorry Ma, Forgot to Take Out the Trash, pada 1981 dengan sebuah EP, Stink pada 1982. Kemuan The Replacements merilis album-album: Hootenanny (1983), Let It Be (1984), Pleased to Meet Me (1987), Don’t Tell a Soul (1989) dan All Shook Down (1990). 

Drummer Steve Foley dikrekrut sebagai pengganti Mars pada 1990, dan band melakukan tur perpisahan panjang yang berakhir pada musim panas 1991. Pada 4 Juli 1991, band secara resmi bubar menyusul penampilan Taste of Chicago di Grant Park, dirujuk oleh para penggemar sebagai “It Ain’t Over ‘Til the Fat Roadie Plays” karena masing-masing anggota menghilang selama pertunjukan, masing-masing roadie mereka mengambil tempat mereka. Perunjukan ini disiarkan oleh stasiun radio Chicago WXRT.


Dengan sebuah nama yang dipilih dari sebuah kontes yang dipandu oleh stasiun radio New York WDRE, Stinson, pada gitar dan vokal utama, membentuk grup pertama setelah The Replacements, Bash & Pop pada 1992 dengan drummer Steve Foley yang ditambahkan dalam grup, juga mantan The Replacements, bersama dengan kakaknya Kevin pada bass dan gitaris Steve Brantseg. Kabar yang tersiar bahwa Bash & Pop adalah sebuah band hanya dengan Stinson yang merekam album, Friday Night Is Killing Me, sebagian besar oleh dirinya sendiri bersama dengan sejumlah musisi tamu. Steve, Kevin dan Brantseg semua berkontribusi pada album, Friday Night Is Killing Me, bersama dengan anggota Tom Petty and the Heartbreakers Benmont Tench dan Mike Campbell, Jeff Trott dari Wire Train juga musisi lain Greg Leisz, Brian McCloud, Phil Jones dan Tommy Steel dengan album yang dirilis pada Januari 1993, melalui Sire/Reprise Reprise, yang mendapatkan tanggapan beragam.

Tur untuk mendukung menyusul bersama dengan rekaman lagu “Making Me Sick” yang dimasukkan pada soundtrack, dirilis pada 1994, untuk film Clerks naum grup ini dibubarkan kemudian pada 1994.


Menyusul pembubaran grup Bash & Pop, Stinson membentuk Perfect dengan gitaris grup Marc Solomon, bassis Robert Cooper juga drummer Gersh. Setelah memainkan sejumlah pertunjukan, mereka kemudian teken kontrak dengan Medium Cool Records oleh pimpinan label Peter Jesperson, yang juga menjadi manajer terdahulu dari The Replacements, mereka mulai merekam sebuah EP debut.

EP When Squirrels Play Chicken, diproduseri oleh Don Smith, dirilis pada 1996 yang mendapatkan tanggapan positif.

Pada 1997 grup masuk ke studio dengan produser Jim Dickinson untuk memproduseri album debut mereka, sementara diberi judul Seven Days a Week. Stinson kini sudah beralih pada bass menggantikan Cooper yang pergi, dan menambahkan Dave Phillips pada gitar. Meskipun menyelesaikan album, album disimpan oleh Regency Pictures, yang mengambil alih distributor Medium Cool, Restless Records, yang membuat grup ini akhirnya dibubarkan pada 1998. Albumnya sendiri bocor ke internet melalui salinan yang dikirimkan ke label rekaman, namun versi dari remix dan baru dari Seven Days a Week, diberi judul ulang Once, Twice, Threee Times a Maybe, dirilis oleh Rykodisc pada 2004, dimana, seperti EP mereka, disambut dengan baik.

Juga pada 1998, Stinson bergabung dengan Guns N’ Roses, dan menjadi pemain bass mereka. Permainan bassnya tampil pada lagu “Oh My God”, ditampilkan pada soundtrack film End of Days, juga album mereka yang lama tertunda Chinese Democracy yang akhirnya dirilis pada 2008.


Tommy merilis album solo debutnya, Village Gorilla Head pada 2004 dan kemudian bergabung dengan Soul Asylum untuk melengkapi album mereka The Silver Lining, dan menjadi band itu untuk tur album itu pada 2006 sebelum bergabung dengan mereka sebagai anggota permanen hingga 2011 setelah merilis Delayed Reaction dan digantikan oleh Winston Roye. Dia merilis album solo keduanya, yang mendapatkan kritikan bagus, One Man Mutiny, di label miliknya Done To Death Music pada 2011.

Selama tur dunia Chinese Democracy, Tommy memainkan beberapa lagu punk selama bagian solonya, seperti Sonic Reducer oleh The Dead Boys, dan My Generation oleh The Who, juga lagu miliknya “Motivation”dari album Village Gorilla Head miliknya.

Pada Desember 2005, dia melakukan reuni dengan rekan band Replacements yang masih hidup Paul Westerberg dan drummer asli Chris Mars untuk merekam dua lagu baru untuk album greatest hits. Stinson lebih jah berkolaborasi dengan Westerberg pada soundtrack untuk film rilisan Sony, Open Season,  merekam trek bass untuk ‘Love You in the Fall’ dan ‘Right to Arm Bears’.

Pada 20 September 2012, Stinson dan Westerberg masuk Flowers Studio di Minneapolis untuk merekam “Busted Up” oleh Slim Dunlap untuk memulai seri vinyl Songs for Slim, yang diciptakan oleh Peter Jesperson untuk menggalang dana untuk Dunlap setelah dia menderita stroke berat pada Februari 2012. Mereka sangat gembira saat mereka selesai merekam tiga lagu cover lagi, bersama dengan versi milik Chris Mars dari “Radio Hook Word Hit” milik Slim yang dibuat untuk EP Songs for Slim, rilisan pertama dari band yang berisi musik rekaman baru sejak “All Shook Down”. Lelang eBay berikutnya dari 10” veris dari EP edisi khusus, terbatas hanya 250, mengumpulkan $106.000 untuk perawatan Slim.

Tommy juga ikut rekaman dengan artis-artis seperti; Puff Daddy, MOTH, BT, Bobot Adrenaline dan Old 97’s.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...