Laman

Rabu, 19 Oktober 2016

ESPERANZA SPALDING




Dilahirkan pada 18 Oktober 1984 di Portland, Oregon. Dibesarkan oleh ibunya, Spalding menjalani sekolah rumahan di sebagian masa anak-anaknya dan, terinspirasi oleh Yo-Yo ma, belajar sendiri cara memainkan violin. Dia bergabung dengan Chamber Music Society kota asalnya saat muda, mencapai posisi concertmaster pada saat remaja.

Di SMA, Spalding juga mulai belajar cara memainkan double bass, membuka jalan dengan musik jazz dan tampil dengan grup Noise for Pretend. Dia mendapatkan gelar GED miliknya dan belajar di Portland State University sebelum membuat jalannya ke Berklee College of Music di Boston, Massachusetts, mendapatkan gelarnya dalam tiga tahun dan menjadi bagian dari fakultas pada usia 20 tahun.

Spalding merilis album debutnya Junjo di label Barcelona, Spanyol,Ayva pada 2006. Album yang sebagain besar berisi instrumental ini memperlihatkan kemampuan musisi yang dimiliki Spalding, yang diiringi oleh Francisco Mela (drum) dan Aruan Ortiz (piano). Album berikutnya, Esperanza, keluar pada 2008 melalui Head Up Records. Album ini menampilkan Spalding pada vokal dan merupakan album terlaris dan menduduki puncak tangga terutama di Amerika Latin dan Afrika, termasuk Brasil yang mendapatkan pengakuan dari pemggemar jazz dan kritikus.


Dia menindaklanjutinya dalam dua tahun dengan Chamber Music Society (2010), sebuah album yang sebagian besar ditulis oleh Spalding, serupa dengan album Esperanza. Spalding kemudian membuat sejarah dalam musik pada 2011 dengan memenangkan Best New Artist di Grammy, menjadi artis jazz pertama yang melakukannya.

“Cara utama dimana Grammy telah merubah hidup saya adalah bahwa saya tetap bertanya bagamaiman Grammy telah merubah hidup saya.”

Pada 2012 Spalding merilis Radio Music Society, sebuah album lanjutan dari pendahuunya. Sementara orientasi Chamber di sekitar fusi dari jazz dan klasik kontemporer, Radio bermain dengan bentuk pop dan musik soul, seperti yang terlihat dengan single “Black Gold.” Kedua album itu mencapai puncak tangga album jazz Billboard.


Spalding sudah berkolaborasi dengan banyak nama-nama besar jazz, termasuk antara lain dengan Patti Austin, Michael Camilo, Quintino Cinalli, Leo Genovese, Herbie Hancock, Bobby McFerrin dan Pat Metheny. Dia adalah bagian dari grup yang all-women yang dipimpin oleh drumer Terri Lyne Carrington untuk album 2011 miliknya The Mosaic Project, yang memenangkan Grammy. Hingga 2014, Spalding sendiri juga sudah mememangkan Grammy untuk Best Jazz Vocal Album (Radio Music Society) dan untuk lagu “City of Roses.”

Spalding juga merilis lagu dan video “We Are America,” dengan kemunculan oleh Harry Belafonte dan Janelle Monae. Proyek ini dlakukan untuk penutupa pusat penjara Guantanamo Bay milik AS. Pada Maret 2016, Spalding mengeluarkan album kelimanya, yang lebih eksperimental berjudul Emily’s D+Evolution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...