Laman

Sabtu, 15 Oktober 2016

DAN McCAFFERTY


Dilahirkan dengan nama William Daniel McCafferty pada 14 Oktober 1946 di Dunfermline, Skotlandia adalah seorang vokalis asal Skotlandia, yang dikenal sebagai vokalis utama untuk band hard rock Skotlandia, Nazareth sejak pendiriannya pada tahun 1968 hingga pensiunnya dari tur dengan band pada tahun 2013. McCafferty terus melakukan solo di seluruh dunia dan merekam sesekali.

Di bawah pengaruh para seniman seperti Little Richard, Elvis Presley, Chuck Berry dan Otis Redding, McCafferty menjadi salah satu anggota pendiri Nazareth pada tahun 1968. Dia telah muncul di semua album Nazareth dan telah melakukan tur bersama mereka selama 45 tahun. Ia ikut menulis beberapa hits besar Nazareth, termasuk "Broken Down Angel", dan "Bad Bad Boy". Dia telah merilis dua album solo. Ia menikah dan memiliki dua anak.

Pada 29 Agustus 2013, Nazareth mengumumkan pensiunnya Dan McCafferty dari tur dengan band karena masalah kesehatan. 
 

McCafferty menguraikan secara spesifik masalah kesehatan dan keadaan situasinya dalam sebuah wawancara dengan majalah musik Inggris, Classic Rock. Dia menyatakan bahwa dia tidak menderita stroke seperti yang dilaporkan di media. Dia mengatakan bahwa penyakit paru obstruktif kronisnya (PPOK) yang telah "memburuk dalam beberapa tahun terakhir" telah membuatnya meninggalkan panggung di Swiss pada akhir Agustus 2013 setelah hanya tiga lagu, menunjukkan bahwa, "Anda tidak tahu kapan itu akan datang, tapi tiba-tiba Anda tidak bisa bernafas." Berkomentar tentang keadaan terbarunya, di festival Swiss, McCafferty menyatakan, "jika Anda tidak dapat melakukan pekerjaan anda seharusnya tidak ada di sana - Nazareth terlalu besar untuk itu." McCafferty juga mengungkapkan bahwa masalah kesehatan lain bertanggung jawab atas pingsannya dia di panggung di konser di Kanada pada Juli 2013 - semburan sakit perut. Dia menyatakan mengingat kembali kejadian itu, "Saya pikir saya akan baik-baik saja, tetapi Anda kehilangan banyak darah ketika itu terjadi." McCafferty juga mengatakan dia mengharapkan Nazareth melanjutkan tanpa dia. "Saya sangat berharap mereka mendapatkan orang lain," katanya. "Aku yakin mereka akan melakukannya." Meskipun McCafferty pensiun dari pertunjukan, penggemar Nazareth masih bisa mendengar suaranya di album Rock 'n' Roll Phone tahun 2014 mereka. Penyanyi itu juga mengungkapkan bahwa ia bisa merekam lebih banyak musik baru, baik dengan Nazareth atau sebagai artis solo. Dia menjelaskan: "Untuk pergi ke studio dan bernyanyi tidak seperti melakukan pertunjukan. Saya selalu bisa membuat rekaman lain, tetapi bangun untuk tampil satu jam dan tiga perempat, dan membuat orang-orang membayar uang untuk datang dan melihat saya - Saya tidak bisa melakukan itu." McCafferty menyatakan apresiasinya kepada para penggemarnya menjelang akhir wawancara dengan mengatakan: "Biarkan semua orang tahu saya menghargai mereka telah ada di sana selama bertahun-tahun ini."

McCafferty terus bernyanyi secara langsung di seluruh dunia dan merekam sesekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...