Laman

Senin, 31 Oktober 2016

ARLEN ROTH




Dilahirkan pada 30 Oktober 1952 di Bronx, New York, AS. Dia adalah seorang gitaris, artis rekaman, tutor dan penulis asal Amerika. 

Album solo pertamanya memenangkan Montreux Critics’ Award for Best Instrumental Album of the Year di tahun 1978. Dia seorang kolumnis regular untuk majalah Guitar Player dari tahun 1982 hingga 1992. Dia telah tampil dan rekaman dengan artis-artis seperti Bob Dylan, Danny Gatton, John Entwistle, John Prine, Kate Taylor, James Taylor, Livingston Taylor, Rick Wakeman, Paul Simon (juga sebagai Simon and Garfunkel), Ry Cooder, David Lindley, Sonny Landreth, Levon Helm, Bill Kirchen, Duane Eddy, Steve Morse, Albert Lee and Phoebe Snow. Roth adalah penggila Telecaster, dan telah menulis buku Masters of the Telecaster, yang merinci teknik dan lick dari banyak pemain gitar Telecaster terkenal. Sebagai seorang artis solo Roth sering tampil dengan putrid bungsunya, Lexie Roth, seorang artis rekaman dan penulis lagu. Dia sangat terpengaruh oleh gaya bending Clarence White dari The Byrds. Dia juga seorang innovator dalam penggunaan ‘harmonics’ dalam permainan gitar.


Roth kehilangan istrinya, Deborah, dan putrid tertuanya, Gillian MacKenzie Roth (lahir 1983) di sebuah kecelakaan di tahun 1998. Gillian adalah seorang artis berbakat yang sudah memiliki kontrak dengan Nickelodeon untuk acaranya sendiri, “The Gunks”, sebuah band berisi gadis-gadis yang berbasis The Monkees. Dia merekam tema lagu untuk acara itu 2 hari sebelum kecelakaan itu.

Roth adalah putra kartunis asal New York Al Ross, yang berusia 100 tahun pada 19 Oktober 2011. Al Ross meninggal pada usia 100 tahun di tahun 2012. Ross adalah salah satu dari 4 bersaudara yang semuanyan menjadi kartunis. Adik Arlen Roth adalah artis dan pelukis ternama David Roth.


Arlen Roth masuk ke High School of Music and Art di NYC dari tahun 1966-69 sebagai seorang murid seni. Kemudian dia belajar di Philadelphia College of Art dari tahun 1969 hingga 1971. Bandnya, Steel tinggal dengannya, dan bermain di Woodstock pada akhir pecan, dimana Roth dikenal dengan cepat. Di tahun 1970, Steel melakukan konser “Woodstock Reunion” pertama mereka di Yasgur’s Farm untuk merayakan ulang tahun pertama dari festival Woodstock di Bethel, NY, sebuah kota kecil yang didiami Roth setiap musim panas sejak dia lahir. Kemudian, dia pindah ke Woodstock, NY, dan memulai karir musiknya sebagai gitaris professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...