Laman

Senin, 24 Oktober 2016

ROBERT TRUJILLO



Dilahirkan pada 23 Oktober 1964 di Santa Monica, Califronia, AS. Dia merupakan keturunan Meksiko. Trujillo menyatakan bahwa Jaco Pastorius adalah pahlawannya saat tumbuh, dan mendengarnya bermain seperti mendengarkan Eddie Van Hallen memainkan ‘Eruption’ untuk pertamakalinya.

Dia tumbuh di Culver City, California. Dia mengenal banyak musik selama masa kecilnya. Ibunya adalah penggemar berat Motown, artis-artis seperti Marvin Gaye, James Brown, dan Sly And The Family Stone. Dia mulai bermain di band-band pesta, dimana dia memainkan musik dari Black Sabbath, Ozzy Osbourne, Rush dan Led Zeppelin. Dia menimba ilmu di sekolah jazz saat berusia 19 tahun dengan tujuan untuk menjadi musisi studio tapi dia masih berhasrat bermain musik rock dan metal.


Trujillo pertama kali bermain sebagai bassis untuk band crossover thrash asal California Suicidal Tendencies. Awalnya ditulis sebagai “Stymee” di album rilisan 1989 Controlled by Hatred/Feel Like Shit…Déjà vu, Trujillo bersama band itu hingga pertengahan 1990an. Saat bekerja dengan Suicidal Tendencies, Trujillo juga anggota dari band proyek sampingan, Infectious Grooves, bersama dengan vokalis Mike Muir.


Trujillo adalah anggota band Ozzy Osbourne selama beberapa tahun dimulai pada akhir 1990an. Dia muncul di album Down to Earth (2001) dan album Live at Budokan (2002). Dia adalah subyek kontroversi untuk merekam ulang trek bass Bob Daisley untuk versi edaran ulang dari album Osbourne Blizzard of Ozz dan Diary of a Madman karena Daisley mengklaim tidak menerima royalty. Selama ini, Trujillo membentuk sebuah supergrup experimental, Mass Mental, dengan penyanyi Dub War Benji Webbe, sebuah band raga-punk-metal yang sudah bubar. Band ini merilis sebuah album studio (secara eksklusif di Jepang) dan sebuah album live dari penampilan mereka di Tokyo sebelum bubar. Zakk Wylde, seorang sahabat dan rekan seband dari masa Ozzy Osbourne, juga merekrutnya untuk bermain dengan Black Label Society untuk beberapa jadwal manggung. Rob muncul di album 1919 Eternal yang dirilis tahun 2002.


Di tahun 1997 Trujillo juga mengisi bass di album solo milik gitaris Judas Priest, Glenn Tipton, berjudul Baptizm of Fire. Disamping Trujillo juga ada Billy Sheehan dan Cozy Powell.

Robert Trujillo mulai bermain bass bagi Metallica pada 24 Februari 2003. Anggota band yang terdiri dari James Hetfield, Kirk Hammett, dan Lars Ulrich. Dia sebelumnya telah bersua dan berteman dengan calon rekan sebandnya itu saat Suicidal Tendencies mendukung Metallica selama tur Nowhere Else to Roam di tahun 1993, dan lagi selama tur Shit Hits the Sheds satu tahun kemudian. Trujillo menerima 1 juta dollar dari band sebagai penghargaan untuk bergabung denganb Metallica. Audisi dan tawaran honor 1 juta dollar muncul di film dokumentasi Some Kind of Monster bersama semua anggota band saat ini, juga Jason Newsted (yang meninggalkan band di tahun 2001) dan mendiang Cliff Burton, yang digantikan oleh Jason Bewsted, di tahun 1980an.


Di tahun 2003, Trujillo terlihat memainkan upright bas di video musik Nickel Creek, “Smoothie Song”. Namun, dia tidak memainkan bass untuk band itu selama rekaman lagu.

Dia juga ikut mengisi bass di album solo milik Jerry Cantrell, gitaris Alice in Chains, yang berjudul Degradation Trip di tahun 2002.

Trujillo juga memiliki peran kecil di acara tv dan filem. Dia memiliki peran tanpa kata di film House Calls milik Walter Matthau di tahun 1978, dan sebuah peran kecil di film tv Scout’s Honor milik Gary Coleman di tahun 1980. Dia juga memainkan sebuah karakter bernama “Flippy” di sebuah episode seri drama tv CHiPs di tahun 1982. Di tahun 1989 dia muncul di acara tv Pacific Bell Smart Yellow Pages; dia tengah diwawancarai saat melakukan jogging dan mengekspresikan tertarik menggunakan kilt untuk tur berikutnya. 

Di tahun 1992 dia muncul sebagai dirinya sendiri bersama dengan rekan seband Infectious Grooves di filem komedi sukses yang dibintangi Brendan Fraser, Encino Man.

Status Robert adalah menikah dan memiliki seorang putra dan putrid, Tye dan Lulah. Pacarnya saat itu (kini istrinya), Chloe melakukan rancangan pyrography dari kalender Aztec untuknya di bass gitarnya. Beberapa tahun kemudian Rob mendengar Chloe sudah pindah ke Los Angeels, Rob meneleponnya saat melakukan surfing di Tahiti dan ingin berhuungan kembali. Mereka telah bersama selama 7 tahun terakhir dan kini menikah. Istrinya memiliki websitenya sendiri bernama “Chloe Trujillo”.

Di tahun 2012, Trujillo mulai memproduksi sebuah dokumentasi tentang Jaco Pastorius berjudul Jaco, disutradarai oleh Stephen Kijak dan Paul Marchand. Film ini disebutkan di Official Film of Record Store Day 2014 dan dirilis di bulan November 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...