Laman

Senin, 17 Oktober 2016

FLEA




Dilahirkan pada 16 Oktober 1962 di Australia dengan nama Michael Balzary. Sebagai bassis untuk Red Hot Chili Peppers, Flea merupakan salah satu penampil rock paling terkenal. Bandnya,yang terkenal dengan soundnya mencampurkan funk-punk, menikmati kesuksesan hebat sejaka perilisa album Blood Sugar Sex Magik pada 1991. Namun, Flea memulai sebagai seorang musisi jazz sebelum menyeberang ke musik rock.

Sebagian pengaruh musik awalnya datang dari ayah tirinya, seorang musisi jazz, juga Dizzy Gillepie dan Miles Davis. Saat tumbuh, Flea menjadi tertarik bermain trumpet dan menjadi anak baru di dunia musik. Namun, kehidupan keluarganya tidak stabil. Orangtuanya bercerai saat dia remaja, dan ayah tirinya bermasalah dengan alcohol.


Di Fairfax High School, Flea sedikit dijauhi karena selera musiknya yang agak aneh. Di sana dia bertemu dengan Anthony Kiedis dan keduanya menjadi teman. Selera musik Flea mulai berubah, menambahkan legenda rock seperti Jimi Hendrixdalam daftar penampilannya. Tidak beberapa lama, dia bermain bass gitar. Flea pada dasarnya belajar sendiri alat musik itu dengan bantuan dari temannya Hillel Slovak. Pemain trumpet itu dengan cepat berubah menjadi seorang jagoan bass, bermain di band, antara lain grup punk Los Angeles, Fear.


Di tahun 1983, Fle membentuk Red Hot Chili Peppers dengan teman SMA nya Kiedis, Sloval dan Jack Irons. Mengawinkan sound punk yang keras dan mendru dan funk 1970an, grup ini menjadi terkenal di skena klub Hollywood. RHCP dikenal untuk aksi panggung mereka yang unik juga gaya hidup mereka yang liar di luar panggung.


Saat album pertama mereka gagal mencapai hasil komersil, grup ini tetap berjuang. Flea dan rekan sebandnya sangat terpukul dengan kematian Slovak karena overdosis di tahun 1988. Suasana mulai berubah saat grup menambahkan gitarius John Frusciante dan drummer Chad Smith. RHCP mulai membuat musiknya menjadi inovatif untuk masuk arus utama, antara lain video mereka di MTV. Mother’s Milk (1989) menampilkan lagu milik Stevie Wonder “Higher Ground” juga komposisi mereka sendiri “Knock Me Down”.


RHCP mencapai tingkatan tertinggi dengan album Blood Sugar Sex Magik pada 1991 dengan bantuan kecil dari produser terkenal Rick Rubin. Dengan lagu hits seperti “Under the Bridge,” albumnya terjual lebih dari 4 juta kopi. Grup ini mengalami perubahan lineup, mengganti Frusciante dengan gitaris Jane Adddiction Dave Navarro untuk beberapa saat. Tapi pada1999 di album Californication, Frsuciante kembali ke band. RHCP melanjutkan keterkenalan mereka dengan lagu-lagu seperti “Scar Tissue” dan “Otherside”.


RHCP memperlihatkan ketangguhan mereka dichart, masih menemptakan hits lebih dari dua dekade setelah mereka memulainya. Dengan album Stadium Arcadium di tahun 2006, band menyenangkan penggemar dengan lagu seperti “Dani California.” Setelah libur, Flea kembali ke chart album dengan I’M With You di tahun 2011 dengan rekan seband Kiedis dan Smith dan gitaris baru Josh Klinghoffer.


Selama bertahun-tahun, Flea menjadi kekutana tetap dalam RHCP, menjadikan band tetap jalan. Dia dan Kiedis bertahan dengan grup sejak awal, mengalami berbagai tantangan pribadi. Di tahun 2012, mereka menerima pengakuan khusus untuk kontribusi mereka saat mereka dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.


Diluar karyanya dengan RHCP, Flea telah melakukan rekaman dan manggung dengan artis-artis lain. Dia telah bekerja sebagai musisi pada album-album Mick Jagger, Alanis Morissette dan Johnny Cash. Flea berpasangan dengan Thom Yorke dari Radiohead dengan band Atoms for Peace di tahun 2009. Terlibat dengan proyek kolaborasi lainnya, Flea ikut dengan Damon Albarn dari Blue dan Tony Allen untuk membentuk Rocket Juice and the Moon, yang merilis album debutnya di tahun 2012.

Sebagai seorang penampil alami, Flea juga menjajal akting. Dia telah muncul di beberapa film, dimulai di tahun 1983 dengan Suburbia. Dia juga ambil peran kecil di Back to the Future II (1989), dan Back to the Future III (1990) dengan Michael J. Fox. Bekerja dengan beberapa sutradara tingkat atas, Flea mucul di film Gus Van Sant, My Own Private Idaho (1991) dan Joel dan Ethan Coen, The Big Lebowski (1998). Dia juga meminjamkan suaranya ke beberapa proyek animasi, seperti The Wild Thonberrys Movie (2002) dan Rugrats Go Wild (2003). 

Flea menikah dengan model Frankie Rayder. Pasangan itu memilik seorang putri, Sunny Bepop Balzary, yang lahir di tahun 2005. Dia juga memilik putrid sulung, Clara, dari pernikahan pertamanya dengan Loesha Zeviar. Flea menyebitkan bahwa anak-anaknya membantunya meninggalkan gaya hidup berpestanya. Dia dulunya memliki kecanduan obat-obatan dan alcohol yang merusak. Di tahun 1993, Flea bersama dengan actor River Phoenix, seorang teman akrab, saat dia mengalami overdosis yang fatal.

Ayah satu ini telah membagikan pengetahuan musiknya dengan anak-anak. Di tahun 2001, Flea membantu membangun Silverlake Conservatory of Music yang menyediakan pelajaran musik kepada anak-anak muda. Dia bahkan pernah mengikuti lari marathon di tahun 2010 untuk mengumpilkan uang untuk oragnisasi nirlabanya.

Yang suka akan tato, Fle memilik potret gitarius legendaries Jimi Hendrix di salah satu lengannya. Dia juga memiliki nama julukannya saat SMA-“Flea”-tertato di kepalanya, dan nama mantan istri pertamanya muncul di dadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...