Laman

Sabtu, 08 Oktober 2016

RICKY PHILLIPS




Dilahirkan dengan nama lengkap Ricky Lynn Phillips pada 7 Oktober 1953 di Mount Pleasant, Iowa, tapi dibesarkan di Nothern California. Dia datang dari keluarga yang mencintai musik dan kedua orangtuanya sangat aktif terlibat di theater lokal kota mereka. 

Dia mulai bermain piano pada usia 6 tahun. Beberapa tahun kemudian, dia mulai memainkan gitar Martin ayahnya secara diam-diam. Dia mempelajari sendiri lagu-lagu The Beatles, Rolling Stones. Pada usia 12 tahun dia mulai membentuk band pertamanya dengan teman-teman masa kecilnya Steve Gunner. Mereka menyebut diri mereka The Warlox. Selkama beberapa tahun, Ricky bermain bass hingga pemain bassnya memutuskan untuk meninggalkan bassnya di rumah Ricky dimana mereka berlatih.  Permainan bassnya terpengaruh oleh Paul McCartney dan John Entwhistle (The Who).


Dia pindah ke Los Angeles. Dia ikut audisi beberapa band dengan nama besar di LA dan mendapatkan jadwal manggung. Marc Salter, yang bekerja untuk band asal Inggris The Babys, melihat Ricky bermain. John Waite melepas jabatan gandanya di The Babys dan memberikan jabatan bassis kepada Rocky sehingga John bisa berkonsentrasi sebagai vokalis.

Setelah 3 tahun dan 2 buah album dengan The Babys: Union Jacks dan On The Edge, The Babys membubarkan diri dan Ricky mulai menulis, melakukan sesi dan tur yang ekstensif sebagai musisi pendukung. Dia menyumbangkan musiknay di filem The Terminaor, yang membuka pintu untuk lebih banyak kerja musik di filem dan tv. Kemudian, di Saratoga California, dia dan Jonathan Cain memutuskan untuk membentuk band bersama lainnya, yang kemudian lahirlah Bad English. Band ini merupakan gabungan dari The Babys dan Journey. Bad English menghasilkan 2 buah album: Bad English dan Backlash.


Dengan Styx, dia mulai rekaman di album Big Bang Theory kemudian album One with Everything: Styx and the Contemporary Youth Orchestra.

Selama rekaman album Coverdale/Page, Ricky membangun sebuah studio di North Hollywood untuk proyek penulisan lagu dan produksinya. Album pertama yang dia produseri di studio ini adalah album Frederiksen/Phillips. Sebuah duo dengan mantan penyanyi Toto Fregie Frederiksen yang menampilkan para bintang tamu dari YES, Chicago, Journey, Mr. Mister, Tower of Power, Mr. Big, dan sejumlah pemain sesi. Ricky juga memproduseri rilisan solo Fergie, Equilibrium dan band Elements of Friction.


Walaupun dia dikenal sebagai bass gitaris untuk Bad English, The Babys, Coverdale/Page dan Styx, beberapa artis lain pernah tampil di panggung atau rekaman dengannya, antara lain: Jimmy Page, Joe Cocker, Roger Daltrey, Mick Jagger, Sammy Hagar, Jeff Beck, Joe Satriani, Julian Lennon, Ted Nugent, Eddie Money, Steve Stevens, David Coverdale, Glenn Hughes, Joe Lynn Turner, Steve Lukather, Vinnie Caliuta, Alan White, Jeff Porcarro and Terri Bozzio. Gaya penulisan lagunya mempunyai rentang dari genre rock yang dia ketahui, hingga musik anak-anak untuk Nickelodeon, tema jazz untuk CNN, Be Bop, Flamenco, blues dan pop kontemporer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...