Laman

Rabu, 12 Oktober 2016

PETRA HADEN




Dilahirkan pada 11 Oktober 1971 di New York City adalah seorang violinis dan penyanyi Amerika. Dia adalah atau sudah pernah menjadi anggota dari beberapa band, termasuk That Dog, Tito & Tarantula, dan The Decemberists; sudah berkontribusi pada rekaman oleh The Twilight Singers, Beck, Mike Watt, Luscious Jackson, Foo Fighters, Green Day, Weezer, The Rentals, Victoria Williams, Yuka Honda, The Gutter Twins, dan Cornelius. Dia adalah putri dari bassis jazz Charlie Haden; saudari kembar tiga dari bassis Rachel Haden (rekan bandnya di That Dog) dan celis Tanya Haden (menikah dengan penyanyi dan aktor Jack Black) dengan siapa dia tampil sebagai The Haden Triplets; dan adik dari bassis-penyanyi Josh Haden, pimpinan grup Spain.

Di New York City, pada 1996 dia merilis album pertamanya, Imaginaryland, berisi sebagian besar dari musik a capella asli. Pada 2000, Petra tertabrak oleh mobil saat menyeberang jalan di Los Angeles; berakibat cedera yang memaksanya tidak tampil untuk beberapa bulan. Pada 2005 dia merilis album home-recorded Petra Haden Sings: The Who Sell Out (Bar/None), sebuah a capella lengkap dari The Who Sell Out. Proyek ini disarankan pada Haden oleh teman lama Mike Watt, yang juga memberinya alat perekam eight-channel multi-track yang dia gunakan untuk membuatnya. Didanai sebagian oleh pinjaman dan ingin menampilkan karya ini langsung, Haden menciptakan sebuah aransemen baru dari The Who Sell Out untuk kor a capella berisi sepuluh wanita bernama Petra Haden & The Sellouts. Penampilan langsung pertana dari karya ini sepenuhnya berlangsung pada Juli 2005 di Ford Amphitheatre sebagai bagian dari seri konser "sound".


Dia juga merilis kolaborasi self-title dengan gitaris jazz Bill Frisell.

Dia berkontribusi pada rekaman dari OO Void oleh band drone metal Sunn O))) dan bermain di album debut dan tindaklanjut dari band doom metal lain dari gitaris Sunn O))) Greg Anderson Goatsnake. The Haden Triplets menyanyikan bagian dari the Fates di rilisan 2010 Hadestown milik Anais mitchell di Righteous Babe Records.

Dia juga bekerja pada koleksi lagu-lagu dengan Yuka Honda, ditambah oleh penampilan kontribusi oleh Sean Lennon.

Pada 2007, Haden merekam sebuah cover a capella dari  "Don't Stop Believin'" milik Journey untuk album kompilasi Guilt by Association Vol. 1. Aransemen dari lagu ini sangat mirip dengan yang digunakan dalam versi Glee dari lagu ini pada 2009.

Dia tampil di soundtrack untuk film An American Crime, dibintangi Catherine Keener dan Ellen Page, yang tayang perdana di Showtime pada Mei 2008.


Pada 2009, Toyota memberi kehormatan Haden untuk menampilkan tiga lagu untuk iklan tv untuk generasi ketiga Toyota Prius, termasuk sebuah versi a capella dari lagu 1970an the Bellamy Brothers "Let Your Love Flow" dan bekeraj sebagai seorang aranjer dan pelatih vokal pada The Sing Off di NBC, bersama Deke Sharon.

Haden memainkan violin pada "Sentimental Tune" oleh Tegan and Sara, dari album mereka Sainthood (dirilis 27 Oktober 2009).


Pada 2011, Haden menampilkan grup If By Yes dengan Yuka Honda, puncak dari kolaborasi penulisan lagu selama delapan tahun. Band ini merilis satu album, "Salt On Sea Glass". Anggota band lainnya termasuk Yuko Araki pada drum dan Hirotaka "Shimmy" Shimizu pada gitar, dengan kontribusi dari David Byrne dan Nels Cline.

Pada 2014 dia bekerja pada kolaborasi dengan Jim Bianco di Hooray Matinee. Lagu yang dihasilkan dirilis di sejumlah toko digital.


Pada 2015, dia mengisi vokal untuk rock mockumentary "Gentle & Soft: The Blue Jean Committee Story", musim terakhir dari musim pertama dari seri IFC Documentary Now! (dibintangi Fred Armisen & Bill Hader). Suara Haden digunakan sebagai falseto dari bassis Blue Jean Committee Clark Honus (dimainkan oleh Hader). Haden bahkan muncul langsung dengan Armisen dan Hader sebagai "The Blue Jean Committee" di Late Night With Seth Meyers, dengan Hader melakukan lip-sync pada vokal Haden.

Juga pada 2015, Haden kembali berkolaborasi dengan Bill Frisell, mengisi vokal pada album 2016 Frisell, When You Wish Upon a Star.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...