Laman

Minggu, 30 Oktober 2016

JOHN WEST




Dilahirkan dengan nama John Michael West pada 29 Oktober 1964 di Syracuse, New York, AS, adalah seorang vokalis dan gitaris Amerika, yang dikenal sebagai vokalis utama dari Artension dan mantan vokalis dari Royal Hunt.

Sebelum dia bergabung dengan Royal Hunt pada 1998, West berkontribusi vokal untuk berbagai proyek. Karir rekamannya dimulai pada 1986 sebagai penyanyi dari Diamond. Kemudian, dia menyanyi untuk Destiny, yang merilis demo empat lagu Side By Side pada 1989. Dia secara singkat menggantikan Ray Gillan baik di Badlands dan Sun Red Sun di pertengahan 1990an, juga memberikan suaranya untuk album solo terakhir milik Cozy Powell, Especially For You selama periode ini. Di proyek berikutnya, dia juga menyanyikan satu lagu di album solo milik Marc Ferrari, Guest List pada 1995, juga mengisi tugas vokal di album self-title oleh Many Moons dan Rider di tahun selanjutnya.


Pada 1996, West bergabung dengan grup neoclassical power/progressive metal Artension, yang merilis album debut mereka Into The Eye of the Storm di tahun yang sama. Band ini merilis tujuh album studio dari 1996-2004. Album kedua milik grup, Phoenix Rising, sangat dikenal untuk kontribusi vokal dengan jangkauan luas milik West. West dan band berkumpul kembali pada 2016 dengan niat merilis sebuah album baru.

Pada 1998, West menggantikan D.C. Cooper sebagai penyanyi utama dari Royal Hunt, bertahan dengan grup hingga 2007. Dia merekam empat album studio, satu album live, dan satu EP dengan grup. Jabatan sepuluh tahun milik West sebagai vokalis band adalah jabatan terlama dari para penyanyi manapun dalam sejarah 25 tahun milik Royal Hunt.


West merilis empat album dibawah namanya sendiri, yang menampilkan beragam kontributor. Dua yang pertama, Mind Journey (1997) dan Permanent Mark (1998), mengadopsi gaya neoclassical metal dengan banyak bagian instrumental yang panjang. Setelah berkonsentrasi pada Royal Hunt untuk beberapa tahun, West kembali pada 2002 dengan album konsep Earth Maker, yang memperlihatkan lagu yang lebih bergaya penulisan sementara masih mempertahankan banyak suara sebelumnya. Akhirnya, pada 2006, West merilis Long Time No Sing, yang merupakan  sebuah album yang lebih blues. Album ini menampilkan West memainkan gitar juga menyanyi.


Setelah pergi dari Royal Hunt pada 2007, West meyumbangkan suaranya untuk beragam proyek. Dia muncul sebagai penyanyi utama untuk gitaris asal Bosnia Emir Hot di album debutnya Sevdah Metal pada 2008 dan album solo milik kibordis Mistheria "Dragon Fire" pada 2010. Pada 2012, dia menyanyi di album debut self-title milik band symphonic metal Mythodea, dan pada 2013, dia berkolaborasi dengan mantan gitaris Artension Roger Staffelbach untuk membentuk Artlantica, sebuah band bergaya Artension yang merilis sebuah album berjudul Across The Seven Seas. Dia juga muncul di album kelima milik band progpower asal Chili, Delta, The End of Philosophy, menyanyikan sebuah duet dengan vokalis band, Felipe del Valle, pada lagu "Bringers of Rain." Setelah del Valle meninggalkan band pada 2014, West merekam versi baru dari lagu milik Delta "New Philosophy" dan "Regrets" sebagai single dan juga muncul dengan band di Progressive Nation at Sea Cruise.

West juga melakukan tur sebagai penyanyi untuk band milik Uli Jon Roth dan band penghormatan Ronnie James Dio/Ritchie Blackmore, Black Knights Rising. Dia juga berkolaborasi dengan virtuoso gitar Denmark Niels Vejlyt pada sebuah proyek bernama Sage's Recital, yang merilis album debut self-title mereka pada 2013 dan kemudian The Winter Symphony pada 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...