Laman

Senin, 24 Oktober 2016

IKANG FAWZI




Dilahirkan dengan nama Ahmad Zulfikar Fawzi di Jakarta pada 23 Oktober 1959, adalah musisi dan penyanyi rock berdarah Sunda dari ibunya dan Bugis-Mandar dari ayahnya. Ikang juga seorang pemain film yang populer tahun 1980-an. Saat ini Ikang lebih sibuk sebagai pengusaha properti dibanding di dunia seni yang membesarkan namanya. Ikang menikah dengan aktris dan politikus Marissa Haque.

Ikang menghabiskan masa kecilnya (TK dan SD) di Belgia dan Jepang, mengikuti ayahnya yang bekerja sebagai diplomat. Darah seni mengalir dari ayahnya. Ayah Ikang dulu pemain Hawaiian, pencipta lagu dan penyanyi. Karena dorongan dari ayahnya, Ikang, yang berusia 10 tahun, dimasukkan ke Yamaha Musik di Jepang untuk kursus privat electone dan drum. Tak hanya musik, Ikang juga belajar beladiri. Saat di Jepang Ikang belajar karate. Setelah kembali ke Indonesia, dia menekuni pencak silat.


Ikang menyebut Ahmad Albar dan God Bless sebagai salah satu motivasinya untuk terjun ke dunia musik hingga saat ini.

"Saya termotivasi karena God Bless. Saya cari nafkah karena God Bless. Mereka orang yang luar biasa. Saya dulu sering di luar negeri dan suka bandingkan dengan musisi Indonesia, ternyata ada ya musisi Indonesia yang nggak kalah bagus dari musisi di luar. Ahmad Albar sampai sekarang masih oke. Gue jadi ingat jamannya mas Iyek (Ahmad Albar) bawakan lagu ciptaan gue waktu itu," ujar Ikang Fawzi usai menyaksikan konser di Ciputra ArtpreneurTheater, Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (7/8/2015).

Dari banyaknya hits milik God Bless, lagu Rumah Kita ternyata menjadi salah satu track yang paling disukai oleh Ikang Fawzi. Menurut Ikang Rumah Kita mempunyai pesan yang sangat dalam yaitu mencintai tempat tinggal kita sendiri.

"Rumah Kita lagu yang paling gue suka, karena lagu itu menceritakan bagaimana kita mencintai rumah kita sendiri. God Bless juga sangat dekat dalam karir gue. Begitu tadi ikut konsep dia. Jadi ingat masa gue dulu," pungkasnya.

Awal perkenalan Ikang dengan dunia seni peran adalah saat mengisi malam puncak FFI 1981. Saat itu Ikang tampil sebagai penyanyi, kemudian ia diajak main film "Pengantin Remaja 2"(1982). Keberuntungan didapat oleh Ikang, dirinya dipasangkan dengan artis cantik Marissa Haque dalam film "Tinggal Landas Buat Kekasih" (1984) dan "Yang Kukuh Runtuh" (1985). (1986) Ikang fauzi bermain sebagai Benny Compo bersama rhoma irama bermain di Menggapai Matahari dan Menggapai Matahari II. Mereka bermain bersama setelah menikah dalam film Biarkan Bulan Itu (1987).

Ikang juga pernah bermain bersama Rhoma Irama. Dalam film tersebut Ikang juga berpartisipasi mengisi soundtrack film tersebut dengan lagunya yang melegenda, "Preman".

Ikang Fawzi menikah dengan aktris Marissa Haque pada tanggal 3 Juli 1986. Setelah meraih gelar sarjana pada tahun 1987, Ikang terjun ke bisnis real estate. Pernikahannya dengan Marissa membuahkan dua orang anak, yaitu Isabella Muliawati Fawzi dan Marsha Chikita Fawzi. Putri pertama mereka yang akrab dipanggil Bella telah mengikuti jejak kedua orang tuanya sebagai artis. Pada tanggal 20 Juni 2007, Bella menjadi pemenang 'Abang None Jakarta' perwakilan dari Jakarta Barat. Sedangkan putri keduanya memilih karier sebagai ahli pembuat film animasi setelah lulus dari Malaysia. Ia ikut terlibat dalam pembuatan film animasi 3 dimensi produksi Malaysia yang sangat populer yakni Upin & Ipin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...