Laman

Jumat, 14 Oktober 2016

ROBERT LAMM


Dilahirkan dengan nama Robert William Lamm pada 13 Oktober 1944 di Brooklyn, New York, AS adalah seorang pemain keyboard, penyanyi, dan penulis lagu Amerika yang menjadi terkenal sebagai anggota pendiri band rock Chicago. Dia menulis banyak hits terbesar band, termasuk "Questions 67 & 68", "Does Anybody Really Know What Time It Is? ", "Beginnings", "25 or 6 to 4", "Saturday in the Park", "Dialogue (Part I & II)" dan "Harry Truman".

Orangtuanya memiliki koleksi rekaman jazz, yang merupakan pengaruh awal pada dirinya. Sebagai seorang pemuda, ia tampil dalam paduan suara anak-anak dan pria di Grace Episcopal Church di Brooklyn Heights. Dalam sebuah wawancara tahun 2003, Lamm berkata, "Pelatihan musik pertama saya datang sebagai anggota paduan suara itu. Latihan itu memaparkan kepada saya beberapa musik sakral yang agung dari Abad Pertengahan, sampai Bach dan masuk ke dalam komposer abad ke-20."

Ibunya akhirnya menikah lagi, menghasilkan Lamm pindah ke Chicago, Illinois, ketika ia berusia 15 tahun. Ia belajar seni di sekolah menengah, terutama menggambar dan melukis, tetapi mengubah arah di perguruan tinggi dengan mendaftar di program musik di Roosevelt University di Chicago. 
 

Pada tahun 1967, Lamm adalah salah satu dari 6 anggota pendiri "rock band with horns" - segera dikenal sebagai "Chicago". Setelah merekam 6 album yang sangat sukses, pada tahun 1974, Lamm merilis Skinny Boy, satu-satunya album solo dari anggota Chicago sebelum tahun 80-an. Lamm tampaknya hanyut ke dalam periode frustrasi baik pribadi maupun profesional. Dia muncul pada tahun 1982 dengan sikap yang baru.

Sejumlah album solo mulai muncul setelah Lamm pindah kembali ke New York pada tahun 1991. Lamm membentuk trio (Beckley-Lamm-Wilson) dengan Gerry Beckley dari band America dan Carl Wilson dari The Beach Boys. Setelah kematian Wilson dari kanker paru-paru pada Februari 1998, sebuah album dirilis berjudul Like a Brother (2000). 
 

Semua album dan lagu solo ini merupakan tambahan untuk rekaman semi-aktif lanjutan oleh Chicago, "The Stone of Sisyphus", "Night and Day", "Chicago XXX", dan "Chicago Now 36".

Lamm telah menjadi dosen tamu di produksi musik di Universitas Stanford. Pada 2012, dia mengajar di New York University tentang masalah penulisan lagu.

Lamm menikah dengan mendiang Karen Lamm Wilson (nee Perk) dari 1970-1971. Dia menikah dengan istri keduanya Julie Nini pada 1976. Mereka memiliki seorang putri, Sacha. Mereka bercerai pada 1981. Robert menikah dengan istri ketiganya, aktris Y&R Alex Donnelly pada 1985. Mereka memiliki 2 orang putri, sebelum bercerai pada 1991. Dia menikah dengan istri keempatnya Joy Kopko pada 1991. Mereka tidak memiliki anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...