Laman

Rabu, 22 Juni 2016

TODD RUNDGREN




Lahir pada tanggal 22 Juni 1948 di Upper Darby, Pennsylvania, AS dengan nama lengkap Todd Harry Rundgren, adalah multi-instrumentalis, penulis lagu, dan produser rekaman Amerika. Dia adalah putra dari Ruth (nee Fleck; 29 April 1922-6 April 2016) dan Harry W. Rundgren (1917-1996). Ayahnya adalah keturunan separuh Swedia dan Austria. Kakek Rundgren Johan Sigfrid Rundgren (1883-1951) lahir dan dibesarkan di Norrtalje, Swedia, dan neneknya Sophie Btandweis Rundgren lahir dan dibesarkan di Austria. Keduanya berimigrasi ke Amerika pada 1900an.


Dia memulai karirnya di Woody’s Truck Stop, sebuah grup berbasis Philadelphia dalam gaya Paul Butterfield Blues Band. Namun, Rundgren dan bassis Carson Van Osten pergi sebelum Woody’s Truck Stop merilis album pertamanya untuk membentuk grup garage rock Nazz pada 1967 dengan Thom Mooney (drum) dan Robert “Stewkey” Antoni (vokal dan kibord). Grup ini mendapatkan sedikit perhatian dengan lagu yang ditulis Rundgren “Open My Eyes” dan “Hello It’s Me”. (Dia kemudian merekam versi solo, uptempo dari “Hello It’s Me”; yang menjadi salah satu lagu ciri khasnya.)

Nazz merilis tiga album selama waktu ini – Nazz (198), Nazz Nazz (1969), dan Nazz III (1971). “Open My Eyes” mulai dikenal berkat dimasukkan dalam Nuggets (1972), sebuah antologi yang mendefinisikan genre dari garage punk dan psychedelia Amerika 1960an yang disusun oleh musisi Lenny Kaye. LP kedua grup awalnya dimaksudkan sebagai album ganda (berjudul Fungo Bat), tapi malahan versi terpisah dirilis dengan judul Nazz Nazz pada April 1969. Rundgren dan Van Osten meninggalkan band setelah itu. Dibawah kepemimpinan Stewsky band berlanjut (dengan para anggota baru) hingga 1970, dan label mereka merilis LP ketiga Nazz III, dimana sebagian vokal Rundgren di lagu-lagu yang tidak dirilis dari sesi Fungo Bat diganti oleh vokal Stewsky.


Gaya vokal Rundgren terinspirasi oleh Bergama pengaruh musik-pop rock Inggris & baroque pop (terutama Pink Floyd, The Beatles, The Who, The Yardbirds, Cream dan The Move), harmoni vokal dari The Beach Boys, rock and roll Amerika klasik, musikal Broadway, operet dari Gilbert & Sullivan dan soul serta R&B Amerika, tapi saat musiknya berkembang dia mendemonstrasikan ketertarikan yang meningkat dalam genre lain juga, seperti hard rock dan karya gitar dari musik eksperimental Robert Jay Bruner.

Yang paling menonjol selama tahun-tahun pertama dalam karirnya, penulisan lagu Rundgren sangat terpengaruh oleh musik dari penyanyi-penulis lagu Laura Nyro.

Album solo debut Rundgren, Runt (1970) menampilkan pengaruh berat Nyro “Baby Let’s Swing”, yang ditulis tentang Nyro dan menyebutkan namanya.

Manajer Nazz Michael Friedman, yang telah bergabung dengan manajemen Albert Grossman membawa Rundgren ke firma ini dimana dia menjadi artis solo dan produser untuk banyak artis.

Ketidahbahagiaan Rundgren dengan produksi rekaman Nazz mendorongnya untuk belajar sendiri dalam audio engineering dan produksi, dan setelah meninggalkan Nazz pada 1969, dia pindah ke New York, bersepakat dengan Albert Grossman dan mulai bekerja sebagai seorang produser untuk grup lain, juga merekam materi miliknya, yang awalnya dirilis melalui label Ampex Records (sebuah gabungan usaha singkat antara Grossman dan perusahaan Ampex). Dia juga bekerja sebagai seorang programmer komputer. Pada akhirnya, dia menjadi salah satu artis pertama yang bersepakat dengan label Bearsville Records milik Grossman (didistribusikan melalui Warner Bros. Records).


Selama 1970-an dan 1980-an, dia mengolah dan menjadi produser untuk album-album untuk banyak band, misalnya Stage Fright oleh the Band (1970), Straight Up oleh Badfinger (1971), We're An American Band oleh Grand Funk Railroad (1973), New York Dolls oleh New York Dolls (1973), War Babies oleh Hall & Oates (1974), Bat Out of Hell oleh Meat Loaf (1977), dan Skylarking oleh XTC. Pada 1980an dan 1990an, ketertarikannya dalam video dan computer membuat “Time Heals” (1981) miliknya menjadi video kedelapan yang dimainkan di MTV, dan “Change Myself” (1991) dianimasikan oleh Rundgren secara komersil yang tersedia di computer Amiga.

Pada akhir 2005, band asal Boston The Cars merencanakan untuk terbentuk kembali meskiun kematian dari bassis Benjamin Orr dan kurangnya ketertarikan dari mantan penyanyi utama Ric Ocasek. Rumor mengikuti bahwa Rundgren sudah bergabung dengan Elliot Easton dan Greg Hawkes dalam latihan untuk sebuah kemungkinan lineup the Cars baru. Spekulasi awal menyebut The Cars akan berjalan dengan Clem Burke dari Blondi dan Art Alexis dari Everclear. Akhirnya terungkap bahwa The New Cars melengkapi lineup mereka dengan pemain bass veteran dan mantan rekan band Rundgren Kasim Sulton dan drummer studio Praire Prince dari The Tubes, yang pernah bermain di album XTC yang diproduseri Rundgren, Skylarking dan sudah rekaman dan tur dengan Rundgren.


Single pertama The New Cars, “Not Tonight”, dirilis pada 20 Maret 2006. Sebuah album live/koleksi greatest hits, The New Car: It’s Alive, dirilis pada Juni 2006. Album ini menampilkan lagu-lagu Cars klasik (dan dua hit Rundgren) direkam live plus tiga lagu studio baru (“Not Tonight”, “Warm” dan “More”).

Rundgren melakukan tur dengan Ringo Starr & His All-Star Band untuk ketiga kalinya dan untuk pertama kali dalam 13 tahun, dimulai di musim panas 2012, dan berlanjut hingga 2015.
Rundgren memiliki 3 orang putra; Rex (lahir 1980) dan Randy (lahir 1985) dengan pacar terlamanya Karen Darvin, dan REbop, dengan istrinya saat ini Michele. Rex adalah pemain minor league baseball player (posisi Infield), yang, hingga 2009, bermain untuk Tulsa (Oklahoma) Drillers.

Dari 1972 hingga 1979, Rundgren memiliki hubungan jangka panjang dengan model Bebe Buell. Selama masa mereka, terkadang mereka putus-sambung. Pada 1976, Buell secara tidak terduga hamil dari hubungan singkatnya dengan Steven Tyler. Pada 1 Juli 1977, Buell melahirkan aktris/model masa depam Liv Tyler. Tapi Buell awalnya memberi nama putrinya Liv Rundgren dan menegaskan bahwa Todd Rundgren adalah ayah biologis Liv untuk melindungi anak itu dari kecanduan narkoba Tyler. Rundgren dan Buell mengakhiri hubungan romantic mereka tidak lama setelah kelahiran Liv, tapi Rundgren meletakkan jantung dan jiwanya ke dalam “dusta putih”. Pada usia 8 tahun, Liv mengetahui orangtuanya sebenarnya, bahwa faktanya dia adalah putri biologis dari Steven Tyler.

Menurut Tyler “… Todd pada dasarnya memutuskan saat saya lahir bahwa saya memerlukan seorang ayah maka dia menandatangani sertifikat kelahiran saya. Dia mengetahui bahwa ada sebuah kesempatan bahwa saya bukan putrinya tapi…” Dia membayar biaya sekolah prifatnya, dan Liv mengundangnya beberapa kali dalam setahun.

Tyler tetap berhubungan dekat dengan Rundgren. “Saya sangat berterima kasih padanya, saya memiliki banyak kasih untuknya. Ketahuilah, saat dia memeluk saya seperti seorang ayah. Dan dia sangat protektif dan kuat.”

Pada 1988, Rundgren menikahi Michelle Gray (Michele Rundgren), yang menjadi seorang penari dengan The Tubes, tampil dengan Rundgren sebagai penyanyi latar di tur untuk albumnya Nearly Human yang membawa ke sejumlah penampilandi David Letterman Show sebagai salah satu dari The World’s Most Dangerous Backup Singers.

Pada Oktober 2013, bersama dengan para penggemarnya, Rundgren mendirikan the Spirit of Harmony Foundation, untuk menyediakan kesempatan untuk pengembangan diri dan ekspresi diri melalui dukungan musik dan pendidikan musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...