Laman

Kamis, 23 Juni 2016

CHRIS HOLMES




Lahir pada 23 Juni 1958 di Glendale, California, dengan nama lengkap Christopher John Holmes, adalah gitaris dan penulis lagu heavy metal yang tumbuh di La Canada, California. Chris memulai karirnya di Pasadena, wilayah California pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Dia dikenal sebagai gitaris utama dari W.A.S.P. Bersama dengan Blackie Lawless dan Randy Piper, dia adalah salah satu anggota pendiri dari band.

Sebelum bertemu Blackie Lawless dan Randy Piper, dan bergabung dengan W.A.S.P., Holmes bermain gitar dengan band-band asal Los Angeles Buster Savage, LAX, dan Slave. Holmes bergabung dengan W.A.S.P. pada 1982, dan bertahan dengan grup hingga 1990. Pada 1996 Holmes bergabung kembali dengan W.A.S.P., dan menjadi gitaris utama hingga 2001. Holmes belum bermain dengan W.A.S.P. sejak itu.


Holmes dihubungi oleh teman dan mantan rekan seband Randy Piper untuk bergabung dengan proyek baru milik Piper, Animal. Holmes segera pindah ke Ohio untuk menyiapkan tur “900 lb Steam” milik Animal mendatang. Tur ini dianggap sukses, dan setelah menyelesaikannya, Animal merekam lagu untuk album baru. 


Setelah Holmes kembali ke Los Angeles pada akhir 2003, dia mulai bekerja dengan beberapa grup metal berbasis California Selatan, memproduksi dan menyumbangkan trek gitar. Pada 2007, Holmes terlibat dengan pembuatan film dari documenter Randy Rhoads yang disutradarai oleh Peter M. Margolis, yang masih belum dirilis. Holmes muncul secara singkat pada sebuah episode 2009 dari VH1’s Rock Docsm “Do I For The Band: The Women of Sunset Strip.” Di musim panas 2009 Holmes merilis “Death by Misadventure” milik Secret Society.


Pada 2010, dia bergabung dengan Where Angels Suffer dengan Randy Piper pada gitar, Steve Unger (Metal Church) pada bass, Rich Lewis (Animal) pada vokal, dan Stet Howland pada dram (Blackfoot, Lita Ford, Killing Machine, Belladonna, Impellitteri, Sister dan W.A.S.P.). Ira Black kemudian menggantikan Piper. Band melakukan tur di Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 2011.


Pada 26 Nopember 2012, Chris merilis album solo pertamanya Nothing To Lose dan memutuskan untuk memproduksi, mengatur dan mendistribusikannya sendiri bersama istrinya Catherine Sarah Holmes. Setelah kesuksesan album pertamanya, Chris mulai merekam album solo keduanya, Shitting Bricks. Pada 2 Mei 2015, Chris merilis album solo keduanya ke seluruh dunia dan melakukan konser pertamanya di Nantes, Perancis dengan band barunya 'Mean Man' yang terdiri dari gitaris Thomas Cesario pada gitar, Pascal Bei pada bass dan Gabriel Candela pada drum. Mereka melakukan tur ke Eropa. Dua dari lagunya difilmkan secara langsungm dan diunggah ke saluran YouTube miliknya.


Saat menjadi seorang anggota W.A.S.P., Holmers berpartisipasi dalam pembuatan film documenter, The Decline of Western Civilization Part II: The Metal Years. Film ini menampilkan wawancara dengan banyak individu heavy metal terkenal dari era itu mendiskusikan gaya hidup mereka dan skena metal di akhir 1980an Los Angeles.


Kontribusi Holmes ke documenter 1988 itu mungkin yang paling mudah diingat, saat dia diwawancarai sambil mengapung di sebuah kolam renang, berpakaian lengkap dan agak mabuk sedangkan ibunya duduk di pinggir kolam. Wawancara itu kontras dengan wawancara yang lebih terbuka dan penuh humor yang dilakukan oleh Penelope Spheeris, yang sangat menggambarkan para rocker sebagai kurang alami, walaupun sering berpura-pura atau bingung, biang pesta. Selama wawancara, Holmes tersenyum sambil mabuk pada kamera, menganggap dirinya “a full blown alcoholic” dan “piece of crap” meskipun bandnya sukses, dan memantapkan ciri khasnya dengan meminum dari tiga botol vodka. Pada akhir wawancara, Holmes mengangkat satu botol penuh Smirnoff ke atas kepalanya saat dia berdiri dari kursinya dan masuk ke air.


Chris Holmes telah menikah 3 kali. Pertama dengan Kaylen Rodgers pada akhir 1980-an, kemudian dengan Lita Ford pada awal 1990-an. Kini dia menikah dengan Catherine Sarah Holmes, menikah tahun 2012. Pasangan ini kini tinggal di Cannes, Perancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...