Laman

Jumat, 17 Juni 2016

JELLO BIAFRA




Lahir dengan nama Eric Reed Boucher pada tanggal 17 Juni 1958 di Boulder, Colorado, AS, putra dari Virginia (nee Parker), seorang pustakawan, dan Stanley Wayne Boucher, seorang pekerja sosial psikiater dan penyair. Dia juga memiliki seorang kakak perempuan, Julie J. Boucher, Assoaciate Director of the Library Research Service di Colorado State Library (yang meninggal dalam kecelakaan pendakian gunung pada 12 Oktober 1996). Saat masih kecil, Boucher membangun ketertarikan dalam politik internasional yang didorong oleh orangtuanya. Seorang pengamat berita yang teliti, salah satu kenangan awalnya adalah pembunuhan John F. Kennedy. Biafra mengatakan dia sudah menjadi penggemar musik rock sejak pertama kali mendengarnya pada 1965, saat orangtuanya secara sengaja mendengar stasiun radio rock. Boucher diinformasikan oleh pembimbing SMAnya bahwa dia seharusnya menghabiskan tahun-tahun SMAnya dengan mempersiapkan diri untuk menjadi dokter gigi.


Dia memulai karirnya dalam musik pada Januari 1977 sebagai seorang roadie untuk band punk rock The Ravers (yang kemudian mengganti namanya menjadi The Nails, kemudian ikut temannya John Greenway dalam sebuah band bernama The Healers. The Healers menjadi terkenal secara lokal untuk lirik improvisasi  dan musik avant garde mereka. Pada musim semi tahun itu, dia mulai belajar di University of California, Santa Cruz.

Pada Juni 1978, dia menanggapi sebuah iklan yang ada di sebuah toko oleh gitaris East Bay Ray, menyatakan “Guitarist Wants to form punk band”, dan bersama mereka membentuk the Dead Kennedys. Dia mulai tampil dengan band dengan nama panggung Ocupant, tapi segera mulai menggunakan nama panggungnya saat ini, sebuah kombinasi dari nama merk Jell-O dan negara Afrika berumur singkat Biafra. Biafra menulis lirik band, sebagian besar berlatar politik dan memperlihatkan sindiran, terkadang ketidakjelasan, rasa humor dalam materi lagu mereka. Dalam tradisi band-band anarcho-punk Inggris seperti Crass, the Dead Kennedys adalah salah satu band punk AS pertama yang menulis lagu bertema politik. Lirik yang ditulis Biafra membantu mempopulerkan penggunaan lirik humor dalam hardcore. Biafra menyebut Joey Ramone sebagai inspirasi untuk penggunaannya akan humor dalam lagu-lagunya (juga menjadi musisi yang membuatnya tertarik dalam punk rock), menyebut lagu-lagu menonjol oleh The Ramones seperti “Beat on the Brat” dan “NowI Wanna Sniff Some Glue”.


Biafra awalnya berniat akan membuat lagu dengan gitar, tapi kurangnya pengalaman dia dalam alat musik itu membuat bassis Dead Kennedys Klaus Flouride menyarankan bahwa Biafra dengan sederhana menyanyikan bagiannya yang dia maksudkan untuk band. Biafra menyanyikan riff dan melodinya ke dalam sebuah tape recorder, yang dia bawa ke latihan band dan/atau sesi rekaman. Hal ini kemudian menjadi sebuah masalah saat anggota lain dari the Dead Kennedys menuntut Biafra akan royalti dan hak penerbitan. Dengan semua pengakuan, termasuk miliknya, Biafra bukan seorang musisi terampil secara konvensional, walaupun dia dan kolaboratornya (Joey Shithead dari D.O.A.) diakui bahwa dia adalah seorang komposer terampil dan karyanya, terutama dengan the Dead Kennedys, sangat dihormati oleh kritikus dan penggemar berorientasi punk.

Setelah the Dead Kennedys dibubarkan lagu-lagu baru milik Biafra direkam dengan band lain, dan dia merilis album yang hanya berisi pidato sebagi proyek solo. Kolaborasi ini kurang mendapatkan popularitas dibandingkan karya awal Biafra. Namun, lagunya “That’s Progress”, awalnya direkam dengan D.O.A. untuk album Last Scream of the Missing Neighbors, menerima paparan yang bagus saat muncul di album Rock Against Bush, Vol. 1.


Band lain setelah the Dead Kennedys adalah The Witch Trials, Lard, No WTO Combo dan Jello biafra and the Guantanamo School of Medicine.

Dia mengambil alih label rekaman independen Alternative Tentacles, dimana dia ikut mendirikannya pada tahun 1979 dengan rekan satu band Dead Kennedys East Bay Ray. Walaupun kini memfokuskan diri menjadi juru bicara, dia tetap berlanjut sebagai musisi dalam berbagai kolaborasi.


Secara politis, dia adalah anggota dari the Green Party of the United States dan aktif mendukung berbagai acara politik. Dia menjalankan nominasi presiden partai pada tahun 2000, membawa Ralph Nader di peringkat 2. 

Biafra menikah dengan Theresa Soder, a.k.a. Ninotchka, penyanyi utama dari band punk asal san Fransisco, The Situations pada 31 Oktober 1981. Pernikahan itu dipimpin oleh vokalis/bassis Flipper, Bruce Loose, yang menjadi menteri Universal Life Church hanya untuk memimpin acara itu, yang berlangsung di sebuah pemakaman. Resepsi pernikahan, dimana para anggota dari Flipper, Black Flag, dan D.O.A. hadir, diadakan di studio Target Video milik sutradara Joe Rees. Pernikahan itu berakhir pada 1986.

Biafra tinggal di San Fransisco, California.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...