Laman

Minggu, 12 Juni 2016

JOHN WETTON




Lahir dengan nama John Kenneth Wetton pada tanggal 12 Juni 1949 di Willington, Derby, Inggris dan tumbuh di Bournemouth. Dia ada di sejumlah band awal dengan Richard Palmer-James, pada bass dan vokal, termasuk, The Corvettes, The Palmer-James Group (dibentuk dengan Alec James), Tetrad, dan Ginger Man. Sebuah band kunci adalah Mogul Thrash dan bekerja dengan Family dan beragam sesi menyusulnya.

Karir besar pertama Wetton datang saat dia bergabung dengan musisi asal Wimborne, Dorset, Robert Fripp di lineup barunya dari King Crimson pada 1972, membuat Wetton menjadi inti sebagai penyanyi utama dan composer. Palmer-James juga bekerja dengan band sebagai penulis lirik. Wetton bertahan dengan band hingga Fripp secara tidak terduga membubarkan band pada 1974. Wetton terus bekerja pada beragam proyek, termasuk sebuah tur dengan Roxy Music dan dua album dengan Uriah Heep. Pada 1977, setelah usaha yang gagal untuk reuni King Crimson dan menciptakan sebuah band baru dengan Rick Wakeman, Wetton dan Bruford membentuk U.K.. Wetton membawa ke dalam U.K. kibordis/pemain violin Eddie Jobson, sedangkan Bruford membawa gitaris Allan Holdsworth. Saat kepergian dari Bruford dan Holdsworth, perkusionis Amerika Terry Bozzio bergabung, membuat sebuah trio a la Emerson, Lake and Palmer. Versi U.K. ini merilis album studio Danger Money dan melakukan tur untuk mendukung Jethro Tull.



Wetton merilis album solo pertamanya, Caught in the Crossfire, pada 1980 setelah pembubaran U.K. di tahun yang sama, dia memiliki jabatan singkat di Wishbone Ash, berkontribusi vokal di Number The Brave. Pada 1981, atas desakan John Kalodner dari Geffen Records, Wetton mulai bekerja dan menulis dengan Steve Howe, yang baru saja dengan Yes. Mereka kemudian membentuk Asia, dengan siapa Wetton bekerja hingga 1983. Di tahun itu, Wetton dipecat dari Asia atas desakan dari Geffen Records karena penjualan yang jauh dari harapan dari album Alpha. Wetton dibawa masuk kembali ke Asia pada 1985, dengan Mandy Myer menggantikan Steve Howe, untuk menyelesaikan Astra.



Pada akhir 1980an, kolaborasi Wetton dengan mantan gitaris Roxy Music Phil Manzanera dirilis sebagai Wetton/Manzanera dengan drum diisi oleh Alan White dari Yes. Juga di sekitar waktu ini, Wetton mulai bekerja lagi dengan Geoff Downes dan Carl Palmer dengan tujuan untuk memulai lagi Asia tanpa Steve Howe. Beberapa materi dari inkarnasi dari Asia ini dibuat dalam CD Then & Now pada 1990.



Pada 1990an Nampak Wetton sering berada diluar Asia dan memfoksukan pada karir solo. Pada 1999, usaha lain untuk membentuk kembali Asia menghasilkan Wetton berpartisipasi di grup rock progresif live singkat Qango dengan Carl Palmer, John Young, dan Dave Kilminster. Grup ini menampilkan beberapa pertunjukan di UK dan merekam satu album live, Live in the Hood, sebelum bubar saat Wetton dan Palmer kembali ke proyek solo mereka.



Pada awal 2000an, dia bereuni dengan kibordis Asia Geoff Downes untuk iCon. Pada 2006, sebuah reuni resmi dari lineup Asia asli (Wetton, Downes, Howe, dan Palmer) akhirnya terjadi. Album studio berjudul Phoenix, materi band asli pertama sejak Alpah ada 1983, dirilis pada April 2008 dan berada di No. 73 di tangga album Top 200 Amerika Utara. Lineup asli merilis dua album lagi, Omega dan XXX sebelum Howe pergi pada Januari 2013. Dengan gitaris baru Sam Coulson, Asia merilis Gravitas pada Maret 2014. Wetton dan band melakukan tur untuk mendukung rilisan baru ini.



Wetton sudah melakukan pekerjaan yang luas sebagai musisi sesi dengan para musisi seperti Brian Eno, Bryan Ferry dan Phil Manzanera. Kemudian, dia bekerja pada beberapa proyek dengan Billy Sherwood dan menjadi bagian dari reuni U.K. dengan Eddie Jobson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...