Laman

Selasa, 21 Juni 2016

ANETTE OLZON




Lahir pada tanggal 21 Juni 1971 di Katrineholm, Swedia dengan nama Anette Ingegerd Olsson, adalah seorang penyanyi Swedia, yang dikenal sebagai vokalis kedua dari band symphonic metal asal Finlandia Nightwish. Dia juga mantan vokalis band classic rock Swedia Alyson Avenue.

Olzon dibesarkan di sebuah keluarga musikal dan sudah menyanyi sejak kecil. Ibunya juga mendorongnya untuk memainkan oboe selama 8 tahun. Dia melakukan tur dengan band ibunya dan menyanyi dengan mereka pada beberapa kesempatan. Kemudian, dia mulai ambil bagian dalam bebagai pertunjukan bakat dan menerima pengakuan banyak orang. Band pertama yang dia ikuti pada usia 17 tahun (Take Cover) adalah sebuah band cover. Namun, itu adalah band singkat dan dia ambil bagian di beberapa band dan proyek. Pada usia 21 tahun, dia memainkan peran utama di rock opera/musical “Gransland” di Helsingbord. Setelah itu dia masuk ke Balettakademien di Gothenburg. Dia menyanyi dalam kor, melakukan kerja studio untuk beragam proyek dan terkadang tampil sebagai penyanyi pernikahan. Olzon juga menyanyi duet dengan Michael Bormann (mantan penyanyi Jaded eart di albumnya Conspiracy.

Pada awal harinya, dia mengambil pelajaran menyanyi di the Copenhagen Music Conservatorie, di Helsingor, Denmark, dengan seorang guru pribadi. Kemudian, dia mengambil pelajaran dari guru pribadi di the Malmo Music University saat diperlukan.

Sebelum menjadi penyanyi, dia bekerja di sebuah pabrik, di restoran hamburger, sebagai seorang waitress, asisten toko sayuran, di sejumlah kantor dan sebagai seorang penata rambut. Dia juga mengambil pendidikan artis musikal, psikologi, manajemen proyek dan kepemimpinan dan organisasi.


Olzon kemudian bergabung dengan Alyson Avenue, pertama kali hanya sebagai penyanyi studio, tapi kemudian sebagai penyanyi utama wanita mereka, menggantikan vokalis pria. Band menerima tanggapan besar untuk sebuah demo yang mereka kirimkan pada 1999, dan Alyson Avenue segera bisa menghubungi beragam label. Composer utama dan kibordis Niclas Olsson mengumpulkan band, merekam demo empat lagu yang menghasilkan sebuah kesepakatan rekaman dengan AOR Heaven.

Pada November 2000, album debut Presence of Mind dirilis yang mendapatkan tanggapan positif. Album berikutnya Omega dirilis pada 2004. Olzon meninggalkan Alyson Avenue pada 2006. Pada Mei 2009, Alyson Avenue memperkenalkan Arabella Vitanc sebagai vokalis utama baru mereka.

Olzon secara resmi bergabung dengan Nightwish sebagai penyanyi utama baru mereka pada awal 2007, dipilih dari 2.000 pelamar yang menjadi 10 besar untuk membuktikan kemampuan mereka di hadapan band. Lagu pada demo tape-nya adalah single 2002 “Ever Dream”. Dia menggantikan penyanyi terdahulu Tarja Turunen, yang dipecat dalam sebuah surat terbuka di musim semi 2005. Demo Olzon adalah salah satu yang pertama diterima Nightwish, walaupun dia awalnya menolak posisi itu, saat pimpinan band Tuomas Holopainen mengetaui tentang fakta bahwa dia memiliki seorang putra. Namun, Olzon menjadi giat dan mengirimkan band sebuah DVD live dari penampilannya dengan Alyson Avenue. Dia kemudian dihubungi oleh manajer Nightwsih Ewo Pohjola, yang akhirnya membuatnya mengambil posisi itu pada Februari 2007. Tuomas berkomentar tentang pemilihannya dengan mengatakan “kami (band) melakukan pemilihan resmi, tapi tidak sengaja bahwa dia yang terpilih. Itu masalah hati. Kami rasa dia yang tepat.” Identitasnya tetap sebagai rahasia dengan beragam metode, termasuk berpura-pura sebagai “keponakan Swedia” dari Ewo di sebuah konser Tarot, hingga dia akhirnya diumumkan sebagai penyanyi Nightwish baru pada 24 Mei 2007.


Hari setelah pengumuman ini, 25 Mei 2007, single amal “Eva” dirilis sebagai yang pertama dari album, hanya sebagai unduhan. Lagu itu awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada 30 Mei tapi dirubah karena bocor di situs unduhan musik Inggris. Ini adalah lagu yang diterbitkan pertama yang menampilkan Olzon. Pada 13 Juni Nightwish merilis judul, Dark Passion Play, dan tata artistic untuk album baru di situs resmi mereka, juga judul dan sampul dari single kedua (kali ini CD), “Amaranth”. “Amaranth” menerima status emas di Finlandia setelah kurang dari 2 hari di toko.

Dark Passion Play dirilis ke seluruh Eropa pada minggu terakhir September 2007, di UK dan 1 Oktober dan AS pada 2 Oktober. Album ini diberi anugerah platinum ganda di Finlandia hari kedua setelah perilisannya dan mengambil poisisi No. 1 di chart Jerman, Finlandia, Swiss, Hungaria dan Kroasia dan masuk top 10 di 16 negara lain, termasuk AS. Dark Passion Play terjual 6x Platinum secara keseluruhan hingga kini (lebih dari 1,5 juta buah).

Pada 22 September 2007, band mengadakan sebuah konser rahasia di Rock CafĂ© di Tallinn, Estonia, menyembukan diri sebagai band cover Nightwish bernama “Nachtwasser”. Konser resmi pertama mereka dengan penyanyi baru adalah di Tel Aviv, Israel pada 6 Oktober 2007. Dengan demikian tur The Dark Passion Play dimulai, mengunjungi AS, Kanada, sebagian besar Eropa, Asia dan Australis, The Dark Passion Play World Tour adalah tur terlama Nightwish hingga kini, bermula dari Oktober 2007 hingga September 2009. Berakhir dengan sebuah konser di Hartwall Arena, Helsinki, dengan band Apocalyptica.

Pada Oktober 2010, Nightwish mulai merekam album Imaginaerum, dengan Olzon merekam vokalnya untuk album pada April 2011 di Finnvox Studios, Helsinki. Album itu dirilis pada 30 November 2011 dan diikuti oleh Imaginaerum World Tour, dimulai pada 21 Januari 2012. Olzon, bersama anggota Nightwish lainnya, membintangi film Imaginaerum, yang menampilkan musik dari band.

Pada 1 Oktober 2012, Nightwish dan Olzon berpisah. Penampilan terakhir Olzon dengan Nightwish adalah pada 29 September, di The Complex, Salt Lake City. Dia kemudian mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa dia, faktanya, dipecat dari band, karena dia mengungkapkan pada mereka bahwa dia hamil. Nightwish membuat pernyataan susulan tentang pemberhentian Olzon, membantah bahwa itu adalah alasannya, mengatakan bahwa mereka semua memberi selamat padanya, tapi bahwa “perpisahan dengan Anette bukan karena kehamilan atau sakit. Kami mengetahui kepribadiannya tidak cocok dengan komunitas kerja ini, dan bahkan tidak mendukungnya.”

Setelah keluar dari Nightwish, dia mulai menulis dan merekam materi lagu untuk album solo. Dalam sebuah wawancara dengan ‘Dark Sirens’ pada Oktober 2013, Olzon menyatakan bahwa album solonya akan dirilis pada 2014.

Diumumkan bahwa pada 28 November 2013 bahwa album debut solo Olzon akan berjudul Shine. Albumnya diproduseri oleh Stefan Orn dan Johan Glossner dan ikut diproduseri oleh Olzon dan Johan Kronlund. Tentang album ini, Olzon mengatakan: “pesan keseluruhan dari album ini adalah bahwa hidup dapat menjadi sangat gelap dan diisi oleh kesulitan dan kesedihan, tapi anda dapat selalu memilih untuk melihat cahaya yang datang, untuk membuat anda menjadi lebih kuat dan penuh dengan kehidupan – membuat anda SHINE…tidak peduli masalah apapun.” Olzon mendeskripsikan arah musik album sebagai “munkin sebuah album pop rock, atau anda dapat menyebutnya pop metal?”. Pada 27 Januari, Olzon mengumumkan bahwa jadwal perilisan untuk albumnya diundur selama 1 bulan, menjadi tanggal perilisan baru 28 Maret 2014.

Single pertama dari Shine, “Falling”, dirilis untuk unduhan digital pada 17 Desember 2013 dengan video lirik di YouTube. Sebuah cuplikan untuk single resmi pertama, “Lies”, dikeluarkan di laman Facebook resmi Olzon pada 7 Februari 2014; diikuti oleh rilisan nyata single pada 14 Februari 2014.

Pada wawancara Juni 2015, dia mengatakan ada rencana untuk album kedua di masa depan, tapi rinciannya masih didiskusikan dengan label barunya.

Pada 19 Januari 2016, Olzon merilis sebuah EP dengan hanya dua lagu, sebuah lagu berbahasa Swedia berjudul “Vintersjal” dan sebuah lagu berbahasa Inggris berjudul “Cold Outside” hanya tersedia untuk unduhan digital.

Olzon sudah bermain dengan beberapa band, di studio dan live, termasuk Brother Firetribe pada lagu “Heart Full of Fire” dari album dengan judul sama pada 2008, The Rasmus pada single “October & April” pada 2009, Pain pada lagu “Follow Me”, “Feed Us” dari Cynic Paradise pada 2008 dan Black Mount Rise pada single “Apart & Astray” pada 2015.

Pada 13 Agustus 2009, Olzon menyanyikan dua lagu Nightwish, “Kuolema Tekee Taiteilijan” dan “Meadows of Heaven”, dengan Swedish Radio Symphony Orchestra, di Suomi Safari – acara ini adalah perayaan hubungan dari Swedia dan Finlandia.

Pada 30 Nopember 2012, Ozlon menyanyi di acara pembukaan dari Helsingborg Arena, dimana dia membawakan dualagu dari albumnya sendiri.

Pada 2015, Olzon tampil di musim kedua dari acara kompetisi Finlandia Tahdet, Tahdet. Olzon bersama dengan beberapa artis musik Finlandia terkenal menampilkan cover mereka dari lagu-lagu dari berbagai genre, dengan satu penyanyi tersisih dari kompetisi tiap minggu oleh televote. Olzon adalah satu-satunya artis asing yang tampil di acara itu, walaupun dia menampilkan satu lagu terpisah dalam bahasa Finlandia. Dia tersisih di minggu kelima dari acara itu.

Olzon menyebut Natalie Cole dan Celine Dion sebagai inspirasinya dalam menyanyi. Dia juga menyatakan bahwa dia mengagumi vokalis symphonic metal Sharon den Adel dan Simone Simons, dan dia juga menyatakan di blog nya bahwa dia menyukai dan mengagumi karya solo Tarja Turunen.

Olzon tinggal di Helsingborg dengan suaminya, bassis Pain Johan Husgavfel, yang dia nikahi pada 10 Agustus2013, dan tiga anaknya: putra, Seth (Blyckert) (lahir 11 Juli 2001) dari pernikahan pertamanya, Nemo (lahir 30 Juli 2010), dan Mio (lahir 28 Maret 2013. Dia saat ini mempelajari keperawatan.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...