Laman

Senin, 13 Juni 2016

RIVERS CUOMO




Lahir pada tanggal 13 Juni 1970 di New York City, New York, AS merupakan vokalis,  gitaris utama dan penulis lagu dari band alternative rock Weezer. 

Dia lahir dari orang tua yang merupakan keturunan Italia dan Jerman/Inggris. Dia besar di Yogaville, sebuah ashram di Pomfret, Connecticut yang dijalankan oleh yoga master Sri Swami Satchidananda. Sang ibu, Beverly, memberi nama Rivers karena dia lahir di antara East River dan Hudson River di Manhattan. Sang ayah, Frank Cuomo, adalah seorang dramer yang bermain di album 1971 Odyssey of Iska milik saksofonis jazz Wayne Shorter. Dia memiliki seorang adik, Leaves.

Cuomo belajar di sebuah sekolah pribadi di ashram. Keluarganya pindah ke dekat Storrs, Connecticut saat ashram dipindahkan ke sebuah tempat bersama Blue Ridge Mountains di Virginia. Cuomo belajar di E.O. Smith High School di storrs, Connecticut, merubah namanya menjadi Peter Kitts, dan terlibat dalam aktifitas musik termasuk kor sekolah dan produksi sekolah dari Greese. Setelah lulus dari SMA, Cuomo kembali ke nama aslinya. Setelah perilisan album debut Weezer pada 1994, Cuomo mendaftar di Harvard Colege, mengikuti kelas secara tidak rutin dari 1995 hingga 2006. Dia lulus secara Cum Laude dengan Bachelor of Arts dalam Bahasa Inggris dan dipilih dalam Phi Beta Kappa.


Setelah serangkaian proyek musik di Los Angeles, Cuomo membentuk Weezer pada 14 Februari 1992 dengan para anggota dari band lokal Sixty Wrong Sausages, termasuk drummer Patrick Wilson; “Weezer” adalah nama julukan Rivers saat masa anak-anak, diberikan padanya oleh ayahnya saat dia kecil. Lineup Weezer asli terdiri dari Cuomo pada vokal dan gitar, Wilson pada drum, Matt Sharp pada bass, dan Jason Cropper pada gitar. Weezer bersepakat dengan DGC, sebuah cabang dari Geffen Records pada 25 Juni 1993. Pada Agustus, grup mulai merekam album debut self title mereka, juga dikenal sebagai The Blue Album, di Electric Lady Studios di New York dengan produser Ric Ocasek. Hingga kini Weezer sudah merilis 11 album studio.

Pada tahun 2011, dia merilis album berbahasa Jepang dengan Scptt Murphy dibawah nama Scott & Rivers. Dia juga telah merilis 3 album kompilasi demo: Alone: The Home Recprdings of Rivers Cuomo (2007), Alone II: The Home Recordings of Rivers Cuomo (2008) dan Alone III: The Pinkerton Years (2011). Pada 2013, dia dan Scott Murphy merilis sebuah album self title berbahasa Jepang dibawah nama Scott & Rivers.

Cuomo memiliki sejumlah cameo di video musik, antara lain “Murder” milik The Crystal Method” da video untuk “Cocaine Blues” milik The Warlock. Cuomo juga membuat pemunculan tamu di “Boardwalk” milik Sugar Ray, single pertama di album Music for Cougars. Cuomo muncul di lagu “Magic”, di album debut B.o.B, B.o.B Presents: The Adventures of Bobby Ray yang dirilis pada April 2010. Dalam sebuah wawancara Mei dengan HitQuarters, produser-penulis lagu Kucas Secon menegaskan bahwa dia bekerja dengan Cuomo pada single milik Steve Aoki dan “some Weezer stuff.”

Pada 2011, Cuomo berkolaborasi dengan penyanyi Jepang Hitomi untuk album independen pertamanya, Spirit, dalam duet “Rollin’ with da Homies”, yang ikut ditulis olehnya. Dia juga tampil di lagu Simple Plan “Can’t Keep My Hands Off You” dan lagu Miranda Cosgrove “High Maintenance”.

Pada 2015, Cuomo muncul di lagu “Snowed In” di album 2.0 milik Big Data.

Cuomo menyebutkan beragam pengaruh musik selama bertahun-tahun, dari para artis yang beragam seperti the Beatles, Kiss, Nirvana, Giacomo Puccini, Jane’s Addiction, Lou Barlow, Pixies, Stevie Ray Vaughan dan Sonic Youth. Dia menyatakn karya dari Brian Wilson dan the Beach Boys, terutama di album Pet Sounds, lebih menginspiasi pada pendekatan melodic untuk penulisan lagu di awal 90an. Cuomo bentindak atas keinginan sendiri untuk menjadi murid dari musik rock dan pop dan di akhir 90an, Cuomo menciptakan “The Rock Encyclopedia of Pop” untuk dirinya, tiga bagian yang membagi mekanisme dari lagu-lagu pop dan rock yang menampilkan lagu-lagu oleh Nirvana, Green Day dan Oasis.

Pada 18 Juni 2006, Cuomo menikahi Kyoko Ito, yang dia kenal sejak Maret 1997. Cuomo melamarnya di Tokyo tidak lama sebelum Natal 2005. Pernikahan diadakan di sebuah pantai do Paradise Cove di Malibu dan dihadiri oleh enam dari tujuh anggota yang bermain di Weezer, juga Kevin Ridel (Ridel High) dan Rick Rubin. Pasangan ini memiliki seorang putri, Mia, yang lahir pada Mei 2007 dan seorang putra, Leo, yang lahir pada 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...