Laman

Kamis, 30 Juni 2016

BRIAN VOLLMER




Lahir pada 30 Juni 1955 di Listowel, Ontario, Kanada, Brian Vollmer adalah penyanyi utama dan satu-satunya anggota orisinil dari grup hard rock Kanada Helix.

Helix dibentuk pada 1974 untuk sebuah kontes Battle of the Band di Kitchner, Ontario, Kanada oleh drummer Bruce Arnold. Nama asli mereka adalah The Helix Field Band, kemudian dipersingkat menjadi Helix. Pada 1976 lineup band menjadi lengkap dengan menyertakan saudara kembar Brent “The Doctor” Doerner (gitar) & Brian Doerner (drum), juga Paul Hackman (gitar) dan Keith “Bert” Zurbrigg (Bass). Dengan manajemen dibawah William Seip dari Kitchener, Helix merilis dua album independen di H&S Records milik mereka, berjudul Breaking Loose dan White Lace & Black Leather, masing-masing pada 1979 dan 1981. Album kedua mereka, White Lace & Black Leather memperlihatkan perubahan linep, dengan Brian Vollmer kini menjadi anggota asli.


Pada 1983, Helix akhirnya teken kontrak dengan Capitol Records setelah ditolak oleh mereka tiga kali. Pada 1983 mereka merilis No Rest for the Wicked, debut label mayor mereka. Lineup 80an “classic” dari Helix terbentuk setelah ini, kini terdiri dari Brent Dorner, Paul Hackman, Greg “Fritz” Hinz (drum) dan Daryl Gray (bass). Lineup ini merekam tiga rekaman lagi untuk Capitol: Walkin’ the Razor’s Edge (1984), Long Way to Heaven (1985), dan Wild in the Streets (1987). Pada 1990, Brent Doerner  meninggalkan band, membuat serangkaian perubahan anggota yang membuat Vollmer sebagai anggota tetap tunggal.

1990an dimulai dengan album Back for Another Taste, dan sebuah pertunjukan reuni khusus di Kitchener menampilkan Keith Zurbrigg dan Doerner bersaudara. Pada saat ini Vollmer mulai mengerjakan album solo pertamanya. Namun, pada 1992 rekan band lama Vollmer Paul Hackman tewas saat van milik grup terjatuh sejauh 40-kaki setelah sebuah konser di Vancouver. Pulih dari guncangan akan kematiannya, dia mengerjakan lagu-lagu untuk album solonya, dan merilis mereka sebagai rekaman Helix selanjutnya, It’s a Business Doing Pleasures (dirilis di Aquarius) pada 1993. Vollmer kemudian menyebut album itu, “sebuah kesalahan besar pada bagian saya, dan saya mengambil kredit penuh untuk kesalahan itu. Hal yang menyedihkan tentang itu semua adalah saya sangat bangga dengan semua lagu di album itu dan mereka tersia-siakan karena mereka tidak cocok dibawah nama Helix.”

Helix meneruskan tur setelah tragedy ini, dengan drummer baru Glen “Archie” Gamble, bassis Daryl Gray, dan lineup yang berubah dari pemain gitar. Pada 1999, dia merilis album solo pertamanya yang menampilkan Brian Doerner pada drum, berjudul When Pigs Fly. Ini dirilis dubawah nama “Vollmer”. Pada 2004, ulang tahun ke 30 dari Helix, band memainkan sebuah konser khusus di Brantford, Sanderson Centre, Ontario. Lineup Helix ini memainkan pertunjukan singkat, diikuti oleh para anggota dari lineup Helix 1974 asli. Anggota lama lainnya muncul pada lagu hit dan lagu yang jarang dimainkan dari album independen.

Sekitar waktu ini, Vollmer memfilmkan sebuah cameo (sebagai dirinya sendiri) selama musim keempat dari acara TV Canada, Trailer Park Boys yang dimasukkan di DVD itu sebagai adegan yang dihapus. Helix disebut dalam beberapa episode setelah ini juga, saat diungkapkan mereka salah satu karakter konser favorit untuk dilihat, dan juga menjual mariyuana. Vollmer juga menerbitkan otobiografinya, Gimme An R, pada Desember 2005. Buku itu meliputi beberapa perubahan lineup yang naik dan turun dari Helix selama karir 30 tahun mereka, bersama dengan banyak foto langka.


Pada 2009, Vollmer melakukan reuni dengan para anggota yang masih hidup dari lineup 80an klasik: Daryl Gray, Greg “Fritz” Hinz, dan Brent Doerner. Vollmer menyatakan tentang perubahan lineup Helix: “daryl, Brent dan Fritz semuanya ‘been there, done that, got the T-shirt.’ Maka saya pikir, ‘What the hell? Mengapa tidak mengumpulkan band asli kembali bersma dan menyelamatkan saya dari sakit kepala parah?’ … Kami menyadari kami menjadi lebih baik sebagai satu unit – dan saya muak mempekerjakan orang baru.”

Vollmer muncul sebagai cameo di film Trailer Park Boys 2009, Countdown To Liquor Day, dirilis pada 25 September 2009. Helix juga tampil di acara pembukaan dari pemutaran pertam dari film Trailer Park Boys baru di Halifax Metro Center.

Sejak 2008, Vollmer ikut memproduseri setiap rilisan Helix bersama Aaron Murray, dan terkadang rekan penulisnya Sean Kelly, Steve Georgakopoulos dan Gord Prior.

Pada beberapa tahap serius dalam karirnya, Brian Vollmer berpikir secara serius untuk membubarkan Helix. Yang pertama datang pada akhir 1989 saar Brent Doerner keluar dari band. Vollmer dan manajer Bill Seip memutuskan untuk tetap menjalankan band meskipun kehilangan. Setelah tur 1990/1991 untuk Back for Another Taste, yang memperlihatkan band bermain di tempat kecil, Vollmer berbicara lagi dengan Seip tentang pembubaran band. Nasehat Seip adalah tetap menjaga informasi ini untuk dirinya, maka dia bisa juga berhenti dan mengerjakan sesuatu yang lain, atau kembali ke Helix nantinya. Denga kepergian dari Daryl Gray pada 2002, yang seperti seorang rekan dalam bisnis Helix, Vollmer kembali ingin membubarkan band. Setiap kali, dia memutuskan untuk terus melanjutkan.

Pada akhir 1980an, tinggal di Kitchener, Ontario, Vollmer bercerai dan bekerja di sebuah toko untuk memenihi keburuhan hidup. Selama waktu inilah dia merasa tertekan dan memutuskan untuk pindah ke London, Ontario untuk tinggal dengan teman-temannya dan memulai awal yang menyegarkan. Namun kord vokalnya, sedang dalam kondisi jelek karena tahun-tahun tur dan tidak ada pelatihan vokal. Dia menemui pelatih vokal,Ed Johnson, yang mengajarkannya teknik Bel canto, yang membantu untuk memulihkan suaranya menjadi kuat seutuhnya.

Selain menjalankan bisnis Helix, Vollmer saat ini juga mengajar teknik vokal klasik, Bel canto, di London, Ontario, juga menyanyikan musik klasik di pernikahan dan pemakaman di seluruh Ontario selatan. Dia sudah memberikan pelajaran vokal untuk Mercedes Lander dari band Kittie yang juga berasal dari London. Istrinya Lynda kini membantu menjalankan bisnis dari rumah mereka, yang mereka beri nam “Planet Helix”. “Planet Helix” tampil dalam episode 2007 dari MTV Cribs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...