Laman

Minggu, 12 Juni 2016

KENNY WAYNE SHEPHERD




Lahir pada tanggal 12 Juni 1977 di Shreveport, Louisiana, AS dengan nama Kenny Wayne Brobst. Dia lulus dari Caddo Magnet High School. Gitaris yang "benar-benar belajar sendiri", dan tidak bisa membaca notasi musik. Saat tumbuh, sang ayah Ken Shepherd adalah penyiar radio lokal dan promoter konser, dan mempunyai koleksi musik yang beragam. Dia memperoleh gitar pertamanya saat berusia 3 atau 4 tahun, saat sang neneak membeli beberapa gitar plastik untuknya dengan S&H Green Stamps, yang dikatakan Shephed dia akan “meleleh seperti permen”


Shepherd menyatakan pada wawancara tahun 2011 bahwa dia mulai belajar gitar pada umur 7 tahun, setelah 6 bulan bertemu dan kagum dengan Stevie Ray Vaughan pada Juni 1984 di salah satu konser yang dipromoteri oleh sang ayah. Metode pembelajaran miliknya mempraktekkan sebuah proses memeelajari satu not pada satu waktu, memainkan dan mengulang tape, memggunakan “sebuah Yamaha yang ingin menjadi Stratocaster…yang pada dasarnya terbuat dari plywood”, dan belajar cara memainkan dengan mengikuti materi dari koleksi rekaman ayahnya.

Pada usia 13 tahun, Shepherd diundang untuk bermain gitar diatas panggung oleh musisi blues Bryan Lee. Dia akhirnya membuat sebuah rekaman demo, dan sebuah video yang diambil di penampilan pertama Shepherd di Red River Revel Arts Festival di Shreveport. Penampilan video inilah yang membuat kagum pimpinan Giant Records Irving Azoff yang cukup untuk membuat Kenny menandatangani kontrak beberapa rekaman album.


Dari 1995 dan seterusnya, Shepherd memasukkan tujuh single ke dalam Top 10, dan membuat rekaman sebagai album dengan masa yang lama di Billboard Blues Chart dengan Trouble Is…. Pada 1996, Shepherd memulai kolaborasi jangka panjang dengan vokalis Noah Hunt, yang mengisi vokal untuk lagu andalan Shepherd, “Blue on Black”. Shephed dinominasikan untuk lima Grammy Award, dan menerima dua Billboard Music Awards, dua Blues Music Awards dan dua Oeville H. Gibson Awards.

Pada September 2008, Fender Musical Instruments Corp, merilsi Kenny Shepherd Signature Series Stratocaster, dirancang secara eksklusif oleh Shepherd. Pada 2007, dia merilis proyek DVD-CD yang mendapat pengakuan secara kritis dan dua kali nominasi Grammy, 10 Days Out: Blues from the Backroads. Proyek ini mendokumentasikan Shepherd menjelajah negeri untuk bermain dan wawancara dengan musisi blues ini. Saat mereka melakukan tur Backroads, Shepherd, dengan para anggota dari Double Trouble Band, bermain dengan para pemain blues hebat antara lain Clarence “Gatemouth” Brown dan Bryan Lee, Buddy Flett (dengan siapa dia bermain di kuburan Lead Belly), B.B. King, master harpa blues Jerry “Boogie” McCain, Cootie Stark, Neal Pattman, John Dee Holeman, Etta Baker, Henry Townsend dengan Honeyboy Edwards, dan sebuah sesi konser dengan para anggota yang masih hidup dari band Muddy Waters dan Howlin Wolf, termasuk nama seperti Hubert Sumloin, Willie “Big Eyes” Smith dan Pinetop Perkins. Pada 2010 Shepherd dinominasikan untuk sebuah Grammy untuk Live In Chicago yang menampilkan penampilan degan Hubert Sumlin, Willie “Big Eyes” Smith, Buddy Flett dan Bryan Lee. Pada 2011, Shepherd merilis CD ketujuhnya berjudul How I Go di Roadrunner Records. Pada 2015, dia bergabung dengan susunan hakim untuk The 14th Annual Independent Music Awards.


Pada 2013, Shepherd, bersama dengan Stephen Stills (Crosby, Stills & Nash) dan Barry Goldberg (Electric Flag), membentuk The Rides. Ketiganya menulis, merekam dan merilis CD berjudul “Can’t Get Enough” pada 27 Agustus 2013. Stills menyebut band sebagai “the blues band of my dreams”. Band melakukan tur di AS pada 2013 mendukung rekaman debut mereka, berpuncak dengan sebuah pemunculan di The Tonight Show with Jay Leno. Ketiganya bereuni pada 2015, menulis dan merekam sebuah rekaman baru yang dirilis pada musim semi 2016.

Kenny menikah dengan putri aktor Mel Gibson, Hannah, pada 16 September 2006 dan mereka mempunyai 3 anak, seorang putri yang lahir pada 10 Oktober 2007 dan putra yang lahir pada 2009 dan 12 Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...