Laman

Selasa, 07 Juni 2016

MARK REALE




Lahir pada tanggal 7 Juni 1955 di Brooklyn, New York, AS, merupakan gitaris heavy metal Amerika yang menjadi satu-satunya anggota pendiri asli yang tetap di band Riot. 

Dia tumbuh dengan mendengarkan The Beatles, Eric Clapton, Gary Moore, Ritchie Blackmore dan menyebut George Harrison sebagai pengaruh terbesar baginya. Setelah menyaksikan konser Ronnie Montrose, Rick Derringer dan Edgar Winter dia memutuskan untuk menjadi gitaris rock, membentuk band Riot pada 1975 yang masih aktif hingga saat ini.



Mark Reale menjadi penulis lagu utama dan keukuatan kreatif utama di belakang Riot dengan dimulainya album debut 1977 milik band, Rock City. Album band yang paling mendapat pengakuan adalah album 1981, Fire Down Under, yang terakhir dari 3 album studio yang menampilkan vokalis asli Guy Speranza. Rekaman menonjol lainnya termasuk Restless Breed (1982), album kembalinya band, Thundersteel (1988), dan tindak lanjutnya, The Privelege of Power (1990). Album Riot terakhir dengan Reale adalah Immortal Soul pada 2011. Riot sudah melakukan tur keliling dunia dan menjadi band pendukung untuk para band besar seperti Kiss, AC/DC, Sammy Hagar, Molly Hatchet, dan Rush sambil mendapatkan basis penggemar yang kuat di Jepang dan benua Eropa.



Setelah pembubaran Riot untuk sementara waktu setelah perilisan album Born In America (1983), Mark membentuk band yang berumur pendek bernama Narita dengan mantan anggota S.A. Slayer, termasuk calon pemain bass Riot Don Van Stavern. Band ini merekam sebuah demo pada tahun 1984 sebelum bubar. Mark memutuskan mengaktifkan kembali Riot yang membawa sebuah kontrak dengan CBS Records dan merekam album Thundersteel pada tahun 1988. Pada tahun 1998, Mark ikut membentuk grup Westworld dengan vokalis Tony Harnell dari TNT. Westworld merilis 3 album studio dan 1 album live antara tahun 1999 hingga 2002.


Pada tanggal 25 januari 2012, Mark Reale meninggal karena komplikasi kanker perut. Mark telah mengidap penyakit itu hampir sepanjang hidupnya, mengalami koma sejak tanggal 11 Januari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...