Laman

Jumat, 17 Juni 2016

GREGG ROLIE




Lahir di Seattle, Washington, AS pada tanggal 17 Juli 1947 dengan nama lengkap Gregg Alan Rolie, adalah seorang kibordis, organis dan penyanyi Amerika. Dia bertindak sebagai penyanyi utama dari band-band Santana, Abraxas Pool, dan Journey, dimana dia adalah salah satu pendirinya. Dia juga membentuk grup rock The Storm, dan saat ini tampil dengan bandnya Gregg Rolie Band. Dia dilantik ke dalam Rock N' Roll Hall Of Fame pada 1998, sebagai salah satu anggota dari Santana.

Sebelum dengan Santana, Gregg bermain dengan grup bernama William Penn and his Pals saat menempuh pendidikan di Cubberley High School di Palo Alto, California, sebelum tahun 1965. Satu tahun setelah lulus dari SMU pada tahun 1965, Gregg bergabung dengan Carlos Santana untuk membentuk the Santana Blues Band, yang akhirnya dipersingkat menjadi Santana. Sebagai salah satu anggota pendiri Santana, Rolie adalah bagian dari gelombang kesuksesan pertama band, termasuk sebuah penampilan di Woodstock Music and Art Festival pada 1969 dan peran sentral di beberapa album sukses. Dia mungkin dikenal sebagai vokalis utama asli merek, dengan suaranya muncul pada lagu-lagu terkenal Santana seperti “Black Magic Woman” (US #4), “Oye Como Va”, “No One To Depend On” dan “Evil Ways”. Dia juga dikenal untuk kemampuannya pada organ Hammond B3 dengan solo pada banyak lagu hit. Akan tetapi, perbedaan mendasar dengan Carlos Santana mengenai arah musikal band membuat Gregg meninggalkan band pada akhir tahun 1971.


Pada tahun 1973 Gregg bergabung dengan sebuah band baru bersama mantan gitaris Santana Neal Schon. Band ini menjadi Journey. Lineup yang terdiri dari Schon, Aynsley Dunbar, George Tickner, dan Ross Valory, dia adalah kibordis band untuk enam album pertama. Pada album Journey dan Look Into the Future, dia adalah penyanyi utama, dan pada album Next dia berbagi vokal dengan gitaris Neal Schon. Setelah Steve Perry bergabung pada tahun 1977, Rolie menjadi vokalis bersama pada album Infinity, Evolution, dan Departure.


Setelah meninggalkan Journey pada 1980, Gregg merilis beberapa album solo, termasuk album sukses Gregg Rolie pada 1985. Album ini menampilkan lagu "I Wanna Go Back," yang kemudian menjadi terkenal dengan Eddie Money, dan juga ada kontribusi dari Carlos Santana, Peter Wolf, Neal Schon, dan Craig Chaquico. Album solo kedua, Gringo, dirilis pada tahun 1987.


Gregg membentuk The Storm pada tahun 1991 dengan Steve Smith (digantikan Ron Wikso setelah merekam album pertama) dan Ross Valory dari Journey. Mirip dengan karyanya dengan Journey dan Steve Perry, Rolie memainkan kibord dan juga salah satu vokalis utama pada beberapa lagu dari album pertama band, yang mencapai #3 di Billboard album chart dan menelurkan single Top Ten “I’ve Got A Lot To Learn About Love.” Band juga berisi Josh Ramos (yang gaya permainannya mirip dengan Neal Schon) dan Kevin Chalfant (yang suaranya mirip dengan Steve Perry). Meskipun mendapatkan kesuksesan, album kedua mereka, direkam pada 1993, ditunda, karena industry berubah untuk fokus pada musik rap dan alternatif. Akhirnya album itu dirilis secara terbatas pada 1996, dan pada 1998, Rolie dan mantan anggota Santana lainnya, termasuk Neal Schonm secara singkat melakukan reuni sebagai Abraxas Pool, merilis satu album.

Saat Schon pergi untuk memimpin Journey yang terbentuk kembali tahun itu, Rolie dan Ron Wikso mulai bekerja pada 1999, pada sebuah CD solo Gregg Rolie, berjudul “Roots”, yang akhirnya membawa pada pembentukan dari Gregg Rolie Band. Disamping Rolie dan Wikso, “Roots” menampilkan pemunculan dari Neal Schon, Alphonso Johnson, Dave Amato, Adrian Areas, dan Michael Carabello. Gregg Rolie Band memasukkan Kurt Griffey untuk mengambil alih tugas gitar dan penambahan Wally Minko sebagai kibordis kedua. Mereka merekam sebuah CD live di Sturgis berjudul “Rain Dance”, yang dirilis pada 2009.

Pada 2010, Rolie merilis “”Five Days” dan kemudian membentuk sebuah duo dengan Alan Haynes, yang kemudian membawa pada pembentukan dari the Gregg Rolie Quartet, dengan penambahan dari kolaborator lama/drummer, Ron Wikso dan bassis Evan “Sticky” Lopez.


Pada 2012-2014 dia melakukan tur sebagai anggota Ringo Starr and his All Starr band membawakn hits Santana, Black Magic Woman, Evil Ways dan Everybody’s Everything. Band juga menampilkan gitaris Toto Steve Lukather, Todd Rundgren, Richard Page, Mark Rivera dan Gregg Bissonette. Pada 2 Februari 2013 Carlos Santana mengkonfirmasikan bahwa dia akan melakukan reuni lineup klasik, terutama yang bermain dengannya di Woodstock 1969 dengannya. Santana mengatakan tentang Rolie, "Saya yakin Gregg akan ikut." Berbicara pada tahun 2012 mengenai reuni, Rolie berkata di Radio.com "Ini masalah kebersamaan dan akan terjadi dan akan dilakukan. Saya akan melakukannya. Saya rasa ini adalah ide yang hebat. Orang-orang akan menyukainya. Ini akan menjadi hebat!"

Pada 2016, sebagai bagian dari lineup asli Santana, mereka merilis album keempat mereka, berjudul Santana IV.

Gregg adalah salah seorang pendukung edukasi musik untuk anak-anak. Pada tahun 2005, dia ikut menjadi pendukung resmi Little Kids Rock, sebuah organisan non laba yang menyediakan intsrumen musik dan instruksi kepada anak-anak secara gratis dalam pengawasan sekolah umum di AS. Dia duduk di dewan direksi kehormatan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...