Laman

Kamis, 30 Juni 2016

ANDY SCOTT




Lahir pada 30 Juni 1949 di Wrexham, Wales dengan nama lengkap Andrew David Scott, adalah gitaris utama dan vokalis latar di band Sweet.

Andy awalnya bermain bass gitar. Gig pertamanya adalah di St Peters Hall di Wrexham dengan The Rasjaks pada Nopember 1963 dan kemudian dengan band lain seperti Guitars Incorporated dan 3Ds.

Dia kemudian beralih ke gitar dan bermain dengan band-band lain termasuk The Saints, The ForeWinds, dan The Missing Links. Pada 1966 dia bergabung dengan The Silverstone Set (kemudian dipersingkat menjadi The Silverstone), yang memenangkan acara TV Opportunity Knocks yang berlangsung lima minggu, dan muncul di acara all-winner untuk Natal 1966, kalah dari Freddie Starr. Salah satu sorotan lebih jauh adalah mendukung Jimi Hendrix di Manchester pada Januari 1967.

Saat The Silverstones bubar, Scott membentuk The Elastic Band, yang merekam sebuah album berjudul Expansions of Life. Namun, penyanyi utama Ted Yeadon pergi untuk bergabung dengan Love Affair, sebelum perilisan album dan band dibubarkan. Selama waktu ini mereka juga merekam album Pop Sounds, dibawah nama The Cool.


Scott kemudian bermain di band pendukung untuk The Scaffold, yang juga menyertakan adiknya Mike pada bass dan saksofon. Dia kemudian bergabung dengan Mayfield’s Mule, yang merekam tiga single, “Drinking My Moonshine”, “I See a River” dan “We Go Rollin’”. Sebuah album juga dirilis di Uruguay berjudul Mayfields Mule dengan judul lagu yang diterjemahkan dalam bahasa Spanyol.

Pada akhir musim panas 1970, Andy menggantikan Mick Stewart di The Sweet setelah audisi di hadapan Brian Connolly, Steve Priest dan Mick Tucker, juga manajer grup Nicky Chinn dan Mike Chapman. Dia adalah salah seorang gitaris terakhir yang ikut audisi. Menurut otobiografi milik Steve Priest “Are You Ready Steve”, Scott kelihatan cukup tidak rapi, dengan rambut yang sangat panjang dan pakaian lusuh. Dia mencolokkan gitarnya dan dengan segera menyaringkan amplifiernya. Dia kemudian menampilkan bagiannya dan para anggota band berpikir dia harus bergabung dengan The Sweet.

Single pertama Scott dirilis pada 1975 adalah sebuah versi pengerjaan ulang dari lagu Desolation Boulevard “Lady Starlight” yang didukung oleh “Where D’Ya Go?”. Kedua lagu itu, direkam selama sesi Give Us A Wink, ditulis dan diproduseri oleh Mick Tucker dan menampilkan Scott memainkan semua alat musik kecuali drum (Tucker). Scott membuat sebuah video promosi untuk lagu ini dan juga muncul di acara TV milik Mike Mansfield “Supersonic”.

Scott merilis single solo keduanya, “Gotta See Jane”, pada 1983 dibawah nama Ladders. Itu adalah sebuah cover dari hit R. Dean Taylor Motown dan diproduseri oleh diriya dan Louis Austin, yang pernah bekerja dengan Sweet sebagai penata rekam mereka pada kerjasama masa lampau. B-side “Krugerrands”, ikut ditulis dengan Chris Bradford, kemudian dirilis sebagai single susulan (kali ini sebagai Andy Scott), tapi seperti pendahulunya gagal masuk ke chart, kecuali di Australia dan South Africa dimana menjadi hit top 10. Pada 1984, Scott merilis dua single solo lagi, “Let Her Dance” dan “Invisible”. Sebuah kompilasi dari semua proyek solonya, termasuk demo, dirilisoleh Repertoire Records pada 1993, dibawah judul 30 Years.

Pada awal 1980an, Scott mengerjakan produksi dan memproduseri rekaman untuk band termasuk Iron Maiden. Dia juga memproduseri dua demo untuk Weapon, yang dipimpin oleh Danny Hynes yang kemudian membentuk Paddy Goes to Holyhead dan Scott bermain dengan mereka berkali-kali. Scott kemudian memproduseri, bermain dan muncul di video untuk single mereka “Green Green Grass of Home” dan kemudian bergabung dengan band pada basis rutin hingga membentuk kembali Sweet.

Scott memproduseri album Suzi Quatro, Back to the Drive, dirilis pada Februari 2006.

Pada 1985 Scott dan Tucker mereformasi Sweet dengan anggota baru Paul Mario Day (mantan Iron Maiden pada vokal utama, Phil Lanzon (mantan Grand Prix kini dengan Uriah Heep) pada kibord, dan Mal McNulty (mantan Weapon) pada bass. Band ini menjadi “Andy Scott’s Sweet” mengikuti kepergian Tucker pada 1991.

Pada Juli 2010, Scott muncul di iklan tv UK untuk perushaan asuransi VanCompare.com. Tiga iklan yang dikerjakan menampilkan “Fox on the Run”, “Love Is Like Oxygen”, dan “Action”.

Scott adalah seorang pengatur utama dari konser amal Rock Against Cancer pertama di All Cannings, Wiltshire, pada Mei 2012, dengan penampilan utama oleh Brian May, The Boomtown Rats, dan Midge Ure. Konser masih berlangsung, dimana Scott masih memainkan peran aktif.

Scott tinggal di sebuah ladang buatan dekat Devizes, Wiltshire.

Pada September 2009, Scott didiagnosa denga kanker prostat; mengikuti perawatan, dia kini dalam kondisi pulih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...